SOLOPOS.COM - Presiden Soekarno bubarkan DPR pada 5 Maret 1960. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Presiden Soekarno membubarkan DPR hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 1955 karena Rencana Anggaran Belanja Negara (RAPBN) ditolak, pada 5 Maret 1960.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-64—hari ke-65 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 5 Maret.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 5 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 5 Maret:

363

Ekspedisi Mudik 2024

Kaisar Romawi, Flavius Claudius Julianus, berangkat dari Kota Antiokhia di selatan Turki bersama 90.000 prajuritnya untuk menyerang Kekaisaran Persia yang kala itu dikuasai Dinasti Sasaniyah. Namun, penyerangan yang dilakukan Julianus itu justru membawa dirinya pada kekalahan sekaligus kematian.

John Cabot. (Wikipedia.org)
John Cabot. (Wikipedia.org)

1496

Raja Inggris, Henry VII, memberikan hak khusus kepada penjelajah berdarah Italia, John Cabot pada 5 Maret. Dengan demikian Cabot memiliki hak untuk melakukan penjelajahan ke seluruh dunia dengan dibiayai Kerajaan Inggris.

1770

Pembantaian Boston, 5 orang Amerika, termasuk Crispus Attucks, ditembak mati oleh oleh tentara Inggris dalam sebuah insiden. Kemudian insiden ini memicu meletusnya Perang Kemerdekaan Amerika 5 tahun kemudian.

1811

Pasukan Prancis di bawah pimpinan Claude Victor-Perrin yang menduduki Kota Cadiz, Spanyol berusaha menahan gempuran yang dilakukan pasukan gabungan Spanyol-Inggris-Portugal pada 5 Maret. Kemudian salah satu pertempuran dalam Perang Kemerdekaan Spanyol itu kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Barrosa.

1929

Kebakaran besar melanda lokasi digelarnya pameran mobil di California, Amerika Serikat (AS). Akibat kebakaran itu 320 mobil baru yang dipajang di tempat tersebut terbakar habis.

1939

H. Benyamin Sueb lahir di Batavia, 5 Maret 1939. Dia adalah pemeran, pelawak, sutradara dan penyanyi Indonesia. Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film.

Surat kabar yang mengumumkan masuknya Jepang ke Batavia. (Wikipedia.org)
Surat kabar yang mengumumkan masuknya Jepang ke Batavia. (Wikipedia.org)

1942

Ibu Kota Hindia Belanda—kini Indonesia—yang kala itu masih bernama Batavia direbut pasukan Jepang dari tangan Belanda. Tentara Jepang berhasil merebut Batavia setelah pasukan Koninklijke Nederlands-Indische Leger (KNIL) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda meninggalkan ibu kota untuk mengamankan Kota Bandung.

1946

Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, mengutuk Uni Soviet yang berusaha menyebarkan paham komunisnya di Eropa Barat pada 5 Maret. Bahkan dalam pidatonya kala itu, Churchill juga menciptakan istilah Negara Tirai Besi untuk menjuluki Uni Soviet. Selanjutnya, istilah tersebut lantas digunakan oleh banyak politikus dan media massa dalam menyebut Uni Soviet.

1953

Pemimpin Uni Soviet, Josef Stallin, meninggal dunia setelah terserang strok selama empat hari. Ia memimpin Uni Soviet selama lebih dari 30 tahun hingga akhir hayatnya.

1956

Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) melarang sekolah-sekolah negeri di AS memisahkan siswanya yang berkulit hitam dengan yang berkulit putih. Bahkan Universitas North Carolina menjadi universitas pertama di AS yang menerapkan aturan tersebut.

1960

Presiden Soekarno membubarkan DPR hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 1955 karena Rencana Anggaran Belanja Negara (RAPBN) ditolak, pada 5 Maret 1960. Pembubaran DPR tersebut dituangkan dalam Penetapan Presiden No. 3 Tahun 1960. Kemudian disusul dengan pembentukan DPR Gotong Royong (DPR GR).

1969

Vokalis grup band The Doors, Jim Morrison, ditangkap polisi beberapa hari setelah tampil di Miami. Jim Morrison diringkus polisi karena dianggap telah berperilaku tak senonoh saat menghibur penonton di Miami.

Reza Rahadian (Wikimedia.org)
Reza Rahadian (Wikimedia.org)

1987

Reza Rahadian Matulessy atau yang lebih dikenal sebagai aktor Reza Rahadian, lahir di Bogor, Jawa Barat, 5 Maret 1987. Dia mengawali karier sebagai model. Bahkan sejak menerima Piala Citra pertamanya melalui ajang Festival Film Indonesia 2009, ia telah berakting di lebih dari 50 film;



1997

Setelah 25 tahun tak sudi melakukan pertemuan untuk keperluan apa pun, Korea Utara dan Korea Selatan akhirnya melakukan sebuah perundingan perdamaian. Kemudian pertemuan kedua negara itu dilaksanakan di New York, Amerika Serikat (AS).

2013

Hugo Rafael Chávez Frías adalah Presiden Venezuela mulai tahun 1999 sampai meninggal dunia pada 5 Maret 2013. Sebelumnya ia merupakan ketua partai politik Gerakan Republik Kelima sejak didirikan tahun 1997 sampai 2007.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya