SOLOPOS.COM - Kondisi halte busway Kampung Melayu, kacanya pecah setelah bom bunuh diri 24 Mei 2017. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pengeboman Jakarta 2017, ledakan bom bunuh diri terjadi di halte busway Kampung Melayu, Kota Administrasi Jakarta Timur pada 24 Mei. Pelaku pengeboman tewas dalam kejadian tersebut.

Berbagai peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 24 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1832

Kerajaan Yunani resmi dibentuk oleh Kerajaan Inggris Raya, Kekaisaran Perancis, dan Kekaisaran Rusia dalam Konvensi London. Kerajaan Yunani didirkan menyusul runtuhnya Kekaisaran Bizantium.

Telegraf Elektrik
Telegraf Elektrik (Wikipedia.org)

1844

Telegraf elektrik untuk kali pertama digunakan. Samuel F.B. Morse sebagai penemu telegraf adalah orang yang kali pertama menggunakannya dengan mengirim telegram dari Maryland ke Washington D.C, Amerika Serikat (AS).

1915

Setelah resmi bergabung dengan sekutu, Italia mendeklarasikan perang terhadap Austria-Hungaria. Padahal sebelumnya, Italia dan Austria-Hungaria adalah negara yang bersekutu dalam Aliansi Tiga bersama Jerman.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 23 Mei 1997 Jumat Kelabu Kerusuhan di Banjarmasin

1940

Seorang agen rahasia asal Uni Soviet, Iosif Grigulevich, mencoba membunuh revolusioner Rusia, Leon Trotsky, yang diasingkan di Coyoacan, Meksiko. Upaya pembunuhan tersebut gagal. Banyak pihak menduga upaya pembunuhan itu didalangi pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin.

1941

Robert Allen Zimmerman lahir di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, dan penyair dengan nama panggung Bob Dylan. Majalah Rolling Stone menempatkan ia di urutan kedua dalam daftar musisi paling hebat sepanjang masa.

Kapal perang Jerman, Bismarck.
Kapal perang Jerman, Bismarck. (Wikipedia.org)

1941

Kapal perang Jerman, Bismarck, menyerang sekaligus menenggelamkan kapal perang milik Inggris, HMS Hood. Peristiwa itu terjadi pada Pertempuran Selat Denmark dalam Perang Dunia II. Lebih dari 1.400 jiwa melayang dalam peristiwa itu.

1948

Dalam Perang Arab-Israel, pasukan Mesir berhasil menduduki kawasan Yad Mordechai, Israel. Namun keberhasilan pasukan Mesir itu hanya bertahan selama lima hari sebelum pasukan Israel berhasil merebut kembali kawasan tersebut.

Baca juga: Banjir Rob Landa 4 Daerah di Jateng, Ganjar: Siapkan Posko Darurat!

1982

Di masa Perang Irak-Iran, pasukan Iran berhasil merebut kembali Khorramshahr yang diduduki pasukan Irak. Sebelumnya, pasukan Irak telah menduduki kota tersebut sejak 10 November 1980.

2000

Israel menarik tentaranya yang menduduki kawasan Lebanon bagian selatan. Sebelumnya, tentara Israel telah menduduki Lebanon bagian selatan selama 22 tahun.

2002

Amerika Serikat (AS) dan Rusia menandatangani perjanjian di Moskow, Rusia. Salah satu poin penting dari perjanjian itu adalah pengurangan produksi atapun penggunaan nuklir. Perjanjian tersebut berlaku sampai dengan 31 Desember 2012.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 22 Mei 2019 Kerusuhan Pemilu Presiden di Jakarta



2014

Pada 24 Mei 2014, Real Madrid mengalahkan rival sekotanya Atletico Madrid di Final Liga Champions memenangkan gelar Eropa pertama mereka sejak tahun 2002. dan mereka menjadi tim pertama yang memenangkan sepuluh Piala Eropa

2017

Pengeboman Jakarta 2017, ledakan bom bunuh diri terjadi di halte busway Kampung Melayu, Kota Administrasi Jakarta Timur pada 24 Mei. Pelaku pengeboman tewas dalam kejadian tersebut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya