SOLOPOS.COM - TV Analog bisa menerima siaran TV Digital dengan memasang perangkat Set Top Box (STB). (Siarandigital.kominfo.go.id)

Solopos.com, SOLO — 30 April 2022 merupakan hari terakhir siaran televisi TV Analog di 38 dari 119 kabupaten dan kota di Pulai Jawa. Pemerintah mulai menghentikan siaran TV Analog secara bertahap dimulai tahap pertama 30 April tahun ini.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 30 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1492

Pemerintah Kerajaan Spanyol bersepakat untuk mendanai pelayaran Christopher Colombus. Kemudian dalam pelayaran itu, Colombus mengarungi Samudera Atlantik dari Eropa untuk menuju daratan barat yang kini disebut Benua Amerika.

1789

Pada 30 April 1789 George Washington secara resmi dilantik menjadi presiden pertama Amerika Serikat (AS). Washington menjabat sebagai presiden AS selama dua periode hingga 1797.

1900

Hawaii secara resmi menjadi kawasan milik Amerika Serikat (AS). Sanford B. Dole menjadi gubernur pertama Hawaii di bawah pemerintahan AS.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 29 April 2011 Pangeran William Nikahi Middleton

1938

Untuk kali pertama, pertandingan sepak bola di Inggris ditayangkan di televisi pada 30 April. Pertandingan tersebut adalah laga final dalam ajang Piala FA yang mempertemukan Preston North End dan Huddersfield Town di Stadion Wembley, London.

jerman menguasai norwegia
Tentara Jerman menyerang desa di Norwegia, April 1940. (Wikipedia.org)

1940

Jerman mengklaim telah menguasai seluruh wilayah Norwegia. Selain itu, Jerman juga menyatakan telah menangkap sejumlah tentara Inggris sebagai tawanan perang.

1945

Pasukan Uni Soviet mengibarkan bendera kemenangan di Gedung Reichstag, Berlin, Jerman pada 30 April. Ini sebagai tanda kemenangan Uni Soviet bersama Sekutu dalam Perang Dunia II.

1966

Gereja Setan didirikan di San Fransisco, California, pada malam Walpurgis 30 April 1966 oleh Anton Szandor LaVey. Kemudian Anton LaVey menjadi Pendeta Tinggi gereja ini sampai kematiannya pada tahun 1997

Baca juga: Presiden Ukraina Minta Bantuan Senjata Indonesia, Ini Jawaban Jokowi

1975

Pasukan Vietnam Utara berhasil menduduki Kota Saigon dan merebutnya dari tentara Vietnam Selatan. Saat itu, Presiden Vietnam Selatan Duong Van Minh menyerah tanpa syarat kepada Vietnam Utara sekaligus mengakhiri Perang Vietnam.

Ratu Belanda, Juliana. (Reuters)
Ratu Belanda, Juliana. (Reuters)

1980

Ratu Belanda, Juliana, menyerahkan takhta kerajaan kepada putrinya, Beatrix. Setelah memangku takhta selama 33 tahun, Beatrix menyerahkan kekuasaannya kepada putranya, Willem-Alexander, pada 30 April 2013.

1981

John Francis O’Shea lahir di Waterford, Irlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput bersama Manchester United selama 13 tahun.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 28 April 2008 Tabrakan Dua KA di China 71 Meninggal



2009

Tujuh orang tewas dan 17 lainnya cedera saat perayaan Hari Ratu di Apeldoorn, Belanda, dalam upaya percobaan pembunuhan terhadap Ratu Beatrix. Hari Ratu diadakan untuk merayakan ulang tahun Ratu Belanda.

2015

Setelah sekitar 11 tahun sejak diluncurkan 3 Agustus 2004, misi MESSENGER berakhir pada 30 April 2015, ketika wahana ini menghabiskan bahan bakar terakhirnya, mengalami peluruhan orbit dan menjatuhkan diri di permukaan Merkurius.

2022

30 April 2022 merupakan hari terakhir siaran televisi TV Analog di 38 dari 119 kabupaten dan kota di Pulai Jawa. Pemerintah mulai menghentikan siaran TV Analog secara bertahap dimulai tahap pertama 30 April tahun ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya