Sejarah Hari Ini : 28 Oktober 1928, Ikrar Sumpah Pemuda Berkumandang

Deklarasi Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting yang terjadi pada 28 Oktober dan terangkum dalam Sejarah Hari Ini.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 28 Oktober 1928, Ikrar Sumpah Pemuda Berkumandang
SOLOPOS.COM - Lukisan di Jakarta pada 1985 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. (Nationaal Museum van Wereldculturen via wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Pada hari ke-2 Kongres Pemuda II di Jakarta tanggal 28 Oktober 1928, dideklarasikan tiga keputusan yang di kemudian hari dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Keputusan tersebut menegaskan cita-cita akan Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda:

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Dihelat di Jakarta

Pendeklarasian keputusan Kongres Pemuda II atau dikenal sebagai Sumpah Pemuda merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-301—hari ke-302 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 28 Oktober.

Selain Sumpah Pemuda, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 28 Oktober.

Simak peristiwa bersejarah selain Sumpah Pemuda yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 28 Oktober:

312

Pasukan pimpinan Konstantinus I berhasil mengalahkan pasukan Maxentius dalam Pertempuran Jembatan Mlivian di Ponte Milvio, Roma. Pertempuran itu sekaligus mengakhirti dualisme kepemimpinan di Romawi Barat dan menjadikan Konstantinus I menjadi kaisar tunggal.

969

Pasukan Kekaisaran Bizantium berhasil merebut menara utama di Kota Antiokhia, Turki dari pasukan Dinasti Hamdanid. Atas kemenangan itu, pasukan Kekaisaran Bizantium berhasil mengiasari Antiokhia setelah mengepungnya sejak November 968.

Baca juga: Angka Kematian Covid-19 Melonjak, Rusia Lakukan Lockdown Parsial

1344

Pasukan Dinasti Aydinid gagal mempertahankan kawasan Smyrniote di Turki dari upaya perebutan yang dilakukan Tentara Salib. Tentara Salib lantas berkuasa di Smyrniote hingga 1402.

1516

Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Malmuk di Khan Yunis, Palestina. Dalam salah satu pertempuran pada masa Perang Ottoman-Malmuk itu, pemimpin pasukan Kesultanan  Malmuk Janbirdi Al-Ghazali terluka sehingga pasukannya harus mundur dari medan pertempuran.

1531

Pasukan Kesultanan Adal pimpinan Ahmad bin Ibrahim Al-Ghazi berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Etiopia yang dipimpin Dawit II di dekat Sungai Walaqa, Amhara, Etiopia. Atas kemenangan itu, pasukan Kesultanan Adal berhasil menguasai sebagian wilayah Etiopia di bagian selatan.

1890

Museum Radyapustaka didirikan di Surakarta atau Kota Solo. Museum ini didirikan pada masa pemerintahan Pakubuwono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV di dalem Kepatihan. Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pernah menjabat sebagai Patih Pakubuwono IX dan Pakubuwono X. Museum ini lalu dipindahkan ke lokasinya sekarang ini, Gedung Museum Radyapustaka di Jl Slamet Riyadi Solo, pada 1 Januari 1913. Museum Radya Pustaka memiliki koleksi yang terdiri dari berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit dan buku-buku kuno.

Baca juga: Penuh Liku, Kisah Cinta Putri Mako Jepang hingga Rela Tinggalkan Istana

1918

Cekoslowakia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kerajaan Austria-Hungaria yang telah menguasainya selama sekitar 300 tahun. Namun sejak 1993, negara tersebut terpecah menjadi dua, yakni Ceko dan Slowakia.

1924

Pemerintah Hindia Belanda mendirikan Rechtshoogeschool te Batavia atau Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta. Perguruan tinggi tersebut lantas ditutup dan tak pernah lagi dibuka sejak Jakarta diduduki Jepang pada 1942. Kini, gedung Rechtshoogeschool te Batavia dimanfaatkan sebagai Gedung Utama Kementerian Pertahanan.

1928

Pada hari ke-2 Kongres Pemuda II di Jakarta, tiga keputusan yang lantas dikenal dengan nama Sumpah Pemuda dideklarasikan. Selain itu, untuk kali pertama, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan khalayak. Kini, 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

1940

Pasukan Italia menyerang wilayah Yunani dan menyebabkan Perang Italia-Yunani yang berlangsung selama hampir enam bulan. Perang itu bermula saat Yunani menolak untuk menuruti ultimatum yang dilontarkan Italia. Pada ultimatum itu, Italia meminta Yunani menyerahkan seluruh wilayahnya.

1955

William Henry Gates III lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS). Pria yang akrab disapa Bill itu dikenal sebagai mantan CEO Microsoft yang kini menjabat sebagai ketua Microsoft. Gates pernah menempati peringkat pertama pada daftar orang terkaya versi Forbes sejak 1993 hingga tahun 2007. Kekayaan Gates pernah melewati angka 101 miliar dolar AS.

Baca juga: Kudeta Militer, Perdana Menteri Sudan Diculik ke Tempat Rahasia

2012

Kawasan Pantai Timur AS bersiap menghadapi Badai Sandy, yang menyebabkan kerusakan di seluruh Karibia dan mengakibatkan 67 kematian.

2014

Pahoa, sebuah kota berpenduduk sekitar 1.000 orang di Pulau Besar Hawaii, harus dikosongkan karena aliran lava yang mengalir dengan kecepatan 20 yard atau sekitar 18.2 meter per jam dari gunung berapi Kilauea. Palang Merah Hawaii membantu penduduk dengan menyediakan tempat penampungan sementara.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago