Sejarah Hari Ini : 31 Desember 1799, VOC Dibubarkan karena Bangkrut

Pembubaran VOC merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 31 Desember yang terangkum dalam Sejarah Hari INi.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 31 Desember 1799, VOC Dibubarkan karena Bangkrut
SOLOPOS.COM - Galangan kapal VOC di Amsterdam, Belanda, sekitar 1750. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 31 Desember 1799, Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda secara resmi dibubarkan karena bangkrut. VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memonopoli aktivitas perdagangan di Asia, termasuk Indonesia. VOC secara resmi didirikan pada 20 Maret 1602.

Bubarnya VOC merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 31 Desember, hari ke-365 (hari ke-366 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian atau hari terakhir dalam setahun.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 31 Desember yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 31 Desember, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

406

Pasukan Bangsa Vandal yang berasal dari wilayah Jerman bagian timur mulai melintasi Sungai Rhine untuk menyerbu wilayah Gaul di Prancis yang kala itu merupakan wilayah kekuasaan Kekaisaran Romawi. Pasukan Vandal kemudian mengalahkan Suku Franka yang tinggal di Gaul berkat bantuan Suku Alani. Atas kemenangan itu pula Bangsa Vandal berhasil menguasai wilayah Gaul.

Baca juga: Sejarah Hari Ini : 30 Desember 2006, Saddam Hussein Dieksekusi Mati

870

Pasukan Viking menyerbu wilayah yang kini dikenal sebagai Englefield, Berkshire, Inggris, demi merebutnya dari Kerajaan Saxon Barat. Namun, upaya itu digagalkan pasukan Kerajaan Saxon Barat yang berhasil memukul mundur pasukan Viking. Banyak prajurit Viking yang tewas dalam pertempuran tersebut.

1600

East India Company atau Perusahaan Hindia Timur milik Kerajaan Inggris secara resmi didirikan melalui perintah Ratu Elizabeth I. East India Company merupakan sebuah perusahaan saham-gabungan dari para investor yang bertujuan melakukan monopoli perdagangan di wilayah Hindia Timur. Perusahaan ini kemudian berubah menjadi pihak yang memerintah di wilayah India setelah mengambil fungsi dalam pemerintahan dan militer. East India Company lantas dibubarkan pada 1858.

1799

Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda secara resmi dibubarkan karena bangkrut. VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memonopoli aktivitas perdagangan di Asia, termasuk Indonesia. VOC secara resmi didirikan pada 20 Maret 1602.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 29 Desember 1997, 1,25 Juta Ayam di Hong Kong Dibunuh

1941

Alexander Chapman Ferguson lahir di Glasgow, Skotlandia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai manajer salah satu klub besar di Inggris, Manchester United (MU). Bersama MU dari 1986 sampai 2013, Ferguson telah merengkuh 13 gelar juara Liga Inggris, lima juara Piala FA, empat Piala Liga, dua gelar juara Liha Champions UEFA, 10 kali juara FA Charity/Community Shield, sekali Piala Winners UEFA, sekali Piala Super UEFA, satu Piala Intercontinental, serta satu gelar juara Piala Dunia Antar-Klub. Raihan itu menjadikan Ferguson sebagai salah satu manajer tersukses sepanjang sejarah persepakbolaan Inggris.

1944

Pasukan Jerman mulai melaksanakan Operasi Nordwind demi menembus pertahanan pasukan Sekutu di Alsace dan Lorraine, Prancis. Operasi yang berlangsung hingga 25 Januari 1944 itu merupakan serangan besar-besaran terakhir yang dilancarkan Jerman di masa Perang Dunia II. Operasi tersebut dianggap gagal karena tujuannya tak tercapai dan pasukan Jerman kehilangan banyak tentaranya. Sekitar 23.000 prajurit Jerman tewas dalam operasi tersebut, sedangkan Sekutu hanya kehilangan sekitar 9.000 tentaranya.

1944

Hungaria mendeklarasikan perang terhadap Jerman dalam Perang Dunia II setelah negara tersebut dikuasai Uni Soviet. Padahal sejak 1940, Hungaria merupakan anggota Blok Poros bersama Jerman. Deklarasi perang itu sekaligus mengakhiri keanggotaan Hungaria di Blok Poros.

John Lennon (kiri) dan Paul Mc Cartney (kanan). (Theatlantic.com)
John Lennon (kiri) dan Paul Mc Cartney (kanan). (Theatlantic.com)

1970

Basis sekaligus vokalis The Beatles Paul Mc Cartney mengajukan tuntutan agar perjanjian kontrak kerja sama antarpersonel The Beatles diputus dan band tersebut dibubarkan. Paul mengajukan tuntutan tersebut dengan alasan ada masalah internal yang tak kunjung selesai. The Beatles akhirnya secara hukum dibubarkan pada 29 Desember 1974.

1977

Park Jae-sang lahir di Gangnam District, Seoul, Korea Selatan. Ia kemudian dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, penari, koreografer, dan produser rekaman dengan nama beken Psy. Nama Psy semakin melambung setelah video musik miliknya yang berjudul Gangnam Style viral pada 2012 silam.

Baca juga: Sejarah Hari Ini : 28 Desember 1857, Pertempuran Meletus di Kanton

1991

Seluruh operasional di lembaga resmi Uni Soviet secara serentak diberhentikan. Hal itu menyusul dibubarkannya Uni Soviet lima hari sebelumnya.

1999

Boris Yeltsin mengundurkan diri sebagai Presiden Rusia dan digantikan oleh Vladimir Putin.

Proses pembangunan Terusan Panama pada 1886. (Wikimedia.org)
Proses pembangunan Terusan Panama pada 1886. (Wikimedia.org)

1999

Terusan Panama masuk dalam yurisdiksi Panama. Terusan Panama atau Canal de Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan.

Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul pada tahun 1500-an namun baru dibuka pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun.

2005 

Bom meledak di sebuah pasar di Kelurahan Maesa Selatan, Palu , Sulawesi Tengah, sekitar pukul 07.00 pagi waktu setempat, menewaskan 8 orang dan melukai 53 orang lainnya. Bom yang digambarkan sebagai bom paku atau sejenisnya tersebut meledak di sebuah pasar daging yang tertutup sebagian dan menjual daging babi dan anjing secara langsung ke masyarakat. Alat peledak kedua ditemukan sekitar empat meter dari lokasi ledakan pertama, di dekat sebuah kios yang menjual daging babi, dan berhasil dijinakkan.

2012

Perayaan malam tahun baru digelar secara terbuka untuk kali pertama di Myanmar, setelah lima dekade berada di bawah kekuasaan junta militer yang otoriter. Sedikitnya 90.000 orang berkumpul di lapangan Kota Yangon untuk menghitung mundur momen pergantian tahun.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago