Sejarah Hari Ini: 4 Januari Penemuan Pulau Mc Donald Australia

Pada 4 januari 1854, penjelajah bernama William Mc Donald menemukan pulau di Samudera Hindia bagian selatan dekat Antartika kemudian dinamai Pulau Mc Donald.
SHARE
Sejarah Hari Ini: 4 Januari Penemuan Pulau Mc Donald Australia
SOLOPOS.COM - Pulau Mc Donald merupakan wilayah Persemakmuran Australia. (Unesco.org)

Solopos.com, SOLO – Pada 4 januari 1854, penjelajah bernama William Mc Donald menemukan pulau di Samudera Hindia bagian selatan dekat Antartika. Pulau tersebut kemudian dinamai Pulau Mc Donald. Kini, Pulau Mc Donald merupakan wilayah Persemakmuran Australia.

Penemuan Pulau Mc Donald merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 31 Desember, hari ke-365 (hari ke-366 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian atau hari terakhir dalam setahun.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 31 Desember yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 4 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

871

Pasukan Viking pimpinan Bagsecg dan Halfdan berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Saxon Barat yang dipimpin Aethelred dan Alfred di Reading. Kemenangan Viking itu semakin memperluas wilayah kekuasaannya selama menginvasi tanah Inggris.

1493

Christopher Colombus meninggalkan tanah Amerika yang ia temukan dan mengakhiri penjelajahan pertamanya. Sebelumnya, Colombus mendarat di tanah yang disebut Amerika pada 12 Oktober 1492.

Baca juga: Sejarah Hari Ini : 31 Desember 1799, VOC Dibubarkan karena Bangkrut

1878

Pasukan Rusia berhasil membebaskan Kota Sofia di Bulgaria dari pendudukan Kesultanan Ottoman. Setahun kemudian, Sofia secara resmi menjadi ibu kota Bulgaria sampai sekarang.

1918

Rusia, Jerman, Swedia, dan Prancis secara resmi mengakui kemerdekaan Finlandia dari Rusia. Finlandia telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Rusia pada 6 Desember 1917.

1946

Sehari setelah mengumumkan kepindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Jogja, Presiden Soekarno tiba di ibu kota baru Indonesia itu. Perjalanan dari Jakarta ke Jogja, Soekarno menggunakan kereta api.

1948

Burma meraih kemerdekaan penuh dari Inggris. Sebelumnya, Burma dikuasai Inggris sejak 1824.

Baca juga: Sejarah Hari Ini : 30 Desember 2006, Saddam Hussein Dieksekusi Mati

Pasukan Tiongkok
Pasukan Tiongkok menduduki Kota Seoul, Januari 1951. (Wikimedia.org)

1951

Pasukan Tiongkok dan pasukan Korea Utara (Korut) berhasil merebut Kota Seoul dari pasukan PBB dalam Pertempuran Seoul yang berlangsung sejak 31 Desember 1950. Namun demikian, pasukan Tiongkok dan pasukan Korut harus kehilangan ribuan tentara mereka yang tewas, sedangkan PBB hanya kehilangan ratusan temtaranya.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 29 Desember 1997, 1,25 Juta Ayam di Hong Kong Dibunuh

1990

Dua kereta api yang melintas berlawanan arah di Sukkur, Pakistan bertabrakan satu sama lain. Akibatnya, 307 orang tewas dan 700 orang terluka. Peristiwa itu merupakan kecelakaan kereta api paling buruk di Pakistan sepanjang sejarah.

1990

Toni Kroos lahir di Greifswald, Jerman Timur. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Eropa, Real Madrid. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu bergabung ke Real Madrid pada 2014 silam.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago