SOLOPOS.COM - Tank yang digunakan tentara Irak dalam perang Teluk 1990. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO – Setelah menginvasi Kuwait dan memicu Perang Teluk, Irak mengklaim Kuwait sebagai provinsi di bawah kekuasaannya dengan nama Saddamiyat Al-Mitla pada 28 Agustus 1990.

Masih banyak peristiwa penting terjadi pada 28 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1189

Tentara Salib memulai Pengepungan Acre di Acre, Palestina pada masa Perang Salib III hingga Juli 1191. Setelah melakukan pengepungan selama hampir dua tahun, Tentara Salib berhasil merebut wilayah Acre dari kekuasaan Kesultanan Ayyubiyyah.

1521

Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil merebut wilayah Belgrade dari kekuasaan Kerajaan Hungaria. Sebelumnya, pasukan Kesultanan Ottoman telah mengepung Belgrade selama beberapa hari.

1542

Salah satu pertempuran dalam Perang Ottoman-Portugal antara pasukan Kesultanan Adal dan pasukan Kerajaan Portugal meletus di Wolfa, Etiopia. Pasukan Kesultanan Adal yang berada di kubu Kesultanan Ottoman dianggap menang setelah berhasil menangkap pemimpin pasukan Portugal Cristovao da Gama yang lantas dieksekusi mati.

Baca juga: Bursa Capres dari PDIP, Pengamat: Ganjar Meredup, Puan Kian Santer

1810

Angkatan laut Inggris menyerah kepada pasukan Prancis dalam Pertempuran Grand Port di perairan Grand Port, Isle de France atau kini Mauritius. Pertempuran Grand Port adalah pertempuran antar-angkatan laut yang berlangsung selama sepekan.

1914

Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Heligoland Bight I di perairan Heligoland Bight, Laut Utara. Pertempuran ini merupakan pertempuran pertama yang terjadi di laut selama Perang Dunia I.

1916

Jerman mendeklarasikan perang terhadap Rumania dalam Perang Dunia I. Tindakan Jerman karena beberapa hari sebelumnya Rumania telah mendeklrasikan perang terhadap Austria-Hungaria yang tergabung dalam Blok Sentral bersama Jerman dalam PD I.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 Agustus 1896, Perang Singkat antara Inggris dan Zanzibar

1944

Tentara Sekutu berhasil merebut Kota Marseille di Prancis dari cengkeraman pasukan Jerman. Keberhasilan itu diraih setelah Sekutu melakukan pertempuran melawan pasukan Jerman selama sepekan.

1950

Ernest Francois Eugene Douwes Dekker atau yang juga dikenal sebagai Danudirja Setiabudi meninggal dunia di Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada usia 50 tahun. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai penggagas nama Nusantara sebagai nama untuk Hindia-Belanda yang merdeka.

1989

Cesar Azpilicueta Tanco lahir di Pamplona, Spanyol. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Chelsea.

Baca juga: Setahun Harta Bos Xiaomi Turun Rp124 Triliun, Tak Lagi CEO Terkaya China

1990



Setelah menginvasi Kuwait dan memicu Perang Teluk, Irak mengklaim Kuwait sebagai provinsi di bawah kekuasaannya dengan nama Saddamiyat Al-Mitla. Sebelum Irak melontarkan klaim tersebut, pemimpin Kuwait Syekh Jaber Al Ahmed Al Sabah telah meninggalkan negaranya.

2008

Philip Toll Hill, Jr.adalah pembalap mobil Amerika Serikat dan memenangkan Kejuaraan Formula Satu Dunia tahun 1961. Phil Hill meninggal dunia pada usia 81 tahun tanggal 28 Agustus 2008.

2014

Recep Tayyip Erdo?an pada 28 Agustus dilantik menjadi Presiden Turki menggantikan Abdullah Gül setelah memenangi Pemilu Presiden Turki 2014 dengan perolehan suara 52 persen mengalahkan dua calon lainnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya