SOLOPOS.COM - Peti jenazah janda Pangeran Charles, Lady Diana dibawa menuju Westminster Abbey. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Diana Frances Spencer dipanggil Lady Diana, janda Pangeran Charles–putra mahkota Kerajaan Inggris, meninggal dunia pada 31 Agustus 1997, setelah mobil yang ia tumpangi bersama kekasihnya, Dodi Al Fayed, kecelakaan di Terowongan Pont de L’alma, Paris, Prancis.

Masih banyak peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 31 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

1056

Ratu Bizantium, Theodora, meninggal dunia setelah mengalami sakit selama beberapa hari. Kematian Theodora sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Makedonia di Bizantium.

Ekspedisi Mudik 2024

1422

Raja Inggris Henry V meninggal dunia karena mengalami disentri atau radang usus. Henry V lantas digantikan putranya, Henry VI, yang masih berusia sembilan bulan.

1795

Pasukan Inggris berhasil menguasai wilayah Trincomalee di Ceylon atau kini Srilanka yang dikuasai Belanda. Tak sampai setahun kemudian, seluruh wilayah Ceylon berhasil dikuasai Inggris.

Baca juga: Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun

1918

Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Gunung Saint-Quentin dekat Peronne Picardy, Prancis. Ini merupakan kemenangan pertama Australia selama terlibat dalam serangan 100 hari yang dilancarkan Sekutu sejak 8 Agustus.

1920

Pertempuran Komarow, salah satu pertempuran dalam Perang Polandia-Soviet Rusia, meletus di Komarow, dekat Zamosc, Polandia. Pertempuran tersebut beralangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan telak Polandia.

1941

Pasukan Chetnik, gerakan anti-Blok Poros di Serbia, mengalahkan pasukan Jerman yang menduduki Kota Loznica di Serbia. Atas kemenangan itu, pasukan Chetnik berhasil mengusir tentara Jerman dari wilayah Loznica.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 30 Agustus 2012, Penembakan Pos Polisi Singosaren Solo

1957

Pemerintah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Malaya, Pulau Pinang, dan Malaka yang tergabung dalam Federasi Malaya. Sebelum memberikan kemerdekaan itu, Inggris telah menguasai wilayah Malaya sejak 1824.

1982

Jose Manuel Reina Paez lahir di Madrid, Spanyol. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berposisi sebagai penjagga gawang dengan panggilan Pepe Reina. Kini, ia membela salah satu klub di Italia, Napoli, sejak 2015.

1997

Diana Frances Spencer, janda Pangeran Charles–putra mahkota Kerajaan Inggris, meninggal dunia pada usia 36 tahun setelah mobil yang ia tumpangi bersama kekasihnya, Dodi Al Fayed, mengalami kecelakaan di Terowongan Pont de L’alma, Paris, Prancis.

Baca juga: Kematian The Man of the Hole dan Ancaman Nyata Kepunahan Suku Asli Hutan Amazon

2005



Kericuhan terjadi di Jembatan Al-Aaimmah, Bagdad, Irak menewaskan 953 orang saat ribuan jemaah Syiah melewati jembatan tersebut untuk berziarah. Keributan bermula saat seorang peziarah memancing kepanikan ribuan orang dengan menuding salah seorang lainnya sedang membawa bom.

2008

Badai Gustav pada 31 Agustus telah mengakibatkan kerusakan dan kematian 59 orang di Haiti, 8 orang di Republik Dominika dan 11 orang meninggal di Jamaika. Badai Gustav mulai terbentuk pada 25 Agustus 2008.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya