Sejarah Hari Ini: 21 Mei 1998, 32 Jadi Presiden, Soeharto Mundur

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 21 Mei.
SHARE
Sejarah Hari Ini: 21 Mei 1998, 32 Jadi Presiden, Soeharto Mundur
SOLOPOS.COM - Presiden Soeharto saat menyatakan mengundurkan diri sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998. (Bisnis.com-Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Presiden kedua Indonesia, Soeharto, mengumumkan pengunduran dirinya, 21 Mei 1998. Presiden Soeharto mundur setelah menjabat selama kurang lebih 32 tahun.

Mundurnya Soeharto itu merupakan salah satu dari berbagai peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 21 Mei.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

996

Otto III naik takhta menjadi Kaisar di Kekaisaran Romawi saat itu masih berusia 16 tahun. Ia memimpin Kekaisaran selama enam tahun hingga dirinya meninggal dunia di usia 22 tahun pada 1002.

1403

Raja Henry III dari Kerajaan Kastila mengirim duta besarnya ke kerajaan-kerajaan kecil di Eropa Timur untuk bersekutu. Tujuannya untuk mengajak kerajaan kecil di Eropa Timur bersekutu dan lanats berperang melawan Kekaisaran Ottoman.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 20 Mei 1908 Berdirinya Budi Utomo Sebagai Harkitnas

1864

Rusia menyatakan Perang Rusia-Circassian telah berakhir. Orang-orang Circassian di wilayah Rusia dideportasi dan kebanyakan diasingkan. Hari berakhirnya Perang Rusia-Circassian itu sekaligus menjadi hari kesengsaraan bagi orang-orang Circassian.

Logo FIFA
Logo FIFA

1904

Federation Internationale de Football Association (FIFA) atau Federasi Sepak Bola Internasional didirikan di Paris, Prancis. Selain mempromosikan sepak bola ke seluruh penjuru dunia, FIFA juga bertugas membuat aturan dalam permainan sepak bola.

1932

Amelia Earhart menjadi wanita pertama di dunia yang mampu melintasi Samudra Atlantik menggunakan pesawat terbang. Penerbangan itu ia mulai dari Newfoundland di Kanada menuju Irlandia.

Baca juga: Hari Ke-86 Perang Rusia vs Ukraina, Kota Donbas Seperti Neraka

1935

Dua tahun setelah menjabat sebagai pemimpin Jerman, Adolf Hitler menyatakan tak akan menghentikan produksi senjata kemiliteran di negaranya sebelum Jerman berhasil menjadi negara adikuasa.

1982

Angkatan Udara Argentina berhasil menenggelamkan kapal perang milik Inggris, HMS Ardent, di Kepulauan Falkland. Peristiwa itu terjadi dalam perang antara Argentina dan Inggris yang merebutkan Kepulauan Falkland.

1991

Perdana Menteri India Rajiv Gandhi tewas terbunuh dalam serangan bom di Tamil Nadu. Serangan bom itu berlangsung saat Rajiv berkampanye untuk pemilihan umum di India.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 19 Mei 2018 Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan

1998

Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, mengumumkan pengunduran dirinya setelah menjabat selama 32 tahun. Ia lantas digantikan B.J. Habibie yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden.

2005

Warga Montenegro mulai melakukan pemungutan suara untuk memisahkan diri dari Serbia. Lebih dari 55 persen warga Montenegro menyatakan ingin memisahkan diri Serbia. Kemerdekaan Montenegro dari Serbia resmi diumumkan setahun kemudian.

2011

Yoyoh Yusroh tokoh wanita Indonesia dan politisi senior Partai Keadilan Sejahterameninggal pada Sabtu, 21 Mei 2011 dalam kecelakaan di Jalan Tol Palimanan–Kanci saat perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago