Sejarah Hari Ini : 26 November 2008, Serangan Teroris Guncang Mumbai

Serangan teroris Mumbai merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 26 November seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 26 November 2008, Serangan Teroris Guncang Mumbai
SOLOPOS.COM - Hotel Taj Mahal Mumbai diserang selama serangan teror 26 November 2008. (mumbaimirror.indiatimes.com)

Solopos.com, SOLO — Serangan Teroris Mumbai di Mumbai, ibu kota finansial dan kota terbesar di India, mulai terjadi pada 26 November 2008. Serangan berlangsung 3 hari, menelan 188 korban jiwa dan sekitar 370 orang lainnya cedera. Para pelaku melakukan serangkaian penembakan, peledakan, dan penyanderaan.

Penyerangkan terjadi di stasiun kereta api Chhatrapati Shivaji Terminus (CST) yang ramai; dua hotel lima bintang yaitu Oberoi/Trident dan Taj Mahal Palace; Kafe Leopold, sebuah restoran terkenal di kalangan turis; Rumah Sakit Cama; gedung pusat komunitas Yahudi Mumbai Chabad House; dan kantor polisi. Pasukan Komando India pada Sabtu, 29 November 2008 menyatakan berhasil menumpas kelompok teroris tersebut.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Tragedi serangan teroris Mumbai merupakan satu dari sekian peristiwa bersejarah yang terjadi pada 26 November, hari ke-330 (hari ke-331 di tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Baca juga:Rumah Sakit Belanda Mulai Kewalahan, Pasien Covid-19 Dirujuk ke Jerman

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum beberapa peristiwa dalam Sejarah Hari Ini, 26 November, yang dihimpun dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1688

Raja Prancis, Louis XIV, menyatakan perang kepada Belanda.

1790

Seorang astronom asal Jerman, Frederick William Herschel menemukan NGC 13, galaksi spiral di rasi bintang Andromeda. Galaksi ini berjarak 60.48 Mpc (197.270.000 tahun cahaya) dari Bumi.

1865

Pasukan Chile berhasil menaklukkan pasukan Spanyol dalam pertempuran laut di perairan utara Valparaiso, Chile.

1914

Kapal perang Inggris, HMS Bulwark, meledak saat berlabuh di Kingsnorth, Kent, Inggris. Ledakan mengakibatkan 738 dari 750 kru kapal tewas.

1922

Arkeolog dan bangsawan Inggris, Howard Carter dan Lord Carnarvon, memasuki makam Firaun di Mesir. Keduanya merupakan yang pertama berhasil masuk ke makam tersebut. Setelah itu, Lord Carnarvon membiayai ekskavasi makam Tutankhamun, Firaun dari dinasti ke-18, di Lembah Para Raja, Mesir.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Bulgaria, 47 Orang Meninggal Termasuk 12 Anak-Anak

1937

Pasukan Kekaisaran Jepang mengalahkan Tentara Revolusioner Nasional, Tiongkok dalam Pertempuran Shanghai. Pertempuran di Shanghai, Tiongkok yang telah berlangsung selama tiga bulan itu pun berakhir.

Arswendo Atmowiloto (Youtube)
Arswendo Atmowiloto (Youtube)

1948

Penulis senior Indonesia, Arswendo Atmowiloto, lahir di Kota Solo, Jawa tengah. Selama ini dia dikenal sebagai penulis dan wartawan yang sangat aktif. Salah satu karyanya yang paling populer adalah novel Keluarga Cemara. Novel ini kemudian diadaptasi dalam sinetron yang populer pada 1996.

1950

Pasukan Tiongkok di Korea Utara melancarkan serangan balasan terhadap Korea Selatan Amerika Serikat. Pertempuran ini dikenal dengan nama Pertempuran Bendungan Chosin, yang memperpanjang Perang Korea.

1990

Lee Kuan Yew mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Singapura. Dia mundur dari jabatan yang telah diemban selama lebih dari 30 tahun dan digantikan oleh Goh Chok Tong. Meski telah mundur, dia tetap menjadi tokoh politik yang sangat berpengaruh di Singapura.

2004

Gempa bumi 6,4 SR mengguncang Provinsi Papua, sekitar pukul 11:25 WIT. Menurut badan geologi Amerika Serikat gempa tersebut berkekuatan 7,1 Mw. Pusat gempa berada di darat kira-kira 17 km selatan Nabire. Gempa ini dirasakan sangat keras yaitu VII-VIII MMI di Kota Nabire. Sebanyak lebih dari 32 orang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa itu.

Baca juga: Popularitas Menurun, Joe Biden Tetap Ingin Maju dalam Pilpres AS 2024

2008

Serangan Teroris Mumbai di Mumbai, ibu kota finansial dan kota terbesar di India, mulai terjadi. Sekelompok teroris secara terkoordinasi serentak menyerang sejumlah tempat umum, tempat wisata, hotel dan rumah sakit. Serangan berlangsung selama 3 hari, menelan 188 korban jiwa dan sekitar 370 orang lainnya cedera. Para pelaku melakukan serangkaian penembakan, peledakan, dan penyanderaan.

Serangan-serangan tersebut terjadi di stasiun kereta api Chhatrapati Shivaji Terminus (CST) yang ramai; dua hotel lima bintang yaitu Oberoi/Trident dan Taj Mahal Palace; Kafe Leopold, sebuah restoran terkenal di kalangan turis; Rumah Sakit Cama; gedung pusat komunitas Yahudi Mumbai Chabad House; dan kantor polisi. Pasukan Komando India pada Sabtu, 29 November 2008 menyatakan berhasil menumpas kelompok teroris tersebut.

2012

Sebanyak 16 orang tewas setelah meminum sirup obat batuk beracun di Lahore, Pakistan. Hal tersebut dikatakan pihak kepolisian.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago