SOLOPOS.COM - Pertamina menaikkan harga sejumlah BBM,, pada 22 Juni 2013. (Pertamina.com)

Solopos.com, SOLO — Harga BBM Pertamina bersubsidi naik pada 22 Juni 2013, yakni harga Solar dari Rp4.500 per liter menjadi Rp5.500 per liter dan Premium dari Rp4.500 per liter menjadi Rp6.500 per liter.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 22 Juni yang dihimpun Solopos.com, dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1527

Fatahillah berhasil mengusir Bangsa Portugal dari pelabuhan di Sunda Kelapa. Ia lantas menamai daerah Sunda Kelapa dengan nama Jayakarta yang berarti Kota Kemenangan. Jayakarta kini berubah nama menjadi Jakarta sekaligus menjadi ibu kota Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

1593

Pertempuran Sisak antara pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan persekutuan Kristen meletus di Sisak, Kroasia. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi pasukan persekutuan Kristen. Kesultanan Ottoman kehilangan 8.000 tentaranya.

1622

Pertempuran Makau meletus di Makau, Tiongkok melibatkan armada Angkatan Laut Belanda dan Portugal. Pertempuran ini pecah setelah Belanda melancarkan serangan ke kota Makau yang dikuasai Portugal. Pertempuran dimenangi Portugal.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 21 Juni 1961 Jokowi Lahir, Soekarno Wafat

1633

Kementerian Suci di Roma memaksa Galileo Galilei mengakui kesalahannya terkait pendapatnya bahwa matahari, bukan bumi, yang menjadi pusat tata surya. Pandangannya itu dianggap melenceng dari keyakinan yang selama ini dianut masyarakat maupun gereja Roma saat itu.

1933

Pemimpin Jerman Adolf Hitler melarang pembentukan partai politik di Jerman. Satu-satunya partai politik yang ada saat itu adalah Partai Sosialis Nasional. Hal itu menjadikan Jerman sebagai negara yang hanya memiliki satu partai politik.

1941

Blok Poros memulai Operasi Barbarossa dengan mengerahkan 4,5 juta tentar untuk mengivasi Uni Soviet. Blok Poros yang digawangi Jerman, Rumania, Finlandia, Italia, Hungaria, Slovakia, dan Kroasia berhasil mencaplok beberapa kawasan di Uni Soviet.

Baca juga: Sering Dikencingi, Gunung Everest Mencair

1941

Pemberontakan yang dilakukan pejuang Lituania untuk mengusir pasukan Uni Soviet memanfaatkan situasi genting di Uni Soviet yang diserang pasukan Blok Poros. Lituania akhirnya membentuk pemerintahan sementara menyusul hengkangnya pemerintahan Uni Soviet.

1987

Lee Min-ho lahir di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi dan aktor ternama yang pernah membintangi sejumlah film dan serial televisi.

2002

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang sebelah barat daya Iran. Peristiwa itu menewaskan 261 orang dan melukai sedikitnya 1.300 orang. Juga membuat masyarakat marah karena penanganan pemerintah setempat yang dinilai lamban.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 20 Juni 1840 Samuel Morse Terima Hak Paten Telegraf

2013



Harga BBM Pertamina bersubsidi naik pada 22 Juni 2013, yakni harga Solar dari Rp4.500 per liter menjadi Rp5.500 per liter dan Premium dari Rp4.500 per liter menjadi Rp6.500 per liter.

2016

Satelit mini LAPAN-IPB, hasil kolaborasi LAPAN dan Institut Pertanian Bogor, diluncurkan oleh Polar Satellite Launch Vehicle/ISRO bersama dengan Cartosat-2C dan 19 satelit lainnya pada 22 Juni.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya