Sejarah Hari Ini : 3 November 1982, Terowongan Salang Terbakar

Kebakaran Terowongan Salang di Afghanistan merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 3 November dan terangkum dalam Sejarah Hari Ini.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 3 November 1982, Terowongan Salang Terbakar
SOLOPOS.COM - Pintu masuk Terowongan Salang, Afghanistan. (wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Terowongan Salang yang menghubungkan Afganistan bagian utara dan Afganistan bagian selatan di Pegunungan Hindu Kush terbakar pada 3 November 1982. Kebakaran di terowongan padat lalu lintas yang panjangnya mencapai 2,67 kilometer itu menewaskan sekitar 2.000 orang.

Rincian mengenai kebakaran ini tidak pasti, namun beberapa pihak menduga sebab kebakaran di terowongan Salang itu berkaitan dengan konvoi pasukan Uni Soviet menuju Aganistan bagian selatan melalui terowongan tersebut. Insiden itu kemungkinan menjadi kecelakaan lalu lintas paling mematikan di dunia sekaligus salah satu kebakaran paling mematikan di zaman modern.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Peristiwa kebakaran di terowongan Salang Afghanistan itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari ke-307—hari ke-308 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 3 November.

Baca juga: Kematian Akibat Covid-19 di Dunia Tembus 5 Juta Jiwa, AS Tertinggi

Selain kebakaran terowongan Salang, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 3 November.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain kebakaran Salang tunnel, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 3 November:

1468

Wilayah Keuskupan Liege dibumihanguskan pasukan Burgundy pimpinan Charles I karena dianggap menentang peraturan yang diterapkan pihak Burgundy. Kini, Liege menjadi wilayah yang masuk dalam kekuasaan Belgia.

1812

Pasukan Rusia yang berjumlah 26.000 tentara bertempur melawan pasukan Prancis dengan jumlah 37.000 tentara di Vyazma, Rusia. Pertempuran yang dipicu upaya Rusia mengusir tentara Prancis dari Vyazma itu berakhir dengan kemenangan Rusia. Pasukan Prancis kehilangan sekitar 4.000 tentaranya yang tewas, sedangkan jumlah tentara Rusia yang tewas hanya sekitar 1.800.

1918

Sekitar 40.000 pelaut menduduki pelabuhan di Kiel, Jerman dan memicu Revolusi Jerman untuk menggulingkan Kekaisaran Jerman. Revolusi tersebut lantas berlangsung hingga 11 Agustus 1919 dan berakhir dengan runtuhnya Kekaisaran Jerman yang digantikan dengan Republik Weimar.

Baca juga: Ingatkan Bencana Perubahan Iklim, Sekjen PBB: Lingkungan Bukan Toilet!

1935

Georgios II kembali naik takhta menjadi raja Yunani setelah sempat digulingkan dan mengasingkan diri ke Rumania sejak 1924. Sebelumnya, ia yang sudah memangku takhta sejak 27 September 1922 hingga digulingkan pada 25 Maret 1924 dan Kerajaan Yunani digantikan dengan Republik Hellenik Kedua. Setelah kembali berhasil menjadi Raja Yunani, Georgios II memimpin negara tersebut hingga akhir hayatnya pada 1 April 1947.

1945

Gerhard Muller lahir di Nordlingen, Jerman. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang berposisi sebagai striker. Muller hingga kini masih tercatat sebagai salah satu striker terproduktif di Liga Jerman sepanjang masa. Bersama Bayern Munchen, Muller telah mencetak 398 gol dari 453 penampilannya di Liga Jerman. Muller pensiun dari dunia sepak bola 1981 silam.

1950

Pertempuran antara Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) dengan pasukan Republik Maluku Selatan (RMS) meletus di dekat Benteng Victoria, Ambon. Dalam pertempuran tersebut, pimpinan pasukan APRIS Letnan Kolonel Slamet Riyadi gugur namun pasukannya berhasil merebut Benteng Victoria sekaligus seluruh Kota Ambon dari pasukan RMS.

1954

Film Gojira dirilis di Jepang dengan tokoh utama berupa monster fiksi bernama Godzilla atau Gojira. Monster tersebut lantas digunakan sebagai tokoh utama di beberapa film Godzilla versi bahasa Inggris.

Baca juga: Negara-Negara Besar Berkomitmen Mengakhiri Penyebab Emisi CO2

1957

Seekor anjing untuk kali pertama diluncurkan ke orbit bumi. Anjing itu dikirm ke orbit bumi menggunakan Sputnik 2, pesawat ruang angkasa milik Rusia. Anjing yang diluncurkan itu menjadi hewan hidup pertama yang memasuki orbit Bumi.

1967

Pertempuran antara pasukan Vietnam Selatan dan Vietnam Utara meletus di Dak To, Kon Tum, Vietnam. Salah satu pertempuran di masa Perang Vietnam itu menimbulkan kerugian cukup besar bagi kubu Vietnam Utara yang kehilangan lebih dari 1.000 tentaranya, sedangkan Vietnam Selatan hanya kehilangan sekitar 500 tentaranya.

1982

Terowongan Salang yang menghubungkan Afganistan bagian utara dan Afganistan bagian selatan di Pegunungan Hindu Kush terbakar. Kebakaran yang terjadi di terowongan padat lalu lintas itu menewaskan sekitar 2.000 orang. Beberapa pihak menduga sebab kebakaran itu berkaitan dengan pasukan Uni Soviet yang menuju Aganistan bagian selatan melalui terowongan tersebut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago