SOLOPOS.COM - Peristiwa Bandung Lautan Api, 23 Maret 1946 (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Pada 23 Maret 1946, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar tempat tinggal mereka untuk mencegah Sekutu dan tentara NICA menguasai kota itu. Perisitiwa ini dikenal sebagai Bandung Lautan Api.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-82—hari ke-83 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 23 Maret.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Bandung Lautan Api, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 23 Maret.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Bandung Lautan Apio, pada 23 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 23 Maret:

Galaksi Mata Hitam (Wikipedia.org)
Galaksi Mata Hitam (Wikipedia.org)

1779

Galaksi Mata Hitam juga disebut Messier 64, M64, atau NGC 4826 ditemukan oleh Edward Pigott pada 23 Maret 1779. Diektahui galaksi ini memiliki sebuah jalur debu penyerap gelap yang spektakuler di depan inti cerah galaksi, sehingga menimbulkan julukan “Mata Hitam” atau “Mata Setan”.

1801

Kaisar atau Tsar Rusia, Paul I, dibunuh di kamar tidurnya di Istana Saint Michael. Kemudian banyak sejarawan menduga putra Paul I, Alexander, terlibat dalam kasus pembunuhan tersebut. Sehari setelah meninggal, jabatan Paul I sebagai Kaisar atau Tsar Rusia resmi digantikan Alexander.

1901

Republik Filipina Pertama yang didirikan sejak 1897 dibubarkan setelah presidennya, Emilio Aguinaldo, ditangkap oleh tentara Amerika Serikat (AS) pimpinan Frederick Funston pada 23 Maret. Pihak AS memang tak ingin Filipina merdeka. Namun pada 1946, AS mengakui Filipina sebagai negara merdeka.

1918

Dalam Perang Dunia I, Jerman berhasil mengalahkan 10 batalion tentara Inggris di sebelah utara Prancis. Seingga banyak tentara Inggris yang tewas dan menjadi tahanan perang dalam kemenangan Jerman tersebut.

1919

Benito Amilcare Andrea Mussolini seorang veteran Perang Dunia I ini mendirikan partai fasis nasional pada 23 Maret 1919 dengan nama Fasci di Combattimento. Adapun nama tersebut dipilih karena Mussolini terinspirasi oleh pergerakan revolusi petani Italia di abad 19.

1939

Angkatan Udara Hungaria menyerang markas Angkatan Udara Slovakia di Spisska Nova Ves. Akibat serangan tersebut, 13 orang tewas. Serangan itu juga menjadi pemicu meletusnya Perang Hungaria-Slovakia.

1946

Dalam kurun waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar tempat tinggal mereka dan meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung pada 23 Maret. Hal ini dilakukan demi mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan Kota Bandung sebagai markas. Peristiwa itu dikenal dengan sebagai Bandung Lautan Api.

1956

Sistem pemerintahan pakistan secara resmi berubah menjadi republik dan nama negaranya menjadi Republik Islam Pakistan. Kini, negara tersebut memiliki jumlah penduduk terbanyak keenam di dunia.

1978

H. Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatra Utara, 22 Juli 1917 adalah seorang politikus Indonesia dan mantan jurnalis yang menjabat sebagai wakil presiden ketiga pada 23 Maret.

1987

Tentara Rerpublik Irlandia menyerang pangkalan militer Inggris di Rheindahlen, Jerman Barat menggunakan bom berdaya ledak tinggi. Akibatnya sebanyak 30 orang terluka dalam serangan tersebut.

1994

Pesawat Airbus A310-304 dari maskapai penerbangan Aeroflot dengan nomor penerbangan 593 yang lepas landas dari Bandara Internasional Sheremetyevo, Moskow, Rusia menabrak lereng bukit di Oblast Kemerovo, Rusia pada 23 Maret. Diketahui kecelakaan itu disebabkan anak sang pilot yang masih berumur 15 tahun, Eldar Kudrinsky, duduk di kokpit dan secara tak sengaja mematikan fitur autopilot atau pilot otomatis. Akibat kecelakaan itu menewaskan seluruh penumpang dan kru pesawat sejumlah 75 orang.

2007

Angkatan Laut Iran menangkap 15 personel Angkatan Laut Inggris yang sedang berpatroli di perairan Irak. Bahkan Iran menuduh kelima belas tentara Inggris tersebut telah memasuki kawasan Iran tanpa izin.



Lee Kuan Yew. (Reuters)
Lee Kuan Yew. (Reuters)

2015

Perdana Menteri pertama Singapura, Lee Kuan Yew, meninggal dunia 23 Maret pada usianya yang ke-91 tahun. Lee Kuan Yew menjabat sebagai perdana menteri Singapura sejak 1959 hingga 1990.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya