SOLOPOS.COM - Warga Dharma Sthali, utara Kathmandu, Nepal, Senin (4/5/2015), melintasi jalan yang masih penuh puing reruntuhan bangunan setelah gempa 7,9 SR mengguncang Nepal pada 25 April 2015. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Gempa bumi mengguncang Nepal pada 25 April 2015. Ini merupakan gempa bumi paling kuat yang mengguncang Nepal sejak gempa bumi Nepal–Bihar 1934. Setidaknya 8,947 orang diketahui meninggal akibat dari gempa bumi tersebut.

Masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 25 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

775

Pertempuran Bagrevand yang melibatkan pasukan Kekhalifahan Abbasiyah dan pemberontak Armenia meletus di Armenia. Peristiwa itu sekaligus mengakhiri pemberontakan orang Armenia yang menolak pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah di Armenia.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 24 April 1955 Penutupan KTT Asia Afrika

1644

Pemimpin Kekaisaran Dinasti Ming di Tiongkok, Kaisar Chongzhen, tewas bunuh diri. Ia melakukan bunuh diri saat pemberontakan yang dilakukan para petani dengan dipimpin Li Zicheng sedang berlangsung. Chongzhen adalah kaisar terakhir dari Dinasti Ming.

Terusan Zues
Terusan Zues (Wikipedia.org)

1859

Terusan Suez di Mesir mulai dibangun demi mempercepat transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika pada 25 April. Pembangunan Terusan Suez selesai pada 17 November 1869.

1915

Pasukan Inggris, Prancis, India, Australia, dan Selandia Baru mendarat di Teluk Anzac dan Tanjung Helles untuk menginvasi wilayah Gallipoli di Turki. Invasi itu menyebabkan meletusnya Pertempuran Gallipoli.

1945

Tentara Nazi Jerman yang menduduki Italia kembali ke Jerman setelah menyatakan menyerah setelah ada pemberontakan di kawasan tersebut. Peristiwa itu dikenang sebagai Hari Pembebasan Italia dari cengkeraman Nazi Jerman dan pemerintahan yang dipimpin Benito Mussolini.

Baca juga: Kuota Haji Indonesia 100.051 Jemaah, Segini Kuota Negara Lainnya

1954

Prancis membombardir Vietnam dengan pesawat tempur dan pengebom demi mengalahkan pasukan Komunis di Vietnam dalam Perang Indochina I. Prancis menyerang Vietnam dengan menjatuhkan ratusan ton bom dan membuatnya menjadi serangan terbesar yang dilakukan Prancis dalam Perang Indochina I.

1963

David William Moyes lahir Glasgow, Skotlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pelatih sepak bola yang pernah menukangi tim besar di Inggris, yakni Everton dan Manchester United.

1993

Sebanyak 300.000 orang yang mengaku sebagai kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) serta para aktivis yang mendukung mereka melakukan demonstrasi di Washington D.C., Amerika Serikat (AS). Mereka turun ke jalan untuk menentang diskriminasi yang mereka alami di AS.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 23 April 1995, Peringatan Hari Buku Sedunia

2014

Mantan pelatih klub sepak bola Barcelona, Tito Vilanova, meninggal dunia pada usia 45 tahun akibat penyakit kanker yang ia derita. Ia ditunjuk menjadi pelatih Barcelona pada 2012 untuk masa kontrak selama dua tahun. Namun ia mengundurkan diri pada 2013 karena kondisi kesehatannya yang terus menurun.

2015

Gempa bumi mengguncang Nepal pada 25 April 2015 pusat gempa di kedalaman sekitar 15 km. Ini merupakan gempa bumi paling kuat yang mengguncang Nepal sejak gempa bumi Nepal–Bihar 1934. Setidaknya 8,947 orang diketahui meninggal akibat dari gempa bumi tersebut.



Sumur Minyak
Sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kabupaten Aceh Timur, terbakar pada Rabu 25 April 2018. (Dok.Badan Penanggulangan Bencana Aceh)

2018

Sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kabupaten Aceh Timur yang dikelola masyarakat meledak dan terbakar pada 25 April. Kejadian ini menyebabkan 15 orang tewas dan 40 lainnya luka-luka. Para korban yang luka berat dirawat di tiga rumah sakit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya