SOLOPOS.COM - Konferensi Meja Bundar (KMB) dilaksanakan di Den Haag, Belanda dimulai pada 23 Agustus 1949. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda, dari 23 Agustus hingga 2 November 1949 antara perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO.

Masih banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak pada 23 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

811

Pasukan Kekaisaran Bizantium yang dipimpin Kaisar Nikephoros I menyerbu Ibu Kota Mongolia, Pilska. Pada penyerbuan itu, pasukan Kekaisaran Bizantium menjarah harta benda milik pemimpin Mongolia, Krum Khan.

1677

Di masa Perang Scania, pasukan Denmark-Norwegia berhasil merebut wilayah Marstrand dari cengkeraman Kerajaan Swedia. Perang Scania adalah perang antara Denmark-Norwegia dan Swedia yang berlangsung dari 1675 hingga 1679.

1793

Setelah melakukan pengepungan selama 18 pekan, pasukan Kerajaan Prusia kembali menguasai wilayah Mainz yang direbut Prancis pada 1792. Pada 1797, Prancis kembali merebut Mainz. Namun sejak 1918, Mainz kembali ke pangkuan Jerman.

Baca juga: 6 Bulan Perang Melawan Ukraina, Rusia Disebut Untung Rp2.000 Triliun

1929

Pemerintah Italia melarang penggunaan bahasa asing di dalam negeri. Kebijakan itu diambil karena pemerintah Italia menganut fasisme. Dalam ideologi fasis, kebinekaan dilarang dan perintah dari pemimpin harus ditaati tanpa pengecualian.

1942

Pasukan Jerman memulai Operasi Edelweiss untuk merebut Gunung Kaukasus dari Uni Soviet. Operasi itu memicu Pertempuran Kaukasus yang meletus dua hari kemudian.

1942

Jerman mulai membuka penampungan di Treblinka, Polandia untuk menampung orang-orang Yahudi. Saat difungsikan hingga Oktober 1943, sekitar 700.000 hingga 900.000 orang Yahudi di penampungan tersebut dibunuh menggunakan gas beracun.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 22 Agustus 1945, Terbentuknya BKR Cikal Bakal TNI

1943

Kapal perusak milik Inggris, HMS Eclipse dan HMS Laforey, menenggelamkan kapal selam milik Italia, Ascianghi, di Laut Tengah. Ascianghi dibombardir karena meluncurkan torpedo ke arah HMS Newfoundland.

1949

Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda, dari 23 Agustus hingga 2 November 1949 antara perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO. Konferensi ini berakhir dengan kesediaan Belanda untuk menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat.

1952

Gamal Abdul Nasser memimpin sebuah kudeta militer di Mesir demi menggulingkan pemerintahan Raja Farouk I. Raja Farouk I lantas menghabiskan sisa hidup di pengasingannya di Monako hingga akhir hayatnya.

Baca juga: Lepas Pekerja Migran ke Korsel, Airlangga: PMI Sumbang Devisa Rp159,6 Triliun

1992



Abkhazia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Georgia. Meski demikian, kedaulatan Abkhazia tak diakui dunia internasional hingga kini. Satu-satunya negara yang mengakui kedaulatan Abkhazia adalah Rusia.

2001

Megawati Soekarnoputri dilantik sebagai presiden Indonesia menggantikan Abdurrahman Wahid. Sebelumnya, Megawati adalah wakil presiden di masa pemerintahan Preisden Abdurrahman Wahid. Megawati menggantikan Abdurrahaman Wahid yang terpaksa harus melepas jabatannya setelah MPR secara resmi memakzulkannya.

2009

Rubens Barrichello memenangi GP F1 Eropa yang berlangsung di sirkuit jalan raya kota Valencia, Spanyol pada 23 Agustus. Ini merupakan kemenangan pertama setelah balapan di China 2004.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya