SOLOPOS.COM - Samuel Morse penemu telegraf untuk mengirim pesan telegram. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Samuel Morse menerima hak paten atas alat yang ia ciptakan, yakni Telegraf pada 20 Juni 1840. Telegraf adalah alat untuk mengirim pesan jarak jauh. Pesan yang dikirim dengan telegraf disebut telegram.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 20 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1819

Kapal uap milik Amerika Serikat (AS) SS Savannah menjadi kapal uap pertama yang berhasil mengarungi Samudera Atlantik. SS Savanah berangkat dari New York, AS dan mendarat di Liverpool, Inggris. Kapal tersebut mengarungi Samudera Atlantik tanpa ada pendampingan dari kapal lain.

Ekspedisi Mudik 2024

1837

Alexandrina Victoria dinobatkan menjadi ratu Inggris. Victoria memimpin Inggris selama lebih dari 63 tahun hingga akhir hayatnya pada 1901. Ratu Victoria menjadi pemimpin Inggris terlama kedua setelah Ratu Elizabeth II yang masih memimpin hingga kini.

1840

Samuel Morse menerima hak paten atas alat yang ia ciptakan, yakni Telegraf. Telegraf adalah alat untuk mengirim pesan jarak jauh, isi pesan yang dikirim menggunakan kode Morse. Pesan yang dikirim dengan telegraf disebut telegram.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 19 Juni 1944 Pertempuran Laut Filipina

telepon pertama di dunia
Alexander Graham Bell. (Wikipedia.org)

1877

Alexander Graham Bell yang dikenal sebagai penemu telepon memasang jaringan telepon komersial pertama di dunia. Jaringan itu ia pasang di Hamilton, Ontario, Kanada. Namun, Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon yang sesungguhnya.

1895

Terusan Kiel di Schleswig-Holstein, Jerman resmi dibuka. Terusan ini menghubungkan Laut Utara dengan Laut Baltik. Terusan ini memperpendek jarak 460 km, kapal juga dapat menghindari lautan yang sering dihantam badai.

1900

Tim Ekspedisi Kutub Rusia yang dipimpin Baron Eduard Toll meninggalkan pelabuhan di Saint Petersburg, Rusia untuk melakukan penjelajahan di Kutub Utara menggunakan kapal penjelajah, Zarya. Namun Toll bersama awak kapal tak pernah kembali dan tak pernah ditemukan.

1940

Pasukan Italia mulai menginvasi Prancis. Dari invasi itu, pasukan Italia gagal mencaplok wilayah Prancis. Selain itu, Italia kehilangan sekitar 300.000 tentaranya, sedangkan Prancis hanya kehilangan 180.000 tentaranya.

Baca juga: PKB Pede Koalisi dengan Gerindra Usung Prabowo Capres 2024

1944

Demi mengakhiri Serangan Vyborg–Petrozavodsk di Finlandia, Uni Soviet meminta pihak Finlandia menyerah tanpa syarat. Namun karena mendapat dukungan dari Jerman dan Italia, pihak Finlandia menolak menyerah. Pertempuran berhasil dimenangi Uni Soviet.

1967

Muhammad Ali dijatuhi hukuman penjara karena tiga kali menolak perintah wajib militer yang dicanangkan pemerintah Amerika Serikat (AS). Ali menolak hal tersebut karena ia tak sudi terlibat perang di Vietnam. Hukuman Muhammad Ali lantas dicabut oleh Mahkamah Agung AS.

1978

Frank James Lampard lahir di Ramford, London, Inggris. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Chelsea, sejak 2001 hingga 2014. Lampard gantung sepatu pada 2016 silam.



Baca juga: Sejarah Hari Ini: 18 Juni 1989 Negara Burma Menjadi Myanmar

1991

Hauptstadtbeschluss adalah keputusan yang diambil oleh Bundestag Jerman pada tanggal 20 Juni 1991 usai penyatuan kembali Jerman untuk memindahkan pusat pemerintahan dari Bonn ke Berlin.

Ayu Ting Ting (Instagram @ayutingting92)
Ayu Ting Ting (Instagram @ayutingting92)

1992

Ayu Rosmalina, dikenal dengan nama panggung Ayu Ting Ting adalah seorang penyanyi dangdut, aktris, pembawa acara, pelawak, youtuber dan personaliti televisi kelahiran 20 Juni 1992.

2005

Jack St. Clair Kilby seorang insinyur listrik Amerika Serikat adalah seorang insinyur listrik Amerika Serikat penerima Hadiah Nobel Fisika di Stockholm, Swedia sebagai tokoh pertama yang menemukan sirkuit gabungan. Jack Kilby meninggal pada 20 Juni 2005.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya