SOLOPOS.COM - Awan jamur bom atom di langit Hiroshima, 6 Agustus 1945. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO – Pesawat Amerika Serikat menjatuhkan bom atom little boy di Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 1945. Bom meluluhlantakkan Kota Hiroshima dalam sekejap dan menyebabkan ribuan orang meninggal.

Masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Agustus, yang dihimpun Solopos.com dari The People History dan Wikipedia, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

135

Pasukan Romawi menyerbu benteng milik Yahudi di Betar, wilayah barat daya Yerusalem. Serangan itu berhasil meredam pemberontakan kaum Yahudi sejak 132 yang disebut Pemberontakan Bar Kokhba.

601

Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rasul terakhir oleh Allah untuk menyebarkan ajaran Islam pada 6 Agustus 610. Kala itu, dia yang bersemedi di Gua Hira menerima wahyu pertama berupa surat Al ‘Alaq ayat 1-5.

1717

Raja pertama Kesultanan Yogyakarta, Raden Mas Sujana, lahir di Kasunanan Kartasura, pada 6 Agustus 1717. Setelah dewasa, Raden Mas Sujana menyandang gelar Pangeran Mangkubumi dikenal sebagai raja pertama di Kesultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwana I dari 1755 hingga 1792.

Baca juga: Rodrigo de Jerez, Perokok Pertama di Eropa yang Diseret ke Penjara

1825

Bolivia mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol. Sebelumnya, rakyat Bolivia memperjuangkan kemerdekaan itu dalam Perang Kemerdekaan Bolivia sejak 1809.

1914

Pasukan Angkatan Laut Jerman menyerang kapal perang Inggris di Laut Utara. Serangan itu terjadi dua hari setelah Inggris mendeklarasikan perang terhadap Jerman. Peristiwa itu menyebabkan pecahnya Pertempuran Atlantik yang berlangsung hingga Oktober 1918.

1940

Uni Soviet mencaplok wilayah Estonia setelah berhasil menyerobot wilayah Latvia terlebih dahulu. Estonia merupakan urutan ke-16 yang menjadi negara anggota Uni Soviet. Estonia meraih kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991.

Baca juga:  Sejarah Hari Ini: 5 Agustus 1947, Agresi Militer Belanda I Berakhir

1945

Bom atom milik Amerika Serikat (AS) yang dinamai Little Boy dijatuhkan di Hiroshima, Jepang menggunakan pesawat Enola Gay. Akibat bom atom tersebut 80.000 orang meninggal dan akibat radiasi bom bertambah 60.000 orang meninggal dunia akibat penyakit yang disebabkan paparan radiasi bom tersebut.

1959

Penyanyi Indonesia, Vina Panduwinata, lahir pada 6 Agustus 1959. Dia merupakan salah satu diva ternama dengan lagu hits Burung Camar.

1997

Perusahaan multi-nasional Amerika Serikat yang berfokus pada komputer dan jaringannya, Microsoft, membeli saham milik Apple Computer. Saham tersebut dibeli seharga US$150 juta karena Apple Computer mengalami krisis keuangan.

Baca juga: Dalam Kondisi Sehat, Eks Menpora Roy Suryo Mulai Jalani Penahanan

2009



Seniman asal Solo, Jawa Tengah, W.S. Rendra meninggal dunia. Sastrawan bernama lengkap Willibrordus Surendra Broto Rendra yang kerap dijuluki Burung Merak memiliki berbagai karya dan mendirikan Bengkel Teater di Jogja.

2011

Kerusuhan London 2011 adalah serangkaian kerusuhan sipil dan penjarahan yang terjadi di London, berawal di Tottenham, North London, pada 6 Agustus 2011 setelah penembakan warga sipil oleh petugas dari Metropolitan Police Service.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya