SOLOPOS.COM - Real Madrid merayakan kemenangan dalam final Liga Champions yang digelar pada 28 Mei 2016. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Real Madrid juara Liga Champions setelah mengalahkan Atletico Madrid 5-3 melalui adu pinalti dalam final yang digelar di stadion San Siro di Milan, Italia, pada 28 Mei 2016.

Masih banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 28 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1918

Armenia dan Azerbaijan menjadi negara pertama yang mendeklarasikan kemerdekaan mereka dari Kekaisaran Rusia. Dua negara tersebut lantas menjadi negara republik.

1937

Pertempuran udara terbesar selama Perang Saudara Spanyol terjadi di Kota Valencia dan Kota Santander. Baik pasukan Loyalis maupun pasukan Nasionalis saling serang menggunakan pesawat tempur dengan total 70 pesawat.

Logo VW
Logo VW (www.telematics.com)

1937

Perusahaan produsen mobil Volks Wagen (VW) didirikan di Berlin Jerman. Volks Wagen adalah bahasa Jerman yang memiliki arti Kendaraan Rakyat.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 Mei 2006, Gempa Bumi Guncang Jogja

1940

Pasukan Norwegia, Prancis, Polandia dan Inggris berhasil merebut kembali Kota Narvik di Norwegia dari pasukan Jerman. Peristiwa tersebut adalah kemenangan pertama Sekutu dalam Perang Dunia II.

1940

Pertempuran Belgia berakhir setelah pasukan Belgia menyerah kepada pasukan Jerman. Sebelumnya, pasukan Belgia mencoba bertahan selama 18 hari. Kemenangan Jerman tersebut sekaligus membuat wilayah Belgia menjadi milik Jerman.

1942

Tentara Jerman membunuh lebih dari 1.800 warga sipil di Cekoslowakia. Peristiwa itu dianggap sebagai pembalasan atas upaya warga yang mencoba membunuh petinggi militer Jerman, Reinhard Heydrich.

Baca juga: BREAKING NEWS: Muhammadiyah Berduka, Buya Syafii Maarif Wafat

Kylie Minogue
Kylie Minogue (Wikipedia.org)

1968

Kylie Ann Minogue, lahir pada 28 Mei 1968 adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan aktris Australia. Ia mulai terkenal pada akhir tahun 1980-an karena perannya dalam sinetron Neighbours, sebelum ia berkarier sebagai penyanyi pop.

1982

Dalam Perang Kepulauan Falkland, pasukan Inggris berhasil merebut kembali Pelabuhan Darwin setelah sebelumnya berhasil diduduki pasukan Argentina. Sekitar 1.500 tentara Argentina lantas menjadi tahanan pihak Inggris.

1991

Kelompok Front Demokrasi Rakyat Etiopia berhasil menduduki ibu kota Etopia, Addis Ababa, demi menggulingkan pemerintahan yang berkuasa. Peristiwa itu akhirnya berhasil mengakhiri pemerintah komunis yang menguasai Etiopia selama 17 tahun.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 Mei 1889 Menara Eiffel Dinaiki Pengunjung

1998

Pakistan menguji coba senjata nuklirnya di wilayah perbatasan dengan India. Uji coba itu dilakukan Pakistan sebagai pembalasan terhadap India yang sebelumnya juga melakukan uji coba senjata nuklir di perbatasan.



2008

Sistem monarki di Nepal dihapus. Negara tersebut lantas berubah menjadi negara republik. Penghapusan sistem monarki itu diresmikan setelah dilakukan pemungutan suara oleh rakyat Nepal.

2016

Final Liga Champions digelar di stadion San Siro di Milan, Italia, pada 28 Mei 2016, antara Real Madrid dan Atletico Madrid. Real Madrid menang 5-3 pada adu penalti untuk mengamankan gelar ke-11 mereka.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya