Sejarah Hari Ini : 20 November 1945, Penjahat Perang Nazi Mulai Diadili

Beragam peristiwa bersejarah terjadi pada 20 November terangkum dalam Sejarah Hari Ini, di antaranya dimulainya proses persidangan untuk mengadili penjahat perang Nazi Jerman di Kota Nurnberg.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 20 November 1945, Penjahat Perang Nazi Mulai Diadili
SOLOPOS.COM - Kastil di Kota Nurnberg Jerman. (wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Pada 20 November 1945, Proses Nurnberg yang mengadili 24 penjahat perang Nazi dimulai. Proses Nurnberg atau Persidangan Nuremberg adalah suatu rangkaian persidangan kasus-kasus yang berkaitan dengan para anggota utama dari kelompok pemimpin politik, militer dan ekonomi dari Nazi Jerman.

Rangkaian persidangan ini dilakukan di Kota Nurnberg, Jerman, dari tahun 1945 sampai 1946, di gedung Pengadilan Nurnberg (Nuremberg Palace of Justice). Dimulainya Proses Nurnberg adalah satu satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 20 November, hari ke-324 (hari ke-325 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Selain dimulainya Prosesi Nurnberg, masih banyak peristiwa bersejarah pada 20 November yang terangkum pada Sejarah Hari Ini seperti dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1917

Pertempuran Cambrai pada Perang Dunia I dimulai. Dalam pertempuran ini pasukan Inggris kali pertama memakai tank dab berhasil menghancurkan pasukan Jerman. Namun, Jerman membalas serangan itu dengan taktik infanteri baru. Pertempuran yang terjadi di Cambrai, Prancis ini menjadi salah satu yang terpenting dalam sejarah dunia.

Baca juga: Jelang Musim Dingin, Kasus Covid-19 di Jerman Tembus 50.000 Per Hari

1945

Proses Nurnberg yang mengadili 24 penjahat perang Nazi dimulai. Proses Nurnberg atau Persidangan Nuremberg adalah suatu rangkaian persidangan kasus-kasus yang berkaitan dengan para anggota utama dari kelompok pemimpin politik, militer dan ekonomi dari Nazi Jerman. Rangkaian persidangan ini dilakukan di Kota Nurnberg, Jerman, dari tahun 1945 sampai 1946, di gedung Pengadilan Nurnberg (Nuremberg Palace of Justice).

1947

Elizabeth Alexandra Mary atau yang dikenal dengan nama Ratu Elizabeth II dari Inggris menikah Pangeran Philip di Westminster Abey. Pernikahan yang digelar di gereja megah di Kota London, Inggris, dihadiri sekitar 2.500 tamu undangan dari seluruh dunia.

1959

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan hak untuk anak-anak. Dokumen yang mengatur hak anak-anak yang disebut dengan Deklarasi Jenewa ini pada mulanya disusun oleh Eglantyne Jebb. Dokumen ini merupakan wujud nyata atas upaya perlindungan terhadap anak-anak.

1973

Kolonel Moammar Khadafy dari Libya mengkritik rencana perdamaian Timur Tengah yang diusulkan Amerika Serikat, salah satunya terkait konflik Israel dan Palestina. Dia mendesak orang Yahudi yang menduduki tanah Palestina kembali ke Israel. Bahkan, dia menilai perang adalah satu-satunya solusi untuk menciptakan perdamaian di antara kedua negara tersebut.

1979

Kelompok muslim yang mengatasnamakan diri sebagai Ikhwan merebut Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. Mereka menyandera sebanyak 6.000 jemaah haji. Akibat serangan itu, pemerintah Arab Saudi mengevakuasi Kota Mekkah dalam dua pekan.

Baca juga: Eropa Dibayangi Keganasan Gelombang Baru Covid-19, Kematian Tertinggi

1985

Microsoft Coorporation meluncurkan sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) versi pertama yang dikenal dengan nama Windows 1.0. Sistem operasi ini sebenarnya kali pertama dibuat pada 1983. Namun, karena banyaknya hambatan, pihak Microsoft baru meluncurkannya pada 20 November 1985.

1992

Istana Windsor di Berkshire, Inggris, yang merupakan kediaman Ratu Elizabeth II terbakar. Kebakaran itu mengancurkan lebih dari 100 ruangan. Beruntung, kebakaran itu terjadi saat istana kosong, sehingga tidak memakan korban jiwa.

1994

Pemerintah Angola dan kelompok pemberontak UNITA menandatangani gencatan senjata sebagai bagian dari Protokol Lusaka di Zambia. Protokol Lusaka yang ditandatangani di Lusaka, Zambia, pada tanggal 31 Oktober 1994 mencoba mengakhiri perang saudara diAngola dengan menggabungkan dan melucuti Uniao Nacional para a Independencia Total de Angola dan rekonsiliasi nasional.

 

Putri Diana (Cnn.com)
Putri Diana (Cnn.com)

1995

Putri Diana menceritakan kehidupan rumah tangganya bersama Pangeran Charles kepada Martin Bashir. Percakapan antara Putri Diana dan Martin ini kemudian disiarkan salah satu stasiun televisi Inggris. Saat itu, dia menceritakan soal hubungannya dengan sang instruktur berkuda, James Hewitt. Dia juga mengungkap perjuangannya melawan bulimia dan depresi.

2006

Presiden Amerika Serikat, George Walker Bush melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Dalam kunjungan itu, dia disambut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor. Kala itu, Bush hanya melakukan kunjungan selama enam jam.

Baca juga: AS akan Cabut Aturan Pakai Masker dalam Ruangan Mulai 22 November 2021

2013

Rangkaian serangan bom terjadi di Baghdad, Irak. Serangan itu menewaskan sekitar 30 orang. Menurut keterangan pihak kepolisian, serangan itu dilakukan menyasar kelompok Syiah di kota tersebut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago