SOLOPOS.COM - Lionel Messi. (Skysports.com)

Solopos.com, SOLO — Lionel Andres Messi lahir di Rosario, Argentina pada 24 Juni 1987. Kini, Lionel Messi dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Barcelona.

Masih banyak peristiwa penting yang terjadi pada 24 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

217 SM

Pasukan Romawi dipimpin Gaius Flaminius dikalahkan pasukan Carthage pimpinan Hannibal dalam Pertempuran Trasimene di dekat Danau Trasimene, Italia. Pasukan Romawi kehilangan 30.000 tentaranya, sedangkan pasukan Carthage hanya kehilangan 4.000 tentaranya.

1230

Pasukan Kerajaan Kastilia mulai menyerang wilayah Jaen, yang kini menjadi bagian Spanyol, demi merebutnya dari Pasukan Pertahanan Jayyan. Serangan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan dan berakhir dengan kegagalan Kastilia menguasai Jaen.

1497

Seorang penjelajah asal Italia, John Cabot, berhasil mendarat di kawasan Amerika bagian utara bersama awak kapalnya. Banyak yang berpendapat John Cabot mendarat di kawasan yang kini disebut dengan nama Newfoundland.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 23 Juni 2012 Grup Musik Westlife Bubar

1509

Henry VIII dinobatkan sebagai raja Inggris dan Irlandia. Ia adalah Raja Inggris pertama yang menguasai Irlandia. Henry VIII juga melanjutkan kekuasaan para penguasa Inggris atas Kerajaan Prancis.

1571

Penjelajah asal Spanyol, Miguel Lopez de Legazpi, menetapkan Manila sebagai ibu kota Hindia Timur kekuasaan Spanyol. Miguel Lopez adalah penjelajah pertama yang mendirikan permukiman orang Spanyol di Hindia Timur atau dikenal sebagai Asia Tenggara.

1779

Pasukan Prancis dan Spanyol memulai Pengepungan Gibraltar untuk mengambil alih kekuasaan di Selat Gibraltar dari Inggris. Pada akhirnya, Prancis dan Spanyol yang telah melakukan pengepungan selama hampir empat tahun itu gagal merebut kekuasaan di Selat Gibraltar.

Baca juga: Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, 4 Penumpang Luka-Luka

1913

Yunani dan Serbia membatalkan persekutuan mereka dengan Bulgaria. Keputusan tersebut lantas memicu meletusnya Perang Balkan Kedua.

1943

Pertempuran Bamber Bridge meletus di Bamber Bridge, Lancashire, Inggris. Pertempuran tersebut dipicu penangkapan tentara Inggris berkulit hitam yang dianggap memberontak oleh polisi militer Amerika Serikat (AS).

1987

Lionel Andres Messi lahir di Rosario, Argentina. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Barcelona. Messi juga dikenal sebagai pemain yang telah meraih banyak trofi Ballon D’Or.

Baca juga: Yuk Melihat Fenomena Langka 5 Planet Berjajar Pada 24 Juni 2022

2005



Baku tembak antara polisi dan kelompok pemberontak Maois terjadi di Bihar, India setelah sekitar seratus pemberontak menyerang sebuah kantor polisi dan dua bank. Dari kejadian itu, dua warga sipil, dua polisi, dan 16 anggota kelompok pemberontak meninggal.

2006

Perdana Menteri Phan Van Khai, Presiden Tran Duc Luong dan Ketua Dewan Nasional Nguyen Van An mengundurkan diri. Anggota-anggota Dewan Nasional Vietnam mendukung penuh pengunduran diri ketiganya pada 24 Juni.

2007

Sepupu Saddam Hussein, Ali Hassan al-Majid yang dijuluki “Ali Kimia” dan dua orang anggota rezim lainnya, dijatuhi hukuman gantung karena dituduh membantai hingga 180.000 warga Kurdi dengan senjata kimia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya