SOLOPOS.COM - Lukisan yang menggambarkan perjanjian Nanking antara Kerajaan Inggris dan Kerajaan Dinasti Qing untuk mengakhiri perang opium I. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 29 Agustus 1842, Kerajaan Inggris dan Kerajaan Dinasti Qing menandatangani Perjanjian Nanking di Nanking atau kini Nanjing, Tiongkok. Perjanjian mengakhiri Perang Opium I

Masih banyak peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 29 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1315

Pasukan Republik Pisa di bawah pimpinan Uguccione Della Faggiuola berhasil mengalahkan pasukan gabungan Republik Florensia dan Kerajaan Napoli yang dipimpin Philip I dalam Pertempuran Montecatini di Montecatini Terme, Val di Nievole.

1350

Pertempuran antara Angkatan Laut Inggris dan Angkatan Laut Kastilia meletus di perairan Winchelsea, Inggris. Pertempuran tersebut berakhir dengan kemenangan Angkatan Laut Inggris. Angkatan Laut Kastilia kehilangan 26 kapal, sedangkan Inggris hanya kehilangan dua kapal.

1526

Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan gabungan Kerajaan Hungaria, Kerajaan Bohemia, Kekaisaran Romawi Suci, dan Kerajaan Polandia dalam Pertempuran Mohacs di Mohacs, Baranya, sebelah selatan Budapest, Hungaria.

Baca juga: Presidensi G20 Momentum Kenalkan Keanekaragaman Budaya Indonesia ke Dunia

1825

Portugal secara resmi mengakui kemerdekaan Brasil yang dideklarasikan pada 7 September 1822. Sebelumnya, Portugis telah menjajah Brasil sejak 1494.

1842

Kerajaan Inggris dan Kerajaan Dinasti Qing menandatangani Perjanjian Nanking di Nanking atau kini Nanjing, Tiongkok. Perjanjian mengakhiri Perang Opium I yang berlangsung sejak 1839 dan Dinasti Qing harus merelakan wilayah Hong Kong menjadi milik Inggris.

1928

Sekitar 100.000 orang di Haiti mengalami kelaparan setelah badai besar menerjang negara tersebut. Badai yang menerjang Haiti dan menyebabkan kelaparan itu berlangsung dari selama 10 hari.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 28 Agustus 1990, Irak Picu Perang Teluk

1941

Pasukan Jerman berhasil merebut ibu kota Estonia, Tallinn, dari pasukan Uni Soviet. Jerman lantas menguasai kota tersebut hingga 1944. Setelah lepas dari cengkeraman Jerman, Estonia kembali dikuasai Uni Soviet.

1943

Jerman secara resmi memiliki kontrol penuh atas Denmark dan berlangsung hingga akhir Perang Dunia II. Selama dikuasai Jerman, kebanyakan institusi pemerintahan Denmark terus berfungsi secara normal.

1949

Untuk kali pertama, Uni Soviet melakukan uji coba terhadap bom nuklir dengan meledakkannya di Semipalatinsk, Kazakstan. Bom nuklir itu dinamai RDS-1 atau juga disebut sebagai First Lightning.

Baca juga: Putri Candrawathi Ungkap Kronologi Peristiwa di Magelang

1958



Michael Joseph Jackson lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai penyanyi yang menyandang gelar King of Pop atau Raja Pop. Pada 2009, Michael Jackson meninggal dunia di Los Angeles, California.

1981

PT Industri Kereta Api (Persero) disingkat: PT INKA atau PT Inka adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang berdiri pada 18 Mei 1981 dan mulai beroperasi pada 29 Agustus 1981.

2008

Netflix, Inc. adalah salah satu penyedia layanan pengaliran (streaming) media digital, berkantor pusat di Los Gatos, California. yang didirikan pada 29 Agustus 2008 oleh Reed Hasting dan Marc Randolph di Scotts Valley, California.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya