Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sejarah Hari Ini: 4 Juli 1776 Kemerdekaan Amerika Serikat

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Juli.
SHARE
Sejarah Hari Ini: 4 Juli 1776 Kemerdekaan Amerika Serikat
SOLOPOS.COM - Gedung Putih Amerika Serikat. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kongres Kontinental bersidang di Philadelphia mengesahkan Deklarasi Kemerdekaan yang disusun oleh Thomas Jefferson pada 4 Juli 1776 dan 4 Juli diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Amerika Serikat setiap tahunnya.

Masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 4 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

1265

Putra mahkota Inggris, Edward, berhasil mengalahkan pasukan pemberontak dari kaum Baron dalam Pertempuran Evesham di Evesham, Worcestershire, Inggris. Pertempuran tersebut adalah satu dari sekian banyak pertempuran dalam Perang Baron II dari 1264-1267.

1578

Pasukan Kesultanan Maroko pimpinan Abd Al-Malik berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Portugal yang dipimpin Sebastian I dalam Pertempuran Alcacer Quibir di Ksar-el-Kebir, Maroko. Raja Portugal Sebastian I tewas dalam pertempuran tersebut.

1776

Kongres Kontinental bersidang di Philadelphia mengesahkan Deklarasi Kemerdekaan yang disusun oleh Thomas Jefferson pada 4 Juli 1776. Tanggal tersebut selanjutnya diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 3 Juli 1608, Kota Quebec Kanada Didirikan

1791

Perang Ottoman-Habsburg sejak 1526 yang melibatkan pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Dinasti Habsburg berakhir setelah kedua belah pihak menandatangani Perjanjian Sistova di Sistova atau kini Svishtov, Belgia.

Napoleon Bonaparte (Timetoast.com) Napoleon Bonaparte
Napoleon Bonaparte (Timetoast.com)

1796

Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil mengalahkan pasukan Austria pimpinan Peter Quasdanovich dalam Pertempuran Lonato di Lonato del Garda, Italia. Pasukan Austria kehilangan sekitar 5.000 tentaranya, sedangkan Prancis hanya 2.000 orang.

1914

Sehari setelah Jerman mendeklarasikan Perang terhadap Prancis, Inggris menyatakan perang terhadap Jerman. Inggris beralasan ingin melindungi kenetralan Belgia dalam Perang Dunia I dari invasi yang dilakukan Jerman.

1914

Amerika Serikat (AS) menyatakan sebagai negara netral dalam Perang Dunia I. Namun kenetralan itu hanya bertahan hingga 1917 kala AS bergabung dengan Blok Sekutu.

Baca juga: Iduladha di Indonesia & Arab Saudi Berbeda, Ini Penjelasan Ilmiahnya

1915

Pasukan Jerman berhasil menduduki Kota Warsawa di Polandia. Keberhasilan itu diraih menyusul mundurnya pasukan Rusia dari Polandia.

Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. (Wikimedia.org), dipidana mengutip guyonan Gus Dur Lahir
Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. (Wikimedia.org)

1940

Abdurrahman Wahid lahir di Jombang, Jawa Timur, Hindia-Belanda atau kini Indonesia pada 4 Juli. Ia lantas dikenal sebagai presiden ke-4 Indonesia dengan sapaan Gus Dur. Gus Dur menjabat sebagai presiden dari 20 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001.

1954

Piala Dunia FIFA 1954 diselenggarakan oleh Swiss, dari 16 Juni hingga 4 Juli 1954. Jerman Barat menjadi juara setelah mengalahkan Hongaria dengan skor 3–2. Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama Jerman Barat.

1995

Pasukan Kroasia memulai Operasi Badai demi meraih kemerdekaan dari Serbia. Operasi tersebut berlangsung hingga 7 Agustus di tahun yang sama dan berakhir dengan kemenangan Kroasia. Beberapa wilayah yang sebelumnya dikuasai Serbia berhasil direbut Kroasia.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 2 Juli 1945 Amerika Serikat Bombardir Jepang

2009

Dua wartawan asal Amerika Serikat (AS), Euna Lee dan Laura Ling, yang dipenjara karena masuk secara ilegal ke Korea Utara (Korut), mendapatkan pengampunan setelah mantan presiden AS Bill Clinton melakukan pertemuan dengan pemimpin Korut Kim Jong-il di Korut.

2013

London Array adalah ladang angin lepas pantai di delta sungai Thames, Britania Raya. Dengan kapasitas nominal mencapai 1000 MW, beroperasi penuh pada 8 April 2013. Perdana Menteri Britania Raya David Cameron meresmikannya pada 4 Juli 2013.

2021

Jane Shalimar Jashkilka Prawiradiningrat lahir pada 2 Juni 1980 adalah aktris, penyanyi, presenter, penyiar radio, politikus, model, sukarelawan, dan orator Indonesia yang berketurunan Arab, Sunda dan Bugis. Jane Shalimar meninggal pada 4 Juli 2021.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode