SOLOPOS.COM - Peta Timor Leste (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 28 November 1975, Timor Timur –kini Timor Leste– mendeklarasikan kemerdekaan dari penjajahan Portugal/Portugis yang telah menguasainya sejak abad ke-16. Sembilan hari kemudian, Indonesia melakukan invasi dan kemudian menganeksasi Timor Timur.

Timor Timur dinyatakan sebagai provinsi ke-27 oleh Indonesia pada tahun berikutnya. Timor Timur merdeka menjadi negara Timor Leste pada 20 Mei 2002 setelah referendum yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 1999 menghasilkan 78,5% pemilih memilih untuk memisahkan diri dari Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pendeklarasian kemerdekaan Timor Timur dari Portugal merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah pada 28 November, hari ke-332 (hari ke-333 di tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Baca juga: Varian Omicron Muncul di Afrika, Warga 8 Negara Dilarang Kunjungi AS

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 28 November yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, seperti dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

760

Kerajaan Kanjuruhan berdiri dan dijadikan Hari Jadi Kabupaten Malang. Kanjuruhan adalah sebuah kerajaan bercorak Hindu di Jawa Timur, yang pusatnya berada di dekat Kota Malang sekarang. Kanjuruhan diduga telah berdiri pada abad ke-8 Masehi, masih sezaman dengan Kerajaan Taruma di sekitar Bekasi dan Bogor sekarang. Bukti tertulis mengenai kerajaan ini adalah Prasasti Dinoyo. Rajanya yang terkenal adalah Gajayana. Peninggalan lainnya adalah Candi Badut dan Candi Karangbesuki.

1666

Pasukan Kerajaan Skotlandia berjumlah sekitar 3.000 tentara berhasil mengalahkan pasukan pemberontak yang hanya beranggotakan 900 orang dalam Pertempuran Rullion Green di Bukit Pentland, Lothian, Skotlandia. Pertempuran itu lantas menjadi peristiwa penting pada sejarah Skotlandia. Bahkan, sejak 2009 lalu, lokasi pertempuran tersebut dilindungi sebagai lokasi penelitian terkait Pertempuran Rullion Green.

1899

Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Afrika Selatan meletus di dekat Sungai Modder, Afrika Selatan. Pertempuran yang dipicu upaya pasukan Afrika Selatan mengusir pasukan Inggris itu berakhir dengan kemenangan Inggris. Kini, bentrok kedua pasukan tersebut dikenang dengan sebutan Pertempuran Sungai Modder.

Baca juga: Mukjizat, Regu Penolong Selamat dari Ledakan Tambang Terdahsyat

1912

Albania mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kesultanan Ottoman. Peristiwa itu tak lepas dari keberhasilan pemberontakan yang dilakukan orang-orang Albania sebelumnya serta mulai lemahnya kekuatan Kesultanan Ottoman mengontrol wilayah kekuasaannya.

1942

Kebakaran hebat melanda kelab malam Cocoanut Grove di Bay Village, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 492 orang. Dengan jumlah korban tewas yang banyak, kebakaran tersebut sempat menjadi berita utama di beberapa surat kabar di AS menggeser berita Perang Dunia II yang telah bertahun-tahun menjadi headline di beberapa surat kabar AS.

Presiden AS Franklin D. Roosevelt (kiri) dan PM Inggris, Winston Churcill. (Pinterest.com)
Presiden AS Franklin D. Roosevelt (kiri) dan PM Inggris, Winston Churcill. (Pinterest.com)

1943

Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, Pemimpin Uni Soviet Josef Stalin, serta Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt bertemu di Tehran, Iran. Pertemuan itu bertujuan untuk membahas strategi perang demi mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II dengan melemahkan persekutuan Blok Poros.

1960

Mauritania secara resmi meraih kemerdekaan penuh dari Prancis. Sebelumnya, negara yang terletak di bagian barat Afrika itu telah menjadi jajahan Prancis sejak awal 1900-an.

Baca juga: Sempat Hidup Lagi Setelah 7 Jam di Dalam Freezer, Pria India Meninggal

1975

Pada 28 November 1975, Timor Timur –kini Timor Leste– mendeklarasikan kemerdekaan dari penjajahan Portugal/Portugis yang telah menguasainya sejak abad ke-16. Sembilan hari kemudian, Indonesia melakukan invasi dan kemudian menganeksasi Timor Timur.

Timor Timur dinyatakan sebagai provinsi ke-27 oleh Indonesia pada tahun berikutnya. Pendudukan Indonesia di Timor Timur ditandai oleh konflik yang sangat keras selama beberapa dasawarsa antara kelompok separatis (khususnya Fretilin) dan militer Indonesia. Timor Timur secara resmi merdeka menjadi negara Timor Leste pada 20 Mei 2002 setelah referendum yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 1999 menghasilkan 78,5% pemilih memilih untuk memisahkan diri dari Indonesia.

1979

Pesawat Mc Donnell Douglas DC-10-30 yang dioperasikan maskapai penerbangan Air New Zeland menabrak Gunung Erebus di Antartika. Kecelakaan pesawat yang terbang dari Bandara Internasional Auckland, Selandia Baru, itu menewaskan seluruh 237 penumpang dan 20 awak pesawat. Penyebab kecelakaan itu masing simpang siur, namun banyak yang meyakini kecelakaan pesawat itu disebabkan kesalahan pilot dan alat navigasi.

Kapal USS Stark tak sengaja ditabrak pesawat perang Irak di masa Perang Irak-Iran. (Wikimedia.org)
Kapal USS Stark tak sengaja ditabrak pesawat perang Irak di masa Perang Irak-Iran. (Wikimedia.org)

1980

Pertempuran antar-angkatan laut antara Iran dan Irak meletus di perairan dekat Teluk Persia. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Iran-Irak yang berlangsung selama dua hari itu, pasukan Iran berhasil menang telak. Hari kemenangan itu lantas diperingati Iran sebagai Hari Angkatan Laut Iran.

1990

John Major menggantikan Margaret Thatcher sebagai Perdana Menteri Inggris. Sir John Major KG CH (lahir 29 Maret 1943) adalah politisi Britania Raya yang memimpin Partai Konservatif dari 1990 hingga 1997. John awalnya adalah Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan di Pemerintahan Margaret Thatcher dari 1989 hingga 1990, dan Anggota Parlemen (MP) untuk Huntingdon dari 1979 hingga pensiun pada 2001.

2002

Serangan teroris mendera kawasan Mombasa, Kenya. Teroris berhasil meledakkan diri di hotel milik pengusaha asal Israel di Mombasa, sementara serangan yang menyasar pesawat milik maskapai penerbangan asal Israel gagal dilancarkan. Akibatnya, 13 orang tewas dan sedikitnya 80 orang terluka dalam kejadian tersebut. Kelompok Al-Qaeda dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan tersebut.

2011

Sheikh Nasser al-Mohammad al-Sabah mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Kuwait setelah pengunjuk rasa menyerukan pemerintahannya meninggalkan kantor di tengah tuduhan suap. Pengunduran dirinya terjadi beberapa hari setelah pengunjuk rasa menyerbu parlemen menuntutnya untuk mengundurkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya