SOLOPOS.COM - Ali Khamenei menjabat sebagai pemimpin Republik Islam Iran mulai 4 Juni 1989. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Ayatullah Sayyid Ali Khamenei lebih dikenal dengan Ali Khamenei terpilih sebagai pemimpin tertinggi baru Republik Islam Iran dan mulai menjabat pada 4 Juni 1989.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 4 Juni dan layak dikenang yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1878

Kesultanan Ottoman dan Inggris menandatangani kesepakatan rahasia yang disebut Konvensi Siprus. Di mana Kesultanan Ottoman memberikan wilayah Siprus kepada Inggris. Sebagai gantinya, Inggris harus memberikan dukungan Kesultanan Ottoman dalam konflik dengan Kekaisaran Rusia.

1916

Pasukan Kekaisaran Rusia mulai melancarkan serangan terhadap pasukan Austria-Hungaria di kawasan Polandia. Serangan itu disebut dengan nama Serangan Brusilov karena dipimpin seorang jenderal bernama Aleksei Brusilov.

1939

Sebanyak 963 orang Yahudi dari Jerman yang akan diasingkan ke Amerika Serikat (AS) dengan diangkut kapal milik Jerman, MS St. Louis, ditolak setelah mendarat di Florida, AS. Mereka lantas terpaksa kembali ke Jerman dan mendekam di kamp konsentrasi.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 3 Juni 1947 Penggabungan TRI menjadi TNI

Pertempuran Dunkrik
Pasukan Sekutu dievakuasi setelah kalah dari Jerman dalam Pertempuran Dunkrik di Dunkrik, Prancis, 1940. (Thinglink.com)

1940

Sekutu kalah dalam Pertempuran Dunkrik melawan Jerman. Evakuasi pasukan Sekutu yang kalah dalam Pertempuran Dunkrik di Dunkrik, Prancis juga berakhir. Sedikitnya 338.000 tentara Sekutu yang masih bertahan hidup berhasil dievakuasi.

1940

Setelah menang dalam Pertempuran Dunkrik, pasukan Jerman mulai memasuki wilayah ibu kota Prancis, Paris. Dengan menduduki Paris, Jerman dapat mengontrol Prancis sepenuhnya.

1942

Pasukan Jepang menyerang Atol Midway di Samudera Pasifik untuk merebutnya dari Amerika Serikat (AS). Namun karena strategi yang buruk dari pasukan Jepang, pasukan AS berhasil menang telak dalam pertempuran itu.

1944

Pasukan Sekutu, untuk kali pertama sepanjang Perang Dunia II, berhasil memasuki Kota Roma di Italia. Invasi tersebut adalah upaya Sekutu untuk melemahkan Blok Sentral dalam Perang Dunia II.

Baca juga: Putra Ridwan Kamil Dinyatakan Meninggal, Keluarga: Maafkan Eril

1944

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berhasil menangkap kapal selam Jerman dengan nomor lambung U-505, di Samudera Atlantik. Itu adalah kali pertama Angkatan Laut AS berhasil menangkap kapal milik musuh selama Perang Dunia II.

1982

Empat diplomat Iran diculik di Lebanon Utara saat berhenti di pos pemeriksaan orang asing di negara tersebut. Sejak saat itu, empat diplomat Iran tersebut tak pernah ditemukan.

Lukas Podolski. (Dailystar.co.uk)
Lukas Podolski. (Dailystar.co.uk)

1984

Lukas Josef Podolski lahir di Gliwice, Polandia. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela sejumlah klub besar di Eropa termasuk Arsenal. Meski lahir di Polandia, Podolski memiliki kewarganegaraan Jerman, sehingga ia membela Tim Nasional Jerman.



Baca juga: Sejarah Hari Ini: 2 Juni 1994 Gempa Bumi Banyuwangi

1989

Ayatullah Sayyid Ali Khamenei lebih dikenal dengan Ali Khamenei terpilih sebagai pemimpin tertinggi baru Republik Islam Iran setelah kematian dan pemakaman Ayatollah Ruhollah Khomeini. Ali Khamenei mulai menjabat 4 Juni.

1998

Wong Aksan drummer Band Dewa 19 dikeluarkan dari grup pada 4 Juni 1998 setelah Dewa 19 merilis album keempat Pandawa Lima . Wong Aksan adalah putra dari sutradara legendaris Indonesia, Sjuman Djaja, dari perkawinannya dengan Farida Oetoyo.

2001

Gyanendra Bir Bikram Shah Dev adalah Raja Nepal sejak 4 Juni 2001 hingga 28 Mei 2008, sesaat setelah terjadi pembunuhan terhadap Raja Dipendra Bir Bikram Shah dan hampir seluruh anggota keluarganya oleh anaknya sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya