SOLOPOS.COM - Tim Rescue BPBD Grobogan mengevakuasi korban saat simulasi memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April, di Kantor BPBD Grobogan, Selasa (26/4/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 26 April 2018 menetapkan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diinisiasi BNPBpada 26 April 2017 dilatarbelakangi 10 tahun ditetapkannya Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 26 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1803

Ribuan serpihan meteor jatuh di kawasan L’Agile, Prancis. Peristiwa itu membuat para ilmuwan di Eropa meyakini bahwa benda langit dapat jatuh ke bumi.

1865

Pasukan militer Amerika Serikat (AS) menembak mati orang yang dianggap sebagai pembunuh Presiden AS Abraham Lincoln, yakni John Wilkes Booth. Booth menembak mati Presiden Lincoln saat sang presiden sedang menonton teater di Washington D.C. bersama istrinya beberapa hari sebelumnya.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 25 April 2015 Gempa Bumi Guncang Nepal

1933

Kesatuan polisi rahasia milik pemerintahan Nazi Jerman, Gestapo, resmi didirikan. Gestapo memiliki tugas utama memantau dan membasmi lawan-lawan politik yang berusaha menentang pemerintahan Nazi Jerman.

Heinrich Kreipe. (Wikipedia.org)
Heinrich Kreipe. (Wikipedia.org)

1944

Petinggi militer Jerman Heinrich Kreipe yang memimpin invasi Jerman ke Pulau Kreta, Yunani ditangkap Sekutu di pulau tersebut. Ia lantas dibebaskan sekitar 13 tahun kemudian. Kreipe adalah anggota militer Jerman yang ikut andil pada masa Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

1945

Pasukan Filipina bersama tentara Amerika Serikat (AS) menyerang pasukan Jepang di Kota Baguio, Filipina. Mereka berusaha mengusir Jepang yang menduduki Kota Baguio. Jepang akhirnya kalah dalam peristiwa yang disebut Pertempuran Pembebasan Baguio itu.

1986

Reaktor nuklir di Chernobyl, Ukraina meledak dan mengempaskan awan radioaktif ke angkasa. Radiasi yang disebabkan ledakan tersebut menyebar hingga ke beberapa negara lain di Eropa. Ledakan tersebut dianggap sebagai bencana nuklir terbesar sepanjang sejarah manusia.

Baca juga: Profil Emmanuel Macron yang Kembali Terpilih sebagai Presiden Prancis

1989

Tornado besar menyapu Kota Saturia, Bangladesh. Sebanyak 80.000 orang kehilangan tempat tinggalnya dan lebih dari 1.300 orang tewas karena sapuan tornado. Tornado di Banghladesh itu adalah satu yang terbesar yang pernah terjadi di era modern.

1991

Bintang sepak bola Diego Maradona ditangkap polisi di Argentina. Ia ditangkap atas tuduhan penggunaan kokain. Maradona juga dituduh sebagai pemilik dan pengedar sejumlah obat-obatan terlarang lainnya.

2005

Sebanyak 14.000 tentara Suriah ditarik dari Lebanon setelah didesak banyak negara. Penarikan pasukan militer itu sekaligus mengakhiri kontrol Suriah terhadap Lebanon yang sudah berlangsung selama 29 tahun.

Jefri Al Buchori atau Uje
Jefri Al Buchori atau biasa disapa Uje (Kapanlagi.com)

2013

H. Muhammad Jefri Al Buchori atau lebih dikenal sebagai Ustadz Jefri Al Buchori adalah pendakwah, aktor yang akrab disapa Uje, meninggal di usia 40 tahun pada 26 April 2013 setelah sepeda motor yang dinaikinya hilang kendali dan menabrak pohon

Baca juga: Kenapa Bendera Indonesia dan Monako Sama? Begini Sejarahnya



2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 26 April 2018 menetapkan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diinisiasi BNPBpada 26 April 2017 dilatarbelakangi 10 tahun ditetapkannya Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya