SOLOPOS.COM - Banjir bandang dan longsor Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat Minggu 5 April 2020. (Antara/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Hujan deras di sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat menyebabkan bencana banjir bandang dan longsor di Jorong Guguak, Kenagarian Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar pada Minggu 5 April 2020. Dua orang meninggal dalam kejadian ini.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 5 April yang dihimpun dan dirangkum Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1873

Cile mendeklarasikan perang terhadap Bolivia dan Peru. Kemudian perang antara Cile melawan Peru dan Bolivia itu disebut Perang Pasifik.

Ekspedisi Mudik 2024

1943

Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) salah sasaran membombardir permukiman warga sipil di Kota Mortsel, Belgia pada 5 April. Akibat dari serangan itu, sebanyak 900 warga sipil tewas termasuk 209 anak-anak.

1945

Presiden Yugoslavia, Josip Broz, menandatangani sebuah perjanjian dengan Uni Soviet. Kemudian dari perjanjian itu, pasukan militer Uni Soviet diperbolehkan memasuki wilayah Yugoslavia dengan alasan tertentu.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 4 April 2016 Batik Air dan Trans Nusa Senggolan

Winston Churchill. (Churchillcentral.com)
Winston Churchill. (Churchillcentral.com)

1955

Perdana Menteri Inggris Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatannya karena kondisi kesehatannya terus menurun pada 5 April. Setelah pensiun, ia sebenarnya diminta menjadi Adipati di London oleh Ratu Inggris, Elizabeth II. Namun tawaran tersebut ia tolak. Selanjutnya Churchill mengabiskan masa pensiunnya di rumah pribadinya di Hyde Park Gate, London, Inggris.

1964

Nunung adalah komedian dan aktris berkebangsaan Indonesia yang sempat tergabung dalam grup lawak Srimulat. Adapun Nunung lahir dengan nama Tri Retno Prayudati di Solo, 5 April 1963. Kemudian nama Nunung melejit lewat sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

1969

Sebanyak 250.000 orang turun ke jalan di Washington D.C., diikuti warga di sejumlah kota besar lainnya di Amerika Serikat (AS) untuk berunjuk rasa menuntut pihak militer AS menarik diri dari keterlibatannya dalam Perang Vietnam.

Si Unyil (Wikimedia.org)
Serial boneka Si Unyil (Wikimedia.org)

1981

Si Unyil adalah film seri boneka televisi Indonesia produksi PPFN yang mengudara setiap hari Minggu pagi di stasiun TVRI dimulai 5 April 1981 sampai 1993. Adapun serial boneka Si Unyil ini diciptakan oleh Drs. Suyadi.

Baca juga: Ramadan di Madinah: Salat Tak Berjarak, Dilarang Bicara saat Buka Puasa

1986

Sebuah bom meledak di diskotek di Berlin, Jerman, saat pengunjung memenuhi tempat tersebut. Akibat serangan itu dua orang tewas dan 120 orang lainnya terluka.

Curt Cobain. (MTV)
Curt Cobain. (MTV)

1994

Vokalis dan gitaris Nirvana, Kurt Cobain, 27 tahun, tewas bunuh diri dengan menembakkan senapan ke kepalanya pada 5 April. Kurt Cobain sedang berada di puncak kepopuleran. Muncul dugaan ia bunuh diri karena frustrasi menghadapi permasalahan dalam hidupnya.

2009

Korea Utara (Korut) meluncurkan satelit buatan bernama Kwangmyongsong-2. Akibatnya banyak negara khawatir satelit tersebut akan membuat Korut makin mudah dalam mengontrol rusal balistik antarbenua yang terus dikembangkan.

2010



Sebuah bom meledak di sebuah gedung di Pakistan yang sedang digunakan untuk rapat umum partai yang berkuasa di negara tersebut pada 5 April. Kemudian pihak berwenang di Pakistan memastikan serangan itu dilakukan kelompok Taliban, akibatnya 50 orang tewas.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 3 April 1922 Josef Stalin Pimpin Uni Soviet

2013

Para pejabat Korea Selatan (Korsel) mengumumkan akan menempatkan dua kapal perang yang dilengkapi dengan sistem pertahan rudal di perbatasan bagian barat dan timur. Keputusan itu diambil menyusul ketegangan dengan Korea Utara (Korut).

2019

Sydney Brenner CH FRS FMedSci adalah ahli biologi asal Afrika Selatan yang menjadi pemenang Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran, bersama dengan Bob Horvitz dan John Sulston. Brenner. Kemudian ahli biologi kelahiran 13 Januari 1927 ini meninggal pada 5 April 2019.

2020

Hujan deras di sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat menyebabkan bencana banjir bandang dan longsor di Jorong Guguak, Kenagarian Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar pada Minggu 5 April 2020. Dua orang meninggal dalam kejadian ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya