Sejarah Hari Ini : 4 Desember 1829, Inggris Larang Ritual Sati di India

Berbagai peristiwa penting terjadi pada 4 November salah satunya pelarangan ritual Sati seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.
Sejarah Hari Ini : 4 Desember 1829, Inggris Larang Ritual Sati di India
SOLOPOS.COM - Ilustrasi ritual Sati. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 4 November 2021, Pemerintah Kolonial Inggris di India secara resmi melarang ritual Sati. Ritua Sati adalah praktik pemakaman religus di mana perempuan yang baru saja menjadi janda secara sukarela atau dipaksa untuk membakar dirinya di atas tumpukan kayu api upacara kremasi suaminya.

PromosiMengukur Urgensi Dana APBN untuk Proyek IKN

Istilah ritual Sati tersebut diambil dari nama Dewi Sati yang dipercaya pernah membakar dirinya sendiri. Di Jawa, praktik semacam ritual Sati tersebut dikenal sebagai Pati Obong.

Pelarangan ritual Sati merupakan salah satu peristiwa penting yang terjadi pada 4 Desember, ke-338 (atau ke-339 dalam tahun kabisat) pada kalender Gregorian.

Baca juga: Ungkap Temuan Omicron, Afsel Merasa Dihukum Banyak Negara

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 4 Desember yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini seperti dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1110

Pasukan Kerajaan Yerusalem yang dibantu pasukan Kerajaan Norwegia dan pasukan Republik Venesia berhasil merebut wilayah Sidon—atau kini Lebanon—dari Kekhalifahan Fatimiyah. Keberhasilan itu dicapai pasukan Kerajaan Yerusalem setelah melakukan pengepungan selama hampir dua bulan.

1676

Pertempuran antara pasukan Kekaisaran Swedia dan pasukan Denmark-Norwegia meletus di Lund, Swedia. Salah satu pertempuran di masa Perang Scania itu berhasil dimenangi pasukan Swedia, meski pasukan Denmark-Norwegia mendapatkan bantuan dari pasukan Republik Belanda.

1791

Koran Minggu pertama di dunia, The Observer, diterbitkan. The Observer merupakan surat kabar yang diterbitkan di Inggris. Hingga kini, The Observer hanya terbit pada Minggu.

Baca juga: China Desak Penghentian Pengeboran di Natuna, Ini Respons Indonesia

1829

Pemerintah Kolonial Inggris di India secara resmi melarang ritual Sati. Ritual Sati merupakan ritual religius berupa seorang janda yang telah ditinggal mati suaminya melakukan pembakaran diri. Di Jawa, praktik tersebut dikenal sebagai Pati Obong. Istilah ritual tersebut diambil dari nama Dewi Sati yang dipercaya pernah membakar dirinya sendiri.

1939

Kapal perang milik Inggris, HMS Nelson, terkena ranjau laut yang dipasang pasukan Jerman di perairan dekat Skotlandia. Hal itu menyebabkan HMS Nelson mengalami kerusakan parah dan harus diperbaiki dalam waktu yang lama, yakni hingga Agustus 1940.

1952

Kabut mematikan yang merupakan jelaga asap belerang mulai menyelimuti Kota London, Inggris. Kabut asap itu diyakini berasal dari pabrik dan api batu bara di rumah penduduk. Akibatnya, sekitar 4.000 orang kehilangan nyawa mereka yang diyakini disebabkan kabut asap tersebut.

1971

Dalam Perang Angkatan Laut India-Pakistan, pasukan Angkatan Laut India kali pertama melancarkan serangan kepada pasukan Angkatan Laut Pakistan. Pasukan Pakistan mengalami kerugian yang cukup parah atas serangan tersebut. Dalam perang itu, pasukan Indonesia juga terlibat untuk membantu pasukan Pakistan. Perang Angkatan Laut India-Pakistan berlangsung dari 2 Desember hingga 16 Desember 1971 dan berakhir dengan kemenangan India.

Baca juga: Harta Karun Ribuan Koin Perak Kuno Ditemukan di Sungai Jerman

1977

Pesawat Boeing 737-2H6 yang dioperasikan maskapai penerbangan Malaysia Airlines jatuh di Tanjung Kupang, Johor, Malaysia saat hendak mendarat di Bandara Changi, Singapura. Sebelum jatuh, pesawat tersebut diketahui dibajak seorang warga negara Jepang. Akibatnya, semua orang di dalam pesawat, yang terdiri atas 93 penumpang dan tujuh awak pesawat tewas dalam peristiwa tragis itu.

 

Anggota Led Zeppelin, Jimmy Page (atas kiri), John Bonham (atas kanan), John Paul Jones (bawah kiri), dan Robert Plant (bawah kanan). (Wikimedia.org)
Anggota Led Zeppelin, Jimmy Page (atas kiri), John Bonham (atas kanan), John Paul Jones (bawah kiri), dan Robert Plant (bawah kanan). (Wikimedia.org)

1980

Grup musik rok asal Inggris, Led Zeppelin, resmi dibubarkan menyusul meninggalnya sang drumer, John Bonham, beberapa bulan sebelumnya. Sebelum bubar, Led Zeppelin yang beranggotakan Jimmy Page, Robert Plant, John Bonham, dan John Paul Jones, telah menorehkan sembilan album sejak 1969. Meski resmi dibubarkan, personel Led Zeppelin sempat beberapa kali reuni dan meluncurkan tiga album, yakni pada 1982, 1997, dan 2003.

2009

Sekitar tujuh puluh enam orang meninggal dunia dan sekitar enam puluh orang lainnya dirawat di rumah sakit akibat ledakan di sebuah kafe di Kota Perm, Ural, Rusia. Ledakan terjadi pada pukul 23:15 waktu Moskow, dan disusul dengan kebakaran. Kafe itu menempel pada sebuah rumah penduduk, yang tidak rusak akibat ledakan tersebut. Pejabat mengatakan sebagian besar korban meninggal akibat menghirup asap dan terinjak-injak yang mengikutinya. Mayoritas korban adalah karyawan kafe dan kerabat mereka, karena kafe itu sedang memperingati hari jadinya. Sumber lain mengatakan setidaknya seratus sembilan orang telah meninggal dalam insiden itu.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago