Sejarah Hari Ini : 30 September 2009, Gempa 7,6 SR Guncang Sumbar

Beragam peristiwa bersejarah terjadi pada tangal 30 September baik di Indonesia maupun negara-negara lain di dunia.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 30 September 2009, Gempa 7,6 SR Guncang Sumbar
SOLOPOS.COM - Salah satu gedung pemerintah di Padang, Sumatra Barat, ambruk akibat gempa pada 30 September 2009. (AusAID via wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Bencana gempa bumi dengan kekuatan 7,6 Skala Richter (SR) terjadi di lepas pantai Sumatra Barat (Sumbar) pada tanggal 30 September 2009 pukul 17:16:10 WIB. Titik gempa berpusat di lepas pantai Sumatra, sekitar 50 km barat laut Kota Padang.

Gempa bumi dahsyat di tanggal 30 September itu menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatra Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Peristiwa gempa di Sumbar itu meruakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 30 September. Menurut data Satkorlak PB, gempa Sumbar mengakibatkan sebanyak 1.117 orang meninggal dunia, luka berat mencapai 1.214 orang, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rumah rusak sedang, & 78.604 rumah rusak ringan.

Selain bencana gempa di Sumbar, masih banyak kejadian bersejarah pada 30 September yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 30 September, seperti dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com, dan Wikipedia.org berikut ini:

737

Pasukan Kekhalifahan Umayyah pimpinan Asad bin Abdallah Al-Qasri menginvasi wilayah kekuasaan Suku Turgesh di dekat Sungai Oxus, sebelah utara Afganistan. Invasi itu memicu pertempuran yang disebut dengan Pertempuran Bagasi lantaran pasukan Suku Tugesh berhasil menyerang kereta bagasi milik pasukan Umayyah. Pertempuran tersebut akhirnya dimenangi pasukan Suku Turgesh.

1399

Raja Richard II dari Inggris turun takhta

Baca juga: Abaikan Dunia, Korut Nekat Uji Coba Rudal Hipersonik Baru

1541

Penakluk asal Spanyol, Hernando de Soto, dan pasukannya menjadi orang-orang Eropa pertama yang memasuki wilayah pedalaman Amerika di Tula yang kini dikenal sebagai Arkansas di Amerika Serikat (AS). Dalam perjalanannya di Arkansas, Hernando de Soto bersama pasukannya mendapatkan perlawanan dari orang-orang pribumi. Meski demikian, berhasil menaklukkan Arkansas beberapa hari kemudian.

1744

Pasukan Kerajaan Prancis bersama pasukan Kerajaan Spanyol berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Sardinia dalam Pertempuran Madonna Dell’olmo di Cuneo, Piedmont atau kini Italia. Meski menang, dalam salah satu pertempuran di masa Perang Seksesi Austria itu, pasukan Spanyol dan Prancis jusrtu memilih mundur dari Piedmont. Mundurnya pasukan Spanyol dan Prancis itu disebabkan dengan sudah datangnya musim dingin dan dikhawatirkan justru membuat para tentara terjebak dan tak mampu kembali pulang.

1868

Ratu Spanyol Isabella digulingkan, kemudian dia melarikan diri ke Prancis.

1951

Komedian Dono yang bernama asli Wahyu Sardono lahir di Solo, Jawa Tengah (Jateng). Dono merupakan anggota Warkop bersama Kasino dan Indro. Selain menjadi komedian populer, Dono juga merupakan dosen di Universitas Indonesia. Pelawak legendaris tersebut meninggal dunia di Jakarta pada 30 Desember 2001 akibat kanker paru-paru.

1965

Enam jenderal militer senior Republik Indonesia dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta yang dituduhkan kepada para pengawal istana yang dianggap loyal kepada Partai Komunis Indonesia (PKI) dan pada saat itu dipimpin oleh Letkol Untung. Peristiwa itu berlangsung hingga 1 Oktober dini hari. Kini, peristiwa yang menjadi kontroversi di beberapa kalangan itu dikenang dengan sebutan Gerakan 30 September (G30S) atau Gerakan September Tiga Puluh (Gestapu).

Baca juga: Deretan Lokasi Pembantaian PKI di Solo, Nomor 3 Baru Tahu?

1966

Salah satu protektorat Britania Raya, Bechuanaland, mendeklarasikan kemerdekaannya. Nama negara tersebut lantas diubah menjadi Republik Botswana. Sebelumnya, Botswana telah dikuasai Inggris sejak 1700-an.

1980

Pasukan Iran mulai mengebom kilang minyak di Bagdad, Irak, melalui serangan udara. Serangan itu merupakan balasan terhadap Irak yang sebelumnya telah menyerang kilang minyak milik Iran di Teluk Persia.

1981

Sandra Day O’Connor menjadi hakim wanita pertama Mahkamah Agung Amerika Serikat dalam sejarah ketika dia dilantik oleh Ketua Hakim Warren Burger.

1986

Olivier Giroud lahir di Chambery, Prancis. Namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola dengan kemampuannya menyundul bola.

1993

Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang Negara Bagian Maharashtra, India. Akibat bencana alam itu, 9.748 orang tewas dan sedikitnya 30.000 lainnya mengalami luka-luka.

Baca juga: FBI Sebut Kasus pembunuhan di AS Naik 30 Persen Saat Pandemi

2009

Bencana gempa bumi dengan kekuatan 7,6 Skala Richter (SR) terjadi di lepas pantai Sumatra Barat (Sumbar) pada tanggal 30 September 2009 pukul 17:16:10 WIB. Titik gempa berpusat di lepas pantai Sumatra, sekitar 50 km barat laut Kota Padang. Peringatan tsunami sempat dikeluarkan namun segera dicabut dan terdapat laporan kerusakan rumah maupun kebakaran.

Menurut data Satkorlak PB, gempa Sumbar mengakibatkan sebanyak 1.117 orang meninggal dunia, luka berat mencapai 1.214 orang, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rumah rusak sedang, & 78.604 rumah rusak ringan.

2009

Guy Laliberte, seorang miliarder Kanada, menjadi badut pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa sebagai bagian dari program wisata luar angkasa. Tidak seperti turis luar angkasa sebelumnya, Laliberte menyatakan minatnya pada perjalanan luar angkasa tidak ilmiah tetapi artistik.

2013

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengusir tiga diplomat Amerika Serikat, memberi mereka waktu dua hari untuk meninggalkan negara itu. Dia menuduh mereka mencoba menyabotase ekonomi negara dan merupakan bagian dari pemadaman listrik. Kedutaan AS membantah terlibat dalam dugaan sabotase.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago