SOLOPOS.COM - Surat Kabar Zaman, Turki. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Turki mengambil alih surat kabar terbesar di negara itu, Zaman pada 4 Maret 2016. Pemerintah menuduh surat kabar Zaman memihak kepada Fethullah Gulen yang tak lain penentang utama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-63 sesuai sistem Kelender Gregorian, 4 Maret.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 4 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1152

Friedrich I juga dikenal sebagai Friedrich Barbarossa, merupakan seorang Kaisar Romawi Suci dari tahun 1155 sampai kematiannya. Kemudian ia terpilih sebagai Raja Jerman di Frankfurt pada tanggal 4 Maret 1152.

1238

Pertempuran antara pasukan Mongol dan pasukan Kerajaan Vladimir meletus di kawasan yang kini dikenal dengan nama Yaroslavl, Rusia. Kemudian pasukan Mongol yang dipimpin Batu Khan berusaha menginvasi Kerajaan Vladimir yang berada di bawah kekuasaan Yuri II. Sehingga bentrok kedua pasukan itu kini dikenal dengan nama Pertempuran Sungai Sit.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 3 Maret 2013 Bom Meledak di Karachi Pakistan

1439

Christopher Colombus tiba di Pelabuhan Lisbon, Portugal setelah melakukan perjalanan panjang pada 4 Maret. Kemudian dalam perjalanan panjangnya itu, ia menemukan pulau yang kini disebut dengan Bahama dan pulau-pulau kecil lainnya di Karibia.

Lukisan karya Pieter Cornelisz van Soest berjudul Dutch Attack on the Medway, Juni 1667, menampilkan pertempuran pada Perang Inggris-Belanda II pada 4 Maret 1665. (Wikipedia.org)
Lukisan karya Pieter Cornelisz van Soest berjudul Dutch Attack on the Medway, Juni 1667, menampilkan pertempuran pada Perang Inggris-Belanda II. (Wikipedia.org)

1665

Raja Inggris, Charles II, mendeklarasikan perang terhadap Belanda. Bahkan Inggris berusaha mengakhiri dominasi Belanda atas perdagangan dunia. Selanjutnya perang itu dikenang dengan nama Perang Inggris-Belanda II.

1776

Thomas Jefferson dilantik sebagai presiden ke-3 Amerika Serikat (AS) pada 4 Maret. Namun, sebelum menjadi presiden, Jefferson dikenal luas sebagai orang yang menulis naskah deklarasi kemerdekaan AS.

1933

Franklin D. Roosevelt resmi menjadi presiden ke-32 Amerika Serikat (AS). Kemudian dalam pidato pelantikannya, Roosevelt berjanji akan membawa AS keluar dari masa krisis.

Baca juga: RI Dukung Resolusi Majelis Umum PBB Tuntut Penghentian Invasi Rusia

1954

Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS), John Foster Dulles, mengeluarkan peringatan kepada seluruh negara di dunia tentang bahaya paham komunis pada 4 Maret. Bahkan ia juga menyebut paham komunis telah melanda sebagian negara barat.

John Lennon. (Johnlennon.com)
John Lennon. (Johnlennon.com)

1966

Vokalis The Beatles, John Lennon, melontarkan pernyataan kontroversial yang dimuat di salah satu surat kabar di Inggris, London Evening Standard. Ia menyatakan The Beatles lebih populer dibanding Yesus Kristus. Pernyataan itu mengakibatkan The Beatles dilarang menggelar konser di beberapa tempat.

1975

Pada usianya yang ke-86 tahun, Charlie Chaplin dianugerahi gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris oleh Ratu Elizabeth II pada 4 Maret. Selanjutnya ia menyandang gelar Sir di depan namanya. Adapun anugerah itu diterima Chaplin karena telah memberikan banyak kontribusi di dunia hiburan Inggris.

Raline Shah
         Raline Shah (Wikipedia.org)

1985

Raline Rahmat Shah akrab dipanggil Raline Shah, adalah aktris, model, pengusaha, dan tokoh masyarakat keturunan Melayu Deli, Sumatera Utara dan Melayu Malaysia. Perempuan kelahiran 4 Maret 1985 ini mulai dikenal setelah memenangkan gelar “Putri Favorit Indonesia” 2008, ia juga membintangi sosok Riani dalam film 5 cm.



Baca juga: Sejarah Hari Ini: 2 Maret 2020 Kasus Pertama Covid-19 di Indonesia

1985

Teuku Wisnu lahir di Jakarta, 4 Maret 1985 adalah pemain sinetron berdarah Aceh. Pria yang mempunyai tinggi 175 cm dan berat 68 kg ini sudah membintangi sejumlah sinetron, film, dan iklan. Kemudian pada 17 November 2013 Teuku Wisnu menikah dengan Shireen Sungkar.

2005

PBB mengeluarkan pernyataan resmi bahwa virus HIV telah mewabah di sejumlah negara di Benua Afrika. Bahkan tercatat pada saat itu, 90 juta orang di benua Afrika terinfeksi virus HIV.

2009

Pada tanggal 4 Maret 2009, Mahkamah Pidana Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Sudan Omar Al-Bashir atas tuduhan berbagai tindakan yang dilakukannya di wilayah Darfur. Tuduhan yang dikenakan kepadanya adalah sebagai pelaku kejahatan perang dan kejahatan melawan kemanusiaan.

2016

Pemerintah Turki mengambil alir surat kabar terbesar di negara itu, Zaman pada 4 Maret 2016. Pemerintah menuduh surat kabar Zaman memihak kepada Fethullah Gulen yang tak lain penentang utama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya