SOLOPOS.COM - Pesawat Mandala Airlines penerbangan 91 jatuh di Padang Bulan Medan, 5 September 2005. (Kabarpenumpang.com)

Solopos.com, SOLO — Pesawat Boeing 737 milik maskapai penerbangan Mandala Airlines jatuh di Padang Bulan, Medan sesaat setelah lepas landas dari Bandara Polonia, Medan, pada Senin 5 September 2005.

Masih banyak peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada 5 September yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1877

Sungai terpanjang kedua di Tiongkok, Sungai Kuning, meluap dan mengakibatkan banjir besar. Akibat bencana itu, diperkirakan sekitar 900.000 jiwa melayang. Banjir besar tersebut juga memicu warga Tiongkok menjuluki Sungai Kuning sebagai Sungai Kesedihan Tiongkok.

1882

Robert Buckle dan dua temannya mendirikan klub sepak bola dengan nama Hotspur Football Club di London Utara, London, Inggris. Kini, klub tersebut berganti nama menjadi Tottenham Hotspur dan menjadi salah satu klub sepak bola terbesar di Inggris.

1914

Pertempuran Marne antara pasukan Sekutu dan pasukan Jerman dalam Perang Dunia I meletus di dekat Sungai Marne, dekat Paris, Prancis, selama lima hari. Pasukan Sekutu berjumlah 1.071.000 tentara berhasil mengalahkan pasukan Jerman yang berjumlah 1.485.000 tentara.

Baca juga: 10 Berita Terpopuler: Kebakaran Pasar Dungus Madiun dan SPBU Vivo Indonesia

1942

Pasukan Jepang kalah dalam pertempuran di Teluk Milne, Papua Nugini melawan pasukan Sekutu (Amerika Serikat (AS) dan Australia). Kekalahan itu merupakan kekalahan besar pertama yang dialami Jepang di daratan semasa Perang Dunia II.

1943

Pasukan Amerika Serikat (AS) mendarat di Bandara Lae Nadzab, dekat Lae, Papua Nugini dan merebut bandara dari pasukan Jepang. Ini merupakan salah satu serangan Sekutu yang menjalankan Kampanye Salamaua–Lae demi merebut wilayah Salamaua dan Lae yang manjadi basis militer Jepang.

1946

Frederick “Freddie” Mercury lahir di Farrokh Bulsara pada 5 September 1946, ia adalah penyanyi-penulis lagu dan produser rekaman dan vokalis utama dari band rock Queen berkebangsaan Inggris.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 4 September 1971, Pesawat Alaska Airlines Tabrak Gunung

1949

Robert Wolter Mongisidi meninggal dunia di Pacinang, Makassar, Sulawesi Selatan, pada usia 24 tahun. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia. Kini, namanya dikenang sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia.

1972

Kelompok teroris asal Palestina menyandera dan membunuh 11 atlet Olimpiade asal Israel di asrama atlet di Munchen, Jerman. Kelompok teroris itu mengatasnamakan diri sebagai kelompok September Hitam. Peristiwa ini dikenang dengan nama Pembantaian Munchen.

1990

Tentara Sri Lanka membantai kaum minoritas yang mengungsi di Universitas Timur, dekat Kota Batticalo. Akibatbnya, 158 pengungsi tewas dalam peristiwa tersebut. Kini, tragedi itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Universitas Timur.

Baca juga: Sama-Sama Naikkan Harga BBM, Ini Beda Jokowi dan SBY…

2000



Abdul Haris Nasution meninggal dunia pada usia 82 tahun di Jakarta. Sebelum meninggal dunia, A.H. Nasution telah menderita stroke. Semasa hidupnya, ia dkenal sebagai jenderal besar TNI berbintang lima.

2005

Pesawat Boeing 737 milik maskapai penerbangan Mandala Airlines jatuh di Padang Bulan, Medan sesaat setelah lepas landas dari Bandara Polonia, Medan. Akibatnya, 100 penumpang dari 112 penumpang tewas dan 49 orang di daratan tewas tertimpa pesawat.

2010

Shoya Tomizawa merupakan seorang pembalap motor professional asal Jepang. Tomizawa meninggal pada 5 September dalam balapan GP San Marino 2010 setelah ia terlibat kecelakaan fatal dengan Scott Redding dan Alex de Angelis.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya