SOLOPOS.COM - Logo Organisasi Internasional untuk Standardisasi atau ISO (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Organisasi Internasional untuk Standardisasi atau International Organization for Standardization (ISO) didirkan pada 23 Februari 1947. ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 23 Februari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 23 Februari yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 23 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Patung kepala Diokletianus di Museum Arkeologi Istanbul. Diokletianus adalah kaisar Romawi yang menindas umat Kristen. (Wikipedia.org)
Patung kepala Diokletianus di Museum Arkeologi Istanbul. Diokletianus adalah kaisar Romawi yang menindas umat Kristen. (Wikipedia.org)

303

Kaisar Romawi, Gaius Aurelius Valerius Diokletianus atau yang dikenal dengan nama Diokletianus, memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan gereja Kristen di Nikomedia yang kini disebut sebagai Kota Izmit di Turki. Namun, perintah Diokletianus itu adalah awal dari rangkaian penindasan umat Kristen di wilayah Kekaisaran Romawi selama delapan tahun. Kemudian penindasan tersebut dikenang dengan sebutan Penindasan Diokletianus.

532

Kaisar Bizantium, Yustinianus I, memerintahkan rakyatnya untuk membangun gereja Kristen yang besar dan megah di Konstantinopel yang kini dikenal dengan nama Istanbul di Turki pada 23 Februari. Kemudian gereja itu kini dikenal dengan nama Hagia Sophia dan sudah menjadi museum. Namun, bangunan yang awalnya difungsikan sebagai gereja ini sempat difungsikan sebagai masjid saat Kostantinopel dikuasai Kesultanan Utsmani.

1554

Pasukan dari suku Mapuche di Cile pimpinan Lautaro berhasil mengalahkan pasukan Spanyol dalam Pertempuran Marihuenu. Kemudian pasukan Mapuche berusaha mengusir pasukan Spanyol yang terus menguasai wilayah Amerika Selatan, tak terkecuali Cile.

Lukisan karya Charles Willson Peale yang menggambarkan sosok Friedrich Wilhelm von Steuben. (Wikipedia.org)
Lukisan karya Charles Willson Peale yang menggambarkan sosok Friedrich Wilhelm von Steuben. (Wikipedia.org)

1778

Petinggi militer dari Kerajaan Prusia Jerman, Baron von Steuben, tiba di Valley Forge, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) untuk membantu Angkatan Bersenjata Kontinental dalam melawan pasukan Inggris Raya pada 23 Februaru. Adapun Angkatan Bersenjata Kontinental adalah pasukan yang yang dibentuk oleh koloni-koloni yang kini menjadi bagian dari AS untuk berperang melawan Britania Raya.

1893

Rudolf Christian Karl Diesel adalah seorang penemu Jerman, terkenal akan penemuannya, mesin diesel. Kemudian Diesel mengembangkan ide sebuah mesin pemicu kompresi pada dekade terakhir abad ke-19 dan menerima hak paten untuk alat tersebut pada 23 Februari.

1904

Amerika Serikat (AS) mendapatkan kontrol atas Terusan Panama setelah berhasil membantu Panama merdeka dari Kolombia. Namun demikian, AS juga membayar US$10 juta kepada Panama.

1923

Kiai Haji Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang merupakan pendiri Muhammadiyah. Meninggal di Jogja 23 Februari 1923.

1944

Uni Soviet mendeportasi sejumlah tentara yang berada di Chechnya dan Ingushetia ke wilayah Asia Tengah. Sejumlah tentara itu dituduh telah mengkhianati Uni Soviet dan bekerja sama dengan tentara Nazi Jerman.

1945

Bendera Amerika Serikat (AS) berkibar di Pulau Iwo Jima setelah AS berhasil merebut pulau tersebut dari Jepang pada 23 Februari. Sebelumnya, AS terlibat pertempuran sengit dengan Jepang dalam usahanya merebut Pulau Iwo Jima. bahkan AS harus kehilangan kapal induk terbesarnya kala itu, USS Bismarck Sea, yang tenggelam setelah dibombardir dan dihantam kamikaze pesawat tempur milik Jepang.

1947

Organisasi Internasional untuk Standardisasi atau International Organization for Standardization (ISO) didirkan pada 23 Februari. ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.

Harold Macmillan. (Wikipedia.org)
Harold Macmillan. (Wikipedia.org)

1959

Perdana Menteri Inggris Harold Macmillan tiba di Rusia untuk bertemu dengan pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev. Kunjungan Macmillan itu adalah upaya untuk memperbaiki hubungan Inggris dan Uni Soviet. Kemudian dalam pertemuan tersebut, Inggris dan Rusia bersepakat untuk menghentikan uji coba nuklir yang mereka lakukan di negara masing-masing.

1997

Untuk kali pertama di Amerika Serikat (AS), sebuah film yang ditayangkan di saluran televisi berlangsung tanpa iklan. Film yang ditayangkan kala itu adalah Schindler's List karya sutradara Steven Spielberg yang diadaptasi dari novel berjudul Schindler's Ark karya Thomas Keneally. Di mana stasiun televisi yang menayangkan film tanpa iklan itu adalah NBC.

2005

KTT Slowakia 2005 adalah sebuah konferensi tingkat tinggi antara George W. Bush, Presiden Amerika Serikat, dan Vladimir Putin, Presiden Rusia di Bratislava, Slowakia. Pertemuan tersebut berlangsung pada 23 Februari hingga 25 Februari 2005. Bahkan KTT ini merupakan kesempatan pertama di mana Presiden AS mengunjungi Slowakia semenjak kemerdekaannya tahun 1993.

2013



Anas Urbaningrum mengundurkan diri Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada 23 Februari terkait dengan penetapan statusnya sebaga tersangka dalam kasus megaproyek Hambalang. Anas menjabat Ketum Partai Demokrat sejak 23 Mei 2010.

2014

Parlemen Ukraina menetapkan Oleksandr Turchynov sebagai presiden sementara setelah Viktor Yanukovych dipaksa turun dari jabatannya menyusul aksi protes yang terus disuarakan rakyat Ukraina. Sebelumnya, aksi protes yang disuarakan rakyat Ukraina seakan tak ada matinya karena Viktor Yanukovych terus menggaungkan kampanye anti-Uni Eropa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya