SOLOPOS.COM - Bom bunuh diri di Masjid Yaman 20 Maret 2015 (bbci.co.uk)

Solopos.com, SOLO — Serangan bom bunuh diri terjadi saat salat Jumat di dua masjid di Sanaa, Ibu Kota Yaman, yakni masjid Badr dan masjid Al Hashoosh di pusat kota pada 20 Maret 2015. Kejadian tersebut menewaskan sekurang-kurangnya 126 orang yang berada di kedua masjid tersebut.

Peristiwa bom bunuh diri itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-79—hari ke-80 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 20 Maret.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Tunisia merdeka, pada 20 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1413

Henry V resmi menjadi raja Inggris. Kemudian selama berkuasa, Henry V berhasil mengalahkan Prancis dalam Pertempuran Agincourt yang lantas membuatnya juga menjadi Raja Prancis.

Bendera VOC yang didirikan pada 20 Maret 1602 (Wikipedia.org)

Bendera VOC yang didirikan pada 20 Maret 1602 (Wikipedia.org)

1602

Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC, didirikan pada 20 Maret 1602. VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia.Meskipun merupakan persekutuan dagang, tetapi VOC istimewa karena didukung oleh negara dan diberi fasilitas serta hak-hak istimewa.Misalnya VOC boleh memiliki tentara.

Baca juga: Jepang Diguncang Gempa, 2 Meninggal dan 92 Orang Terluka

1815

Di bulan Februari, Napoleon Bonaparte melarikan diri dari tempat pengasingannya di Pulau Elba. Kemudian ia memasuki Kota Paris bersama pasukannya pada 20 Maret, menandai dimulainya masa Seratus Hari dari kekuasaannya.

1945

Pasukan Inggris berhasil mengusir Jepang yang menduduki wilayah Mandalay, Myanmar. Kendati sebelumnya, Jepang telah menduduki Mandalay sejak 1942.

1951

Pasukan Indonesia menyerang Negara Islam Indonesia (NII) atau yang dikenal Darul Islam (DI) pada 20 Maret 1951. Darul Islam dibentuk oleh sekelompok milisi muslim, dikoordinasikan oleh seorang politikus muslim bernama Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

1954

Sebanyak 60.000 tentara Vietnam Utara mengepung 16.000 tentara Prancis di Vietnam Selatan. Namun demikian, pasukan Prancis berhasil bertahan dari kepungan itu selama enam pekan sebelum akhirnya kalah karena Vietnam Utara mengirim lebih banyak tentara.

Baca juga: Solopos Hari Ini: Minyak Goreng Tetiba Melimpah Tapi Mahal

Bendera Tunisia. (Freepik.com)
Bendera Tunisia. (Freepik.com)

1956

Tunisia memperoleh kemerdekaan penuh dari Prancis pada 20 Maret. Namun baru mendeklarasikan pembentukan negara republik setahun kemudian. Sebelum merdeka, Tunisia dikuasai Prancis sejak 1881.

1966

Trofi kejuaraan sepak bola Piala Dunia dipamerkan di Westminster Hall, London, Inggris sebelum kompetisi yang digelar di Inggris itu dibuka. Kemudian dalam ajang Piala Dunia yang digelar di Inggris ini, sang tuan rumah berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Jerman Barat di laga final.

1969

Vokalis The Beatles John Lennon menikahi wanita asal Jepang, Yoko Ono pada 20 Maret. Sebelum menikah dengan Yoko Ono, John pernah menikah dengan Cynthia Powell, namun bercerai pada 1968.

Fernando Torres (Dailymail.co.uk)

1984

Fernando Jose Torres Sanz atau yang lebih dikenal dengan Fernando Torres lahir di Madrid, Spanyol. Ia dikenal sebagai bintang sepak bola yang pernah bermain untuk klub besar seperti Atletico Madrid, Liverpool, dan Chelsea.



Baca juga: Sejarah Hari Ini: 18 Maret 2015 Penyerangan Museum Tunisia

1990

Namibia memproklamasikan kemerdekaannya dari Afrika Selatan pada 20 Maret. Sebelumnya, Afrika Selatan memegang kontrol penuh atas negara tersebut selama 75 tahun.

2003

Pasukan Amerika Serikat (AS) tiba di Irak untuk memulai Operasi Kebebasan Irak. Pasukan AS datang ke Irak bersama pasukan dari tiga negara lain, yakni Inggris, Australia, dan Polandia. Pada saat itu juga, pasukan AS membombardir Kota Baghdad dengan rudal.

2006

Lebih dari 150 tentara Chad tewas ditembaki para anggota kelompok pemberontak pada 20 Maret. Kelompok pemberontak tersebut menginginkan Presiden Chad, Idriss Debby, untuk segera mundur dari jabatannya.

2015

Serangan bom bunuh diri terjadi saat salat Jumat di dua masjid di Sanaa, Ibu Kota Yaman, yakni masjid Badr dan masjid Al Hashoosh di pusat kota pada 20 Maret 2015. Kejadian tersebut menewaskan sekurang-kurangnya 126 orang yang berada di kedua masjid tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya