Sejarah Hari Ini: 30 April 1789, AS Punya Presiden
Solopos.com|news

Sejarah Hari Ini: 30 April 1789, AS Punya Presiden

Beragam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 30 April.

Solopos.com, SOLO — Pada 30 April 1789 George Washington secara resmi dilantik menjadi presiden pertama Amerika Serikat (AS). Kemudian Washington menjabat sebagai presiden AS selama dua periode hingga 1797 didampingi John Adams sebagai wakil presiden.

George Washington dilantik menjadi Presiden pertama Amerika Serikat merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 30 April.

Selain pelantikan George Washington sebagai Presiden AS, masih banyak peristiwa bersejarah pada 30 April yang terangkum pada Sejarah Hari Ini, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1492

Pemerintah Kerajaan Spanyol bersepakat untuk mendanai pelayaran yang akan dilakukan Christopher Colombus. Kemudian dalam pelayaran yang didanai Kerajaan Spanyol itu, Colombus mengarungi Samudera Atlantik dari Eropa untuk menuju daratan barat yang kini disebut Benua Amerika.

1789

Pada 30 April 1789 George Washington secara resmi dilantik menjadi presiden pertama Amerika Serikat (AS). Washington menjabat sebagai presiden AS selama dua periode hingga 1797 dan didampingi John Adams sebagai wakil presiden. Dalam pidato perpisahannya pada 1797, ia menyerukan kepada rakyat AS agar meninggalkan rasa kepartaian dan rasa kedaerahan yang berlebih-lebihan.

1900

Hawaii secara resmi menjadi kawasan milik Amerika Serikat (AS). Sanford B. Dole menjadi gubernur pertama Hawaii di bawah pemerintahan AS.

1938

Untuk kali pertama, pertandingan sepak bola di Inggris ditayangkan di televisi pada 30 April. Pertandingan tersebut adalah laga final dalam ajang Piala FA yang mempertemukan Preston North End dan Huddersfield Town di Stadion Wembley, London. Dalam pertandingan itu, Preston North End keluar sebagai juara Piala FA setelah mengalahkan Huddersfield Town dengan skor 1-0.

jerman menguasai norwegia
Tentara Jerman menyerang desa di Norwegia, April 1940. (Wikipedia.org)

1940

Jerman mengklaim telah menguasai seluruh wilayah Norwegia. Selain itu, Jerman juga menyatakan telah menangkap sejumlah tentara Inggris sebagai tawanan perang.

1945

Pasukan Uni Soviet mengibarkan bendera kemenangan di Gedung Reichstag, Berlin, Jerman pada 30 April. Ini sebagai tanda kemenangan Uni Soviet bersama Sekutu dalam Perang Dunia II.  Namun, banyak kalangan meyakini pemimpin Jerman, Adolf Hitler, dan istrinya, Eva Braun, bunuh diri di Furherbanker setelah Sekutu mengklaim kemenangan mereka.

1966

Gereja Setan didirikan di San Fransisco, California, pada malam Walpurgis 30 April 1966 oleh Anton Szandor LaVey. Kemudian Anton LaVey menjadi Pendeta Tinggi gereja ini sampai kematiannya pada tahun 1997

1975

Pasukan Vietnam Utara berhasil menduduki Kota Saigon dan merebutnya dari tentara Vietnam Selatan. Saat itu, Presiden Vietnam Selatan Duong Van Minh menyerah tanpa syarat kepada Vietnam Utara yang sekaligus mengakhiri Perang Vietnam.

Ratu Belanda, Juliana. (Reuters)
Ratu Belanda, Juliana. (Reuters)

1980

Ratu Belanda, Juliana, menyerahkan takhta kerajaan kepada putrinya, Beatrix. Setelah memangku takhta selama 33 tahun, Beatrik menyerahkan kekuasaannya kepada putranya, Willem-Alexander, pada 30 April 2013.

1981

John Francis O’Shea lahir di Waterford, Irlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput bersama Manchester United selama 13 tahun. Kini, O’Shea masih aktif di dunia sepak bola profesional dengan membela Sunderland.

1992

Marc Andre Ter Stegen lahir di Monchengladbach, Jerman pada 30 April. Kini, Ter Stegen dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang memiliki posisi sebagai penjaga gawang. Ia kini membela sebuah klub raksasa di Spanyol, yakni Barcelona.

2009

Tujuh orang tewas dan 17 lainnya cedera saat perayaan Hari Ratu di Apeldoorn, Belanda, dalam upaya percobaan pembunuhan terhadap Ratu Beatrix. Hari Ratu diadakan untuk merayakan ulang tahun Ratu Belanda, dan diharapkan menjadi hari persatuan nasional dan “kebersamaan”.

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago