SOLOPOS.COM - Dua kereta api bertabrakan di Kota Zibo, Shandong, China, pada 28 April 2008. (Thespec.com)

Solopos.com, SOLO — Pada 28 April 2008 dua kereta api bertabrakan di Kota Zibo, Provinsi Shandong, China. Sebanyak 71 orang meninggal dan 250 orang mengalami luka dalam kejadian ini.

Masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 28 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

1792

Pasukan Prancis mulai menginvasi wilayah Hindia-Austria atau yang kini dikenal sebagai Belgia dan Luksemburg. Invasi itu memancing pecahnya Perang Revolusi Prancis yang berlangsung hampir 10 tahun.

1920
Azerbaijan secara resmi bergabung dengan Uni Soviet. Hampir sama dengan negara anggota Uni Soviet lainnya, Azerbaijan lantas memisahkan diri dari Uni Soviet pada 1991.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 April 1993 Pesawat Timnas Zambia Kecelakaan

Stadion Wembley
Stadion Wembley (fifa.com)

1923

Arena olahraga yang terletak di Wembley, London, Inggris bernama Empire Stadum kini dikenal sebagai Stadion Wembley resmi dibuka dan langsung menggelar laga final Piala FA 1923 yang mempertemukan Bolton Wanderers dan West Ham United.

1926

Jumlah pengangguran di Eropa mencapai angka tertinggi dalam sejarah. Sebanyak 5 juta orang di daratan Eropa menganggur, 1 juta di antara mereka berada di Inggris dan 2 juta lainnya berada di Jerman.

Benito Mussolini
Benito Mussolini (Wikimedia.org)

1945

Mantan pemimpin Italia Benito Mussolini dan wanita simpanannya, Clara Petacci, dieksekusi mati di Desa Giulino di Mezzegra, Italia oleh para anggota gerakan pemberontakan Italia. Mussolini tertangkap sehari sebelumnya di kawasan Dongo, Italia.

1967

Petinju kelas berat, Muhammad Ali, menolak panggilan dari pihak milliter Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti wajib militer sebagai protes Perang Vietnam. Akibatnya seluruh gelar juara tinju yang dimiliki Ali dicopot.

Baca juga: Lahir PDSI, IDI Kini Tak Lagi Satu-Satunya Organisasi Profesi Dokter  

1975

Orang-orang Amerika Serikat (AS) yang masih berada di Vietnam dijemput menggunakan helikopter untuk kembali ke AS. Penjemputan itu dilakukan mengingat keterlibatan AS dalam Perang Vienam telah berakhir.

Juan Manuel Mata García. (Manutd.com) Juan Mata
Juan Manuel Mata García. (Manutd.com)

1988

Juan Manuel Mata Garcia lahir di Burgos, Spanyol. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang bermain untuk klub besar di Inggris, yakni Manchester United. Sebelumnya Mata pernah membela Valencia dan Chelsea.

1995

Sebuah ledakan gas di bawah jalanan Kota Daegu, Korea Selatan menewaskan lebih dari 100 orang. Kebanyakan korban tewas itu adalah anak-anak yang sedang berangkat ke sekolah.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 April 2018 Penetapan Hari Kesiapsiagaan Bencana

1996
Seorang pria bersenjata bernama Martin John Bryant menembaki orang-orang yang ada di kawasan wisata Port Arthur. Peristiwa tersebut menewaskan 32 orang.

2001

Dennis Anthony Tito adalah insinyur, multimilyuner, dari Amerika Serikat yang pertama berwisata ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan terbang bersama Soyuz antara 28 April – 6 Mei 2001.



2006

Pada 28 April, para mantan tentara berselisih dengan pasukan FDTL yang menembak ke arah kerumunan. Akibatnya 5 orang meninggal, lebih dari 100 bangunan hancur, dan sekitar 21.000 penduduk Dili, Timor Timur mengungsi ke luar kota.

2008

Pada 28 April 2008 dua kereta api bertabrakan di Kota Zibo, Provinsi Shandong, China. Kecelakaan bermula ketika sebuah kereta api dari Beijing menuju Kota Qingdao keluar dari rel dan menabrak kereta lainnya. 71 orang meninggal dan 250 orang mengalami luka.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya