Sejarah Hari Ini: 29 Desember 1997, 1,25 Juta Ayam di Hong Kong Dibunuh

Beragam peristiwa bersejarah terjadi pada 29 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya pemusnahan massal ayam di Hong Kong untuk antisipasi penyebaran flu burung.
SHARE
Sejarah Hari Ini: 29 Desember 1997, 1,25 Juta Ayam di Hong Kong Dibunuh
SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanganan flu burung. (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO — Pada 29 Desember 1997, sebanyak 1,25 juta ayam di Hong Kong dimusnahkan. Tindakan yang dianjurkan pemerintah setempat itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus flu burung yang mematikan dan dapat menular ke manusia.

Peristiwa pemusnahan massal ayam di Hong Kong itu merupakan salah satu peristiwa penting pada 29 Desember, hari ke-363 (hari ke-364 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian atau 2 hari menjelang akhir tahun.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Berikut rangkuman Sejarah Hari Ini, 29 Desember, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1503

Pasukan Spanyol berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam pertempuran di Gaeta, Italia. Prancis yang kalah kemudian meninggalkan wilayah Gaeta dan menyerahkan kekuasaannya di wilayah tersebut kepada Spanyol.

Baca juga: Sejarah Hari Ini : 20 Desember 1989, Amerika Serikat Invasi Panama

1508

Pasukan Portugal di bawah pimpinan Francisco de Almeida menyerang wilayah Khambhat, Gujarat, India. Serangan itu memicu pertempuran di Dabul atau kini Dabhol, India dengan pasukan Kesultanan Bijapur. Pertempuran itu berhasil dimenangi pasukan Portugal yang mengerahkan 19 kapal dan sekitar 1.900 tentaranya.

Sketsa karya Letnan Buchanan yang menggambarkan USS Constitution menangkap HMS Java. (Wikimedia.org)
Sketsa karya Letnan Buchanan yang menggambarkan USS Constitution menangkap HMS Java. (Wikimedia.org)

1812

Pertempuran antara kapal USS Constitution milik Amerika Serikat (AS) dan kapal HMS Java milik Inggris meletus di perairan dekat Brasil. Salah satu pertempuran di masa Perang Tahun 1812 itu berlangsung sekitar tiga jam dan berhasil dimenangi pasukan AS. Kapal HMS Java milik Inggris lantas disita dan awak kapalnya ditangkap.

1911

Mongolia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Dinasti Qing. Sebelumnya, wilayah Mongolia telah dikuasai Dinasti Qing sejak 1635. Di hari yang sama, Bogd Khan ditetapkan sebagai pemimpin di Mongolia.

1937

Perjanjian yang mengakui kemerdekaan Irlandia ditandatangani oleh pemimpin Irlandia Selatan dan pemerintah Inggris. Namun dengan alasan tengah berlangsungnya Perang Dunia II, Inggris melanggar isi perjanjian tersebut. Setelah Perang Dunia II berakhir, Irlandia secara resmi mengumumkan kemerdekaannya dari Inggris pada 1949.

Baca juga: Sejarah Hari Ini : 21 Desember 1913, TTS Pertama Diterbitkan

Pasukan Angkatan Udara Jerman untuk kali kedua mulai membombardir Kota London, Inggris. Serangan itu berlangsung selama dua hari dan menyebabkan kebakaran besar. Sedikitnya 160 orang yang kebanyakan warga sipil tewas akibat serangan tersebut.

1975

Serangan bom mendera Bandara La Guardia di New York, Amerika Serikat (AS). Serangan itu menewaskan 11 orang dan melukai 74 lainnya. Hingga kini, pelaku serangan bom tersebut belum diketahui secara pasti.

1997

Sebanyak 1,25 juta ayam di Hong Kong dimusnahkan. Tindakan yang dianjurkan pemerintah setempat itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus flu burung yang mematikan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sejumlah kasus flu burung pada manusia. Manusia dapat terinfeksi virus influenza A subtipe H5N1, H7N9, dan H9N2. Infeksi flu burung pada manusia kali pertama ditemukan di Hong Kong pada tahun 1997 dengan jumlah kasus 18 orang dan 6 di antaranya meninggal dunia

ersa siregar
Ersa Siregar the.honoluluadvertiser.com via wikipedia)

2003

Wartawan dari salah satu stasiun televisi swasta yang ditawan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Ersa Siregar, tewas tertembak dalam kontak senjata antara pasukan GAM dan TNI di Desa Alue Matang Aron, Kabupaten Aceh Timur, Aceh. Sebelumnya, Ersa dan juru kamera Ferry Santoro dilaporkan hilang di Kuala Langsa, Aceh Timur. Berbeda dengan Ersa, Ferry lebih beruntung karena bisa selamat dari cengkeraman GAM.

Baca juga: Sejarah Hari Ini : 27 Desember 1949, Republik Indonesia Serikat Lahir

2013

Serangan bom bunuh diri mendera stasiun di Volgograd, Rusia menewaskan 18 orang. Sehari kemudian, serangan yang sama terjadi di dalam bus di wilayah yang sama dan menewaskan 16 orang. Kelompok Shariat Jamaat dan Emirat Kaukasus dituding sebagai otak di balik serangan tersebut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago