SOLOPOS.COM - Bendera klub sepakbola Bayern Munchen (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Footbal Club Bayern München e.V., juga dikenal sebagai FC Bayern München atau FC Bayern, adalah sebuah klub sepakbola Jerman yang berbasis di München, Bayern. Didirikan pada 27 Februari 1900 oleh 11 pemain sepakbola dipimpin Franz John.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 27 Februari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 27 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Liu Bang. (Wikipedia.org)
Liu Bang. (Wikipedia.org)

202 SM

Pesta penobatan Liu Bang sebagai Kaisar Gaozu dari Dinasti Han berlangsung. Liu Bang merupakan kaisar pertama dari Dinasti Han yang memimpin wilayah Tiongkok. Namun, Dinasti Han berkuasa di tanah Tiongkok hingga 220 Masehi dengan Cao Pi sebagai kaisar terakhirnya.

1246

Pengepungan Kota Jaen yang dilancarkan pasukan Kerajaan Kastilia berakhir pada 27 Februari. Kemudian Kerajaan Kastilia mengambil alih kekuasaan di kota tersebut dari Keamiran Jaen.

1710

Pasukan Denmark pimpinan Jorgen Rantzau yang menginvasi Swedia dikalahkan pasukan Swedia yang dipimpin Magnus Stenbock dalam pertempuran di Helsingborg. Peristiwa tersebut merupakan pertempuran terakhir antara Swedia dan Denmark di tanah Swedia.

1844

Penduduk Dominika sebutan untuk orang yang tinggal di pulau Santo Domingo, pada 27 Februari berpisah dari Haiti dan menyatakan diri sebagai negara baru dengan nama "Republik Dominika". Kemudian negara ini bersama dengan Republik Ceko adalah negara yang mengakui dan menyebut penduduk mayoritasnya sebagai nama resmi (orang Dominika, orang Ceko.)

1847

Pertempuran antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan Meksiko meletus di dekat Sungai Sacramento, sekitar 50 mil di utara Cihuahua, Meksiko. Selanjutnya pertempuran tersebut dimenangi pasukan AS yang kemudian menguasai wilayah Cihuahua.

1867

Kongres Amerika Serikat (AS) mengeluarkan larangan tentang pendanaan federal terhadap misi diplomatik ke Vatikan pada 27 Februari. Bahkan akibat larangan itu menyebabkan putusnya hubungan diplomatik kedua negara yang sudah terjalin selama 70 tahun. Namun, hubungan diplomatik antara AS dan Vatikan baru dipulihkan pada 10 Januari 1984.

1900

Pengepungan wilayah Ladysmith di Natal, Afrika Selatan (Afsel) yang dilancarkan pasukan Inggris sejak 2 November 1899 berakhir. Kemudian pasukan Inggris merebut wilayah tersebut dari Afsel.

1900

Footbal Club Bayern München e.V., juga dikenal sebagai FC Bayern München atau FC Bayern, adalah sebuah klub sepakbola Jerman yang berbasis di München, Bayern. Merupakan klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Jerman, setelah memenangkan rekor 30 gelar nasional dan 19 piala nasional. FC Bayern didirikan pada tahun 1900 oleh sebelas pemain sepak bola yang dipimpin oleh Franz John pada 27 Februari.

1922

Mesir meraih kemerdekaan dari Inggris yang telah mengontrol negara tersebut selama 50 tahun. Pemerintah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Mesir setelah didesak oleh sejumlah gerakan nasionalis di Mesir.

Plakat di Rockingham Naval Memorial Park, Rockingham, Australia Barat sebagau peringatan tenggelamnya HMAS Perth dan USS Houston dalam Pertempuran Selat Sunda. (Wikimedia.org)
Plakat di Rockingham Naval Memorial Park, Rockingham, Australia Barat sebagau peringatan tenggelamnya HMAS Perth dan USS Houston dalam Pertempuran Selat Sunda. (Wikimedia.org)

1942

Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Sekutu meletus di Selat Sunda, Indonesia pada 27 Februari. Pertempuran yang kemudian dikenal dengan nama Pertempuran Selat Sunda itu berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Jepang. Dalam peristiwa tersebut, dua kapal perusak milik Sekutu, yakni USS Houston bersama 693 awaknya dan HMAS Perth dengan 375 awaknya tenggelam.

1987

Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet menandatangani perjanjian untuk menarik semua senjata nuklir yang mereka tempatkan di sejumlah negara di Eropa. Perjanjian tersebut merupakan usulan dari Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev.

Perang Teluk I
Pesawat tempur AS melintasi kilang minyak yang terbakar di Kuwait di masa Perang Teluk I. (Wikipedia.org)

1991

Perang Teluk I yang berlangsung sejak 2 Agustus 1990 berakhir setelah Irak menerima resolusi yang dibuat PBB pada 27 Februari. Total korban tewas dari Perang Teluk yakni 50.000 tentara Irak, 148 tentara Amerika Serikat (AS), dan 16 tentara Inggris.

1996

Game Pokémon memulai debutnya di Nintendo Game Boy.Pokemon adalah salah satu waralaba media yang dimiliki oleh perusahaan permainan video Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995.

2004

Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dibentuk pada 1988 dengan tugas pokok untuk penyehatan perbankan, penyelesaian aset bermasalah dan mengupayakan pengembalian uang negara yang tersalur pada sektor perbankan.



Karena kinerjanya dinilai kurang memuaskan, pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri, lembaga ini dibubarkan pada 27 Februari 2004 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2004.

2010

Gempa bumi di Chili berkekuatan 8,8 Skala Richter terjadi pada 27 Februari. Bahkan berdasar data 30 Maret 2010 ada 432 orang tewas akibat kejadian itu. Gempa ini juga mengakibatkan tsunami yang menjangkau hingga Selandia Baru, Australia, kepulauan Hawaii, negara-negara kepulauan di Pasifik, dan Jepang dengan dampak ringan dan menengah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya