SOLOPOS.COM - Soekarno mengumumkan pengabungan TRI menjadi TNI. (Anri.go.id)

Solopos.com, SOLO — Presiden Soekarno pada 3 Juni 1947 meresmikan penggabungan Tentara Rakyat Indonesia (TRI) dengan milisi-milisi rakyat Indonesia. Gabungan itu kemudian dinamai Tentara Nasional Indonesia atau TNI yang namanya digunakan hingga kini.

Masih ada peristiwa bersejarah dunia lainnya yang layak dikenang pada 3 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

713

Kaisar Bizantium, Philippicus, digulingkan dan diasingkan oleh tentara pemberontak dari kawasan Thrace, dekat Turki. Philippicus juga dibuat buta. Ia kemudian digantikan sekretarisnya, Artemius, yang kemudian menyandang nama Anastasius II.

1621

Perusahaan Perdagangan Hindia Barat Belanda diberikan hak untuk memonopoli sebagian tanah Amerika yang lantas disebut sebagai New Netherland. Kini, kawasan New Netherland menjadi bagian dari New York, New Jersey, Delaware, dan Connecticut di Amerika Serikat (AS).

Ilustrasi Perang Opium I. (Wikimedia.org) perang opium
Ilustrasi Perang Opium I. (Wikimedia.org)

1839

Kaisar Dinasti Qing di Tiongkok, Lin Zexu, memberikan perintah kepada pasukannya untuk menghancurkan opium atau candu yang dikirim Inggris untuk dijual di Tiongkok. Peristiwa itu kemudian memicu terjadinya Perang Opium I atau Perang Candu I antara Inggris dan Tiongkok.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 2 Juni 1994 Gempa Bumi Banyuwangi

1940

Pasukan Jerman mula membombardir Kota Paris, Prancis. Sebagian besar warga sipil dan anak-anak sekolahan menjadi korban dari peristiwa tersebut. Pengeboman itu bertujuan agar Prancis tetap tunduk terhadap Jerman.

1942

Pasukan Jepang mengebom Pulau Unalaska di Alaska, Amerika Serikat (AS) dan memulai Operasi Kepulauan Aleutian. Operasi yang bertujuan untuk merebut Kepulauan Aleutian di kawasan Alaska dari tangan AS itu berakhir dengan kekalahan Jepang dari AS.

1943

Pasukan Uni Soviet menembak jatuh 162 pesawat tempur milik Jerman yang menyerang Kota Kursk, Rusia. Jerman menggunakan sedikitnya 500 pesawat tempur untuk melancarkan serangan selama 10 jam ke Kota Kursk.

Baca juga: Arkeolog di Mesir Temukan 150 Patung dan Harta Karun dalam 200 Peti

1947

Presiden Soekarno meresmikan penggabungan Tentara Rakyat Indonesia (TRI) dengan milisi-milisi rakyat Indonesia. Gabungan itu kemudian dinamai Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang namanya digunakan hingga kini.

1999

India dan Pakistan kembali berperang merebutkan wilayah distrik Kargil, Kashmir. Pihak India menuding tentara Pakistan telah melanggar wilayah perbatasan, sedangkan pihak Pakistan mengaku hanya ingin meredakan pemberontakan di Kargil.

2006

Montenegro menyatakan kemerdekaannya dan menjadi negara yang berdiri sendiri setelah sebelumnya merupakan bagian dari Uni Serbia-Montenegro. Dua hari berselang, Uni Serbia-Montenegro yang didirikan sejak 4 Februari 2003 dinyatakan bubar.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 1 Juni 1945 Hari Lahir Pancasila

2009

New Hampshire menjadi negara bagian ke-6 di Amerika Serikat (AS) yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Gubernur New Hampshire, John Lynch, menandatangani undang-undang yang melegalkan pernikahan sesama jenis itu setelah mendapatkan dukungan dari warga.



2016

Luis Jaime Salom Horrach adalah seorang pembalap Grand Prix Sepeda Motor asal Spanyol. Salom meninggal dunia pada 3 Juni 2016 setelah kecelakaan fatal latihan bebas kedua kelas Moto2 di Circuit de Barcelona-Catalunya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya