SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan kobaran api akibat bom yang meledak di Karachi, Pakistan, pada Minggu 3 Maret 2013. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Sebuah bom meledak di kawasan Karachi, Pakistan yang kebanyakan warganya adalah kaum Syiah pada 3 Maret 2013. Kemudian akibat serangan bom itu menewaskan 45 orang dan melukai sedikitnya 180 orang.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-62 sesuai sistem Kelender Gregorian, 3 Maret.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 3 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1847

Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Dia lahir di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya, 3 Maret 1847. Namun, selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil.

1918

Rusia menandatangani Perjanjian Brest-Litovsk di Polandia dengan negara anggota Blok Sentral, yakni Jerman, Austria, Bulgaria, dan Kekaisaran Ottoman. dengan perjanjian itu mengakhiri keterlibatan Rusia dalam Perang Dunia I, bahkan berujung pada kemerdekaan Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania dan Polandia dari Rusia.

1923

Edisi pertama TIME diterbitkan pada 3 Maret 1923, dengan Joseph G. Cannon, anggota DPR AS di sampulnya. TIME terbit lebih awal dari pesaing-pesaingnya, sekaligus menciptakan format majalah berita mingguan. Majalah Time didirikan oleh Briton Hadden dan Henry Luce. Bahkan diketahui keduanya pernah bekerja sama semasa di Yale, menjadi editor dan ketua Yale Daily.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 2 Maret 2020 Kasus Pertama Covid-19 di Indonesia

1931

Setelah lebih dari satu abad dibuat, lirik puisi berjudul The Star-Spangled Banner karya Francis Scott Key ditetapkan sebagai lirik dari Lagu Kebangsaan Amerika Serikat (AS) dengan judul yang sama. Puisi itu ditulis Key saat pasukan AS di Maryland dengan sekuat tenaga mempertahankan bendera AS agar tetap berdiri dari serangan Inggris.

1942

Sepuluh pesawat tempur Jepang menyerang wilayah Broome, Australia Barat yang diduduki pasukan sekutu pada 3 Maret. Bahkan serangan itu menyebabkan lebih dari 100 prajurit sekutu tewas.

1945

Pasukan Filipina yang dibantu tentara Amerika Serikat (AS) berhasil merebut Kota Manila dari Jepang. Namun, sebelumnya rangkaian pertempuran sengit terjadi demi memperebutkan kota tersebut.

Baca juga: 24 WNI di Ukraina Bertahan di Tengah Invasi Rusia, Ini Alasannya

Mahatma Gandhi. (Sbs.com)
Mahatma Gandhi. (Sbs.com)

1939

Mahatma Gandhi melakukan aksi protes kepada pemerintahan Inggris di India dengan berpuasa pada 3 Maret. Bahkan aksi ini adalah awal seruannya untuk mengusir Inggris dari India.

1947

Peristiwa Tiga Maret adalah sebuah upaya pemberontakan terhadap pemerintahan Republik Indonesia di Sumatra Barat pada masa Revolusi Nasional Indonesia oleh para militan Islam. Namun, pemberontakan ini gagal dan para pemimpinnya ditangkap.

1952

Dampak Perang Dingin mulai menerpa dunia pendidikan di Amerika Serikat (AS). Bahkan Mahkamah Agung AS melarang kaum komunis mengajar di sekolah negeri di AS pada 3 Maret.

1972

Sumanto adalah seseorang yang dikenal karena kasus kanibalisme. Dia lahir di Desa Pelumutan, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada 3 Maret. Kemudian pada awal tahun 2003, namanya dikenal karena terlibat kasus pencurian mayat dan memakannya. Aksinya ini dilakukan karena dia percaya akan memberi kekuatan batin supranatural.



1974

Pesawat penumpang Turkish Ailines jatuh di dekat Paris, Prancis dalam perjalanannya dari Turki menuju London, Inggris. Bahkan kecelakaan pesawat itu menewaskan semua penumpang berjumlah 345 orang.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 1 Maret 1954 Uji Coba Nuklir AS Provokasi Uni Soviet

Dampak gempa bumi di Valparaiso, Cile. (Wikipedia.org)
Dampak gempa bumi di Valparaiso, Cile. (Wikipedia.org)

1985

Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala Richter mengguncang kawasan Valparaiso, Cile pada 3 Maret. Sehingga bencana alam itu menewaskan 177 orang dan mengakibatkan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

2009

Sebanyak 12 orang menyerang bus berisi anggota Tim Nasional Kriket Sri Lanka yang akan berlaga di Stadion Gaddafi di Lahore, Pakistan. Bahkan dalam kejadian itu 6 anggota tim kriket, 6 polisi Pakistan, dan 6 warga lain tewas tertembak. Diduga serangan itu dilakukan kelompok separatis Macan Tamil.

2013

Sebuah bom meledak di kawasan Karachi, Pakistan yang kebanyakan warganya adalah kaum Syiah pada 3 Maret. Kemudian akibat serangan bom itu menewaskan 45 orang dan melukai sedikitnya 180 orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya