SOLOPOS.COM - Bangunan hancur dalam perang Inggris dan Zanzibar 27 Agustus 1896. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Perang Tersingkat antara Kerajaan Inggris dan Kesultanan Zanzibar di Kota Zanzibar, wilayah Kesultanan Zanzibar meletus dan hanya berlangsung selama 38 menit pada 27 Agustus 1896.

Masih banyak peristiwa bersejarah terjadi pada 27 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1628

Pasukan pertama Kesultanan Mataram yang dipimpin Bupati Kendal Tumenggung Bahureksa tiba di Batavia atau kini Jakarta untuk menyerang markas pasukan Belanda di Benteng Holandia, teluk Jakarta.

Serangan yang dikenang dengan sebutan Penyerbuan Batavia 1628 itu berlangsung hingga 1629 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Belanda yang dipimpin Jan Pieterszoon Coen.

1689

Kekaisaran Rusia dan Dinasti Qing,Tiongkok menandatangani Traktat Nerchinsk di Rusia. Dengan traktat ini Rusia bersedia menyerahkan sebagian wilayahnya di sebelah utara Sungai Amur dan sebelah timur mulut Sungai Argun kepada Dinasti Qing.

Baca juga: Tragedi Biskuit Beracun yang Telan 35 Korban Jiwa pada 1989

1776

Pasukan Inggris mengalahkan pasukan Amerika Serikat (AS) dalam pertempuran di Kings County, Long Island, New York, AS. Pertempuran ini merupakan pertempuran besar pertama dalam Perang Revolusi Amerika setelah Deklarasi Kemerdekaan AS.

1813

Pertempuran Dresden selama dua hari antara pasukan Prancis dan pasukan gabungan Austria, Prusia, dan Rusia di Dresden, Sachsen, Jerman berakhir dengan kemenangan pasukan Prancis yang dipimpin Napoleon Bonaparte.

1896

Perang Tersingkat antara Kerajaan Inggris dan Kesultanan Zanzibar di Kota Zanzibar, wilayah Kesultanan Zanzibar meletus dan hanya berlangsung selama 38 menit. Perang berakhir dengan kemenangan Inggris menjadi perang tersingkat sepanjang sejarah.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 Agustus 1768, Penjelajah James Cook Sampai Australia

1914

Di awal Perang Dunia I, pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam pertempuran di Etreux, Prancis. Pasukan Jerman harus rela kehilangan sekitar 1.500 tentaranya, sedangkan Inggris hanya kehilangan sekitar 600 tentaranya.

1916

Kerajaan Rumania mendeklarasikan perang terhadap Austria-Hungaria dalam Perang Dunia I. Dengan deklarasi perang tersebut, Kerajaan Rumania dianggap telah bergabung dengan Sekutu dalam Perang Dunia I.

1942

Pasukan Jerman membantai warga sipil di wilayah Sarny, Polandia yang kini telah menjadi wilayah Ukraina. Sekitar 14.000 hingga 18.000 orang yang kebanyakan adalah orang Yahudi dibantai. Peristiwa itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Sarny.

Baca juga: Australia Kirim 1 Juta Dosis Vaksin PMK untuk Indonesia

1943

Pasukan Angkatan Udara Jerman memulai serangan udara untuk membumihanguskan Desa Vorizia di Pulau Kreta, Yunani. Hampir seluruh bangunan hancur dan menewaskan lima penduduk desa. Pemerintah Yunani membangun permukiman baru di dekat Desa Vorizia. Namun, penduduk menolak pindah dan tetap tinggal di Desa Vorizia.



1976

Mark Alan Webber lahir di Queanbeyan, New South Wales, Australia. Ia lantas dikenal luas sebagai pembalap yang mengikuti ajang Formula Satu dari 2002 hingga 2015.

1985

Pemerintah Nigeria digulingkan secara damai oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Mayjen Ibrahim Babangida dikenal sebagai IBB, adalah seorang perwira Angkatan Darat Nigeria dan penguasa militer Nigeria pada 27 Agustus.

2018

Bulu tangkis pada Pesta Olahraga Asia 2018: Pasangan Chen Qingchen-Jia Yifan menjuarai nomor ganda putri dan pasangan Zheng Siwei-Huang Yaqiong menjuarai nomor ganda campuran.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya