SOLOPOS.COM - Kartu Suara pada Pilpres 2004 dengan lima pasangan calon. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pilpres 2004 digelar secara langsung untuk pertama kalinya pada 5 Juli 2004. Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden melalui dua putaran.

Masih banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 5 Juli, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1594

Pasukan Portugal pimpinan Pedro Lopes de Sousa menginvasi Kerajaan Kandy di Sri Lanka. Invasi tersebut memicu beberapa pertempuran selama kurang lebih tiga bulan. Pasukan Portugal akhirnya menyerah dan meninggalkan Kerajaan Kandy.

1811

Venezuela mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol. Deklarasi itu memicu Perang Kemerdekaan Venezuela yang berlangsung hingga 1823. Setelah Spanyol kalah dalam perang tersebut, Venezuela lantas menjadi bagian dari Kolombia Raya hingga 1830.

1946

Baju renang jenis bikini untuk kali pertama diperkenalkan di Paris, Prancis. Pakaian tersebut dirancang oleh peracang asal Prancis, Louis Reard.

Baca juga: Geger! Tiket Masuk Surga Dijual Murah Rp25.000/Bulan

1950

Parlemen Israel mengesahkan undang-undang yang memperbolehkan semua orang Yahudi di seluruh dunia untuk kembali ke Israel. Selain itu, semua orang Yahudi diberi hak untuk menetap di Israel.

1959

Keputusan Presiden Nomor 150 Tahun 1959 tentang Kembali kepada Undang-Undang Dasar 1945, atau yang lebih dikenal sebagai Dekret Presiden 5 Juli 1959 yang dikeluarkan oleh Presiden Indonesia pertama, Soekarno. Isi dekret ini adalah pembubaran Badan Konstituante hasil Pemilu 1955 dan penggantian undang-undang dasar dari UUD Sementara 1950 ke UUD ’45.

1975

Cape de Verde meraih kemerdekaan penuh dari Portugal. Sebelumnya, Cape de Verde menjadi wilayah kekuasaan Portugal sejak 1462.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 4 Juli 1776 Kemerdekaan Amerika Serikat

kudeta di Pakistan Zia Ul Haq
Pemimpin kudeta di Pakistan pada 1977, Jenderal Muhammad Zia Ul Haq. (Wikipedia.org)

1977

Kudeta militer yang dipimpin Jenderal Muhammad Zia Ul Haq meletus di Pakistan. Kudeta itu berhasil menggulingkan pemerintahan Zulfikar Ali Bhutto.

1979

Shane Steven Filan lahir di Sligo, Irlandia. Ia lantas dikenal sebagai salah satu personel boyband Westlife. Setelah Westlife bubar pada 2012 silam, Shane memulai kariernya sebagai penyanyi solo dan merilis album bertajuk You and Me pada 2013 lalu.

1996

Untuk kali pertama di dunia, para ilmuwan berhasil menciptakan domba hasil peengkloningan. Para ilmuwan melakukan proses pengkloningan di Institut Roslin di Irlandia. Domba tersebut diberi nama Dolly dan mampu bertahan hidup hingga 14 Februari 2003.

Baca juga: Ini Dia Pesawat N219 Nurtanio Asli Produk Indonesia

2004



Untuk kali pertama, rakyat Indonesia memilih presiden dan wakil presiden secara langsung. Pilpres 2004 diikuti lima pasangan, yakni Wiranto-Salahuddin Wahid, Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi, Amien Rais-Siswono Yudo Husodo, Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla, dan Hamzah Haz-Agum Gumelar. Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla terpilih dalam pemilihan langsung pertama itu.

arti mz di nama zainuddin mz zainuddin mz
Zainudinn MZ. (Antara)

2011

K.H. Zainuddin Hamidi atau dikenal sebagai K.H. Zainuddin MZ adalah seorang pemuka agama Islam di Indonesia yang populer melalui ceramah-ceramahnya di radio dan televisi. Julukannya adalah “Dai Sejuta Umat” meninggal dunia pada 5 Juli 2011.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya