SOLOPOS.COM - Didi Kempot. (Instagram-@didikempot_official)

Solopos.com, SOLO — Didik Prasetyo atau lebih dikenal dengan nama Didi Kempot adalah penyanyi dan pencipta lagi campur sari. Didi Kempot meninggal dunia pada 5 Mei 2020 pukul 07.45 WIB dalam usia 53 tahun di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta akibat henti jantung.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 5 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1215

Para bangsawan di Kerajaan Inggris mulai menentang Raja John dan menyatakan telah melepaskan kesetiaan mereka. Hal itu adalah salah satu dari serangkaian peristiwa yang berujung lahirnya Magna Carta.

Christopher Columbus. (History.com)
Christopher Columbus. (History.com)

1494

Christopher Colombus mendarat di Jamaika dalam penjelajahannya di kawasan Amerika. Colombus lantas mengklaim wilayah Jamaika menjadi milik Spanyol. Hal itu ia lakukan karena pelayarannya didanai Kerajaan Spanyol.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 4 Mei 1979 Margaret Thatcher Dilantik Jadi PM Inggris

1818

Karl Heinrich Marx lahir di Trier, Prusia. Ia kemudian dikenal sebagai seorang filsuf, tokoh sosiologi, pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan. Selain itu, Marx juga dikenal sebagai pencetus ideologi Marxisme.

1821

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte meninggal dunia pada usia 51 tahun. Ia meninggal akibat kondisi kesehatannya yang memburuk sejak beberapa bulan sebelumnya.

1835

Alat tranportasi berupa kereta api untuk kali pertama digunakan di Eropa. Kereta api tersebut dibuka untuk perjalanan dari Brussels ke Mechelen di Belgia.

1940

Pasukan Norwegia menyerah kepada Jerman setelah hampir sebulan dibombardir. Pihak Norwegia lantas membentuk pemerintahan darurat di London, Inggris.

Baca juga: Uni Eropa Bakal Jatuhkan Sanksi Baru untuk Rusia

1944

Pasukan Jerman mengeksekusi mati 216 warga sipil di Desa Kleisoura di Yunani. Pembantaian itu dilakukan sebagai pembalasan atas pembunuhan tiga tentara Jerman oleh gerilyawan Yunani.

Marshal Ivan Konev dari Uni Soviet tiba di Praha setelah bebas dari cengkeraman Jerman, 9 Mei 1945. (Wikipedia.org)
Marshal Ivan Konev dari Uni Soviet tiba di Praha setelah bebas dari cengkeraman Jerman, 9 Mei 1945. (Wikipedia.org)

1945

Pemberontakan di Praha, Ceko dimulai. Pemberontakan tersebut adalah upaya untuk membebaskan Praha dari cengkeraman pihak Jerman.

1955

Jerman Barat meraih kedaulatan penuh setelah sebelumya dikontrol pihak Sekutu—Amerika Serikat (AS) dan Inggris—sejak 1949. Kedaulatan tersebut adalah hasil dari Konvensi Bonn-Paris.

1964

Council of Europe atau Majelis Eropa menetapkan 5 Mei sebagai Hari Eropa. Hari Eropa adalah peringatan tahunan demi merayakan perdamaian dan persatuan negara-negara Eropa.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 3 Mei 1993, Hari Kebebasan Pers Sedunia



1980

Pengepungan Kedutaan besar Iran berlangsung dari 30 April hingga 5 Mei 1980, setelah 6 orang bersenjata menyerbu kedutaan di Kensington Selatan, London. Pasukan khusus Tentara Inggris berhasil menyelamatkan 25 sandera, satu sandera meninggal, 5 dari enam penyandera ditembak.

2007

Kenya Airways Penerbangan 507 jatuh dekat kota Lolodorf, sekitar 160 km di sebelah tenggara kota pantai Douala, Kamerun selatan pada 5 Mei 2007, 105 penumpang dan 9 awak pesawat meninggal dunia.

2020

Didik Prasetyo atau lebih dikenal dengan nama Didi Kempot adalah penyanyi dan pencipta lagi campur sari. Didi Kempot meninggal dunia pada 5 Mei 2020 pukul 07.45 WIB dalam usia 53 tahun di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta akibat henti jantung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya