SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenggelamnya Kapal USS Houston Amerika Serikat karya Joseph Fleischman. (Historia.id/Naval History and Heritage Command)

Solopos.com, SOLO — Pertempuran Selat Sunda adalah pertempuran laut yang terjadi selama Perang Dunia II di Selat Sunda Indonesia. Pertempuran terjadi pada 28 Februari malam hingga 1 Maret 1942.

Kapal USS Houston Amerika Serikat dan HMAS Perth Australia menghadapi pasukan utama Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-59 sesuai sistem Kelender Gregorian, 28 Februari.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 28 Februari yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 28 Februari:

Ekspedisi Mudik 2024

202

Liu Bang dinobatkan sebagai kaisar di Tiongkok dan mendapat julukan Kaisar Gaozu. Pengukuhan Liu Bang itu sekaligus menjadi awal Dinasti Han mengusai Tiongkok selama lebih dari 400 tahun.

1710

Pasukan Denmark pimpinan Jorgen Rantzau yang menginvasi Swedia berhasil dikalahkan dan diusir pasukan Swedia pimpinan Magnus Stenbock dalam Pertempuran Helsingborg pada 28 Februari. Peristiwa ini merupakan kali terakhir tentara Swedia dan Denmark bertempur di tanah Swedia.

USS Princeton. (Wikipedia.org)
USS Princeton. (Wikipedia.org)

1844

Meriam di kapal perang milik Amerika Serikat (AS), USS Princeton, meledak saat berlayar di Sungai Potomac, AS. Insiden itu menewaskan dua menteri AS yang sedang menumpangi kapal tersebut.

1867

Hubungan diplomatik Vatikan-Amerika Serikat (AS) yang telah terjalin selama 70 tahun terputus setelah Kongres AS menyetop pendanaan untuk misi diplomatik ke Vatikan pada 28 Februari. Hubungan antara Vatikan dan AS baru dipulihkan kembali pada 1984.

Bendera Mesir. (Freepik.com)
Bendera Mesir. (Freepik.com)

1922

Mesir meraih kemerdekaan dari Inggris yang telah mengontrol negara tersebut selama 50 tahun. Pemerintah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Mesir setelah didesak oleh sejumlah gerakan nasionalis di Mesir.

1942

Pertempuran Selat Sunda adalah pertempuran laut yang terjadi selama Perang Dunia II di Selat Sunda Indonesia. Pertempuran terjadi pada 28 Februari malam hingga 1 Maret 1942. Kapal USS Houston Amerika Serikat dan HMAS Perth Australia menghadapi pasukan utama Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Setelah pertempuran sengit, kedua kapal sekutu tenggelam dan dua kapal Jepang tenggelam.

1958

Sebuah bus sekolah di Floyd County, Kentucky menabrak sebuah truk derek dan jatuh ke bawah tanggul dan tercebur ke sungai Levisa Fork yang sedang meluap. Pengemudi dan 26 siswa penumpangnya tewas dalam kecelakaan bus sekolah terburuk dalam sejarah Amerika Serikat pada 28 Februari.

1968

Petinggi militer Amerika Serikat (AS), Jenderal Earl Wheeler, meminta kepada Presiden AS kala itu, Lyndon B. Johnson, untuk mengirim lebih banyak pasukan ke Ibu Kota Vietnam, Saigon. Permintaan tersebut adalah upaya militer AS untuk segera menaklukkan wilayah Saigon. Sehingga Saigon kini dikenal dengan nama Kota Ho Chi Minh.

1987

Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet menandatangani perjanjian untuk menarik semua senjata nuklir yang mereka tempatkan di sejumlah negara di Eropa pada 28 Februari. Perjanjian itu diusulkan Pemimpin Uni Soviet kala itu, Mikhail Gorbachev.

1991

Perang Teluk benar-benar berakhir setelah Irak menerima resolusi yang dibuat PBB. Total korban tewas dari Perang Teluk yakni 50.000 tentara Irak, 148 tentara Amerika Serikat (AS), dan 16 tentara Inggris.

1997

Gempa bumi bermagnitudo 6,1 terjadi di sebuah Kota Tua di Iran Utara pada 16:27 Waktu Standar Iran dan berlangsung selama 15 detik pada 28 Februari. Sehingga sedikitnya 1.100 orang tewas, 2.600 luka-luka, 36.000 tunawisma, 12.000 rumah rusak atau hancur, dan 160.000 ternak tewas di daerah Ardabil di barat laut Iran.

2008

Jerman menjadi negara pertama yang mengakui Kosovo sebagai negara berdaulat yang merdeka dengan mendirikaan kantor kedutaan besar di Ibu Kota Kosovo, Pristina. Beberapa hari kemudian, Jerman menunjuk duta besarnya untuk Kosovo.



28Gito Rollies (Liputan6.com)
Penyanyi Gito Rollies (Liputan6.com)

2008

Bangun Sugito lahir di Biak, Papua, 1 November 1947 dikenal sebagai penyanyi dengan nama Gito Rollies, meninggal dunia di Jakarta, pada 28 Februari. Ia juga adalah mantan suami dari penyanyi Indonesia, Uci Bing Slamet.

2014

Ukraina menuduh Rusia telah mengirim pasukan militer untuk menduduki Kota Crimea di Ukraina. Bukan hanya itu, Ukraina juga menyebut Rusia telah menduduki Bandara Sevastopol untuk memprovokasi Ukraina ke dalam konflik bersenjata. Ini adalah awal invasi Rusia ke Ukraina yang sedang dilanda krisis.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya