SOLOPOS.COM - Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO –Margaret Thatcher resmi dilantik menjadi perdana menteri Inggris pada 4 Mei 1979. Pelantikan itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai wanita pertama yang memangku jabatan sebagai perdana menteri  Inggris.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 4 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Napoleon Bonaparte (Timetoast.com)
Napoleon Bonaparte (Timetoast.com)

1814

Pemimpin Prancis Napoleon Bonaparte tiba di Pulau Elba untuk memulai masa pengasingannya yang pertama setelah kalah perang dari Rusia, Austria, dan Prusia. Napoleon Bonaparte kemudian berhasil malarikan diri dari Pulau Elba dan kembali memimpin Prancis pada 20 Maret 1815.

1861

Pertempuran antara pasukan Belanda dan pasukan Banjar meletus di wilayah Paringin yang kini menjadi bagian dari Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Pangeran Miradipa dan Pangeran Syarif Umar tewas dalam Pertempuran Paringin tersebut.

Baca juga: Ini Pelaku Penembakan Anggota Koramil Yalimo dan Istri di Elelim Papua

1904

Pembangunan Terusan Panama yang sebelumnya dilakukan pihak Prancis sejak 1880 dan terhenti pada 1893 dilanjutkan pihak Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, Prancis menghentikan pembangunan Terusan Panama karena banyak penyakit yang menyerang para pekerja.

1945

Pasukan Jerman yang ada di Belanda dan Denmark menyerah kepada Inggris. Pasukan Jerman itu menyerah setelah Sekutu mengklaim kemenangannya atas Jerman dan pengakuan kekalahan dari pihak Jerman dalam Perang Dunia II.

1959

Untuk kali pertama, Grammy Award digelar oleh National Academy of Recording Arts and Sciences demi memberikan apresiasi kepada karya musisi yang diciptakan pada 1958. Grammy Award pertama itu digelar di Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills California dan Park Sheraton Hotel di New York City, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Jokowi Berbincang dengan Presiden Ukraina via Telepon, Bahas Apa?

1979

Margaret Thatcher resmi dilantik menjadi perdana menteri Inggris pada 4 Mei 1979. Pelantikan itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai wanita pertama yang memangku jabatan sebagai perdana menteri Inggris.

1980

Presiden pertama Yugolavia Joseph Broz Tito meninggal dunia pada usia 87 tahun. Tito meninggal dunia saat masih menjabat sebagai presiden. Ia menjabat sebagai presiden Yugoslavia sejak 1953. Setelah kematiannya, posisi Tito sebagai presiden Yugoslavia digantikan Lazar Kolisevski.

1987

Jorge Lorenzo Guerrero lahir di Palma de Mallorca, Spanyol. Kini, namanya dikenal luas sebagai pembalap sepeda motor dalam ajang Moto GP. Sejak mengikuti kompetisi Moto GP pada 2008 silam, Lorenzo telah meraih gelar juara sebanyak tiga kali.

1987

Francesc Fabregas Soler lahir di Arenys de Mar, Spanyol. Saat ini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang merumput bersama klub ternama di tanah Inggris, yakni Chelsea. Sebelum bergabung dengan Chelsea pada 2014 lalu, pemain yang kini akrab disapa Cesc Fabregas itu juga pernah membela klub besar lain di Eropa, yakni Barcelona dan Arsenal.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 30 April 2022 Siaran TV Analog Mulai Dihentikan

1998

Unjuk rasa yang berakhir kerusuhan besar terjadi di wilayah Medan, Indonesia. Peristiwa tersebut kemudian dianggap sebagai awal rangkaian unjuk rasa di berbagai wilayah di Indonesia menuntut reformasi.



2009

Kapal kargo milik Korea Utara (Korut) selamat dari serangan bajak laut di perairan Somalia setelah dibantu kapal perang milik Korea Selatan (Korsel) yang sedang berpatroli di kawasan tersebut pada 4 Mei.

2013

Berawal pada penghadangan etnis Jukun yang hendak ke pemakaman melintas di Kota Kecil Wukari, Negara Bagian Taraba, Nigeria oleh pemuda etnis Hausa dan Fulani menyebabkan bentrokan. Sebanyak 39 orang meningal, puluhan luka.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya