SOLOPOS.COM - Diorama menggambarkan suasana rapat pada Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya Jakarta. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Kongres Pemuda II digelar mulai 27 Oktober 1928 di Batavia atau kini Jakarta. Kongres itu diikuti perwakilan organisasi pemuda di seluruh wilayah Hindia-Belanda atau kini Indonesia seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan lainnya.

Kongres Pemuda Kedua selama dua hari akhirnya melahirkan keputusan yang memuat ikrar untuk mewujudkan cita-cita berdirinya negara Indonesia, yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Promosi BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun dari Laba 2023

Dimulainya Kongres Pemuda II merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 27 Oktober.

Baca juga: Eks Intel Arab Saudi Sebut Pangeran MBS Ingin Racuni Raja Abdullah

Selain Kongres Pemuda II, masih banyak peristiwa bersejarah pada 27 Oktober terangkum dalan Sejarah Hari Ini yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1644

Salah satu pertempuran antara pasukan Kerajaan dan pasukan Parlemen pada masa Perang Saudara Inggris meletus di Newbury, Berkshire. Secara taktik, pasukan Parlemen menang karena pasukan Kerajaan mundur terlebih dahulu. Tapi, Parlemen tak mendapatkan keuntungan apa pun. Di pertempuran itu, pasukan Kerajaan kehilangan 1.500 tentara sedangkan pasukan Parlemen justru menelan kerugian lebih banyak dengan kehilangan sekitar 2.000 tentara.

1728

James Cook lahir di Marton atau kini Middlesbrough, Yorkshire, Inggris. Cook lantas dikenal sebagai orang pertama dari Eropa mengunjungi Hawaii. Selain itu, dia juga merupakan orang kedua dari Eropa yang berhasil mencapai Selandia Baru—setelah Abel Tasman—dan berhasil memetakan seluruh garis pantainya.

1795

Amerika Serikat (AS) dan Spanyol menandatangani Perjanjian Madrid di San Lorenzo de El Escorial, Madrid, Spanyol. Perjanjian tersebut mengatur perbatasan antara AS dan wilayah koloni Spanyol di Amerika.

1870

Pasukan Prancis yang berjumlah 180.000 tentara dengan dipimpin Francois Bazaine menyerah kepada Prusia yang telah mengepung Kota Metz, Prancis, selama lebih dari dua bulan. Kekalahan Prancis itu merupakan yang terbesar selama Perang Prancis-Prusia. Francois Bazaine menjadi tawanan Prusia.

1914

Untuk kali pertama di masa Perang Dunia I, Inggris kehilangan kapal perangnya yang tenggelam di barat laut Irlandia. Kapal tersebut adalah HMS Audacious yang tenggelam akibat ranjau yang dipasang pasukan Jerman.

Baca juga: Mirip Pablo Escobar, Raja Narkoba Paling Dicari di Kolombia Tertangkap

1924

Pemerintah Uni Soviet secara resmi mendirikan Republik Soviet Sosialis Uzbekistan. Uzbekistan merupakan negara yang wilayahnya adalah pecahan dari Turkestan, Bukhara, dan Khwarezmia. Uzbekistan baru meraih kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991 seiring runtuhnya Uni Soviet.

1928

Berbagai organisasi pemuda di seluruh wilayah Hindia-Belanda atau kini Indonesia menghadiri Kongres Pemuda II di Batavia atau kini Jakarta. Rapat  hari pertama diadakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Muhammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan, Dari kongres tersebut, lahir Sumpah Pemuda pada keesokan harinya.

1944

Pasukan Jerman berhasil merebut Kota Banska Bystrica dari para pemberontak Slovakia. Hal itu juga lantas mengakhiri Pemberontakan Slovakia yang berlangsung selama dua bulan.

1945

Beberapa bulan setelah para pemuda merebut perusahaan listrik di Jakarta yang dikuasai Jepang, pemerintah Indonesia lantas membentuk Jawatan Listrik dan Gas. Kini, 27 Oktober diperingati sebagai hari berdirinya Perusahaan Listrik Negara (PLN).

1958

Presiden Pakistan pertama, Iskander Mirza, tersingkir melalui kudeta yang dilakukan Jenderal Ayub Khan.

1960

Aktivis hak-hak sipil Martin Luther King Jr. dibebaskan dari Penjara Negara Bagian Georgia menyusul intervensi langsung dari politisi AS Robert F. Kennedy yang mempertanyakan hak konstitusionalnya untuk jaminan, sambil menunggu banding atas hukuman lalu lintas.

1971

Republik Demokratik Kongo berganti nama menjadi Zaire.

1979

Saint Vincent dan Grenadine merdeka dari Britania Raya.

Baca juga: Lindungi Kawannya, Gajah di Afsel Injak Pemburu Liar hingga Meninggal

1991

Turkmenistan memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet.

1991

Indonesia secara resmi melepaskan kekuasaan Timor Timur kepada pemerintahan transisi PBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya