SOLOPOS.COM - Pemerintahan Sementara Hungaria yang dipimpin Perdana Menteri Bela Miklos de Dalnok sepakat menandatangani gencatan senjata dengan Sekutu

Solopos.com, SOLO — Pemerintahan Sementara Hungaria yang dipimpin Perdana Menteri Bela Miklos de Dalnok sepakat menandatangani gencatan senjata dengan Sekutu pada 20 Januari 1945. Hal itu sekaligus mengakhiri keikutsertaan Hungaria dalam Perang Dunia II.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-20 sesuai sistem Kelender Gregorian, 20Januari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 20 Januari yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1567

Pasukan Prancis yang menyerang pasukan Portugal di Rio de Janeiro, Brasil justru mengalami kekalahan telak. Kekalahan itu juga memicu pasukan Prancis untuk pergi dan membatalkan rencana merebut Rio de Janeiro dari Portugal.

1839

Pasukan Cile dan Peru berhasil mengalahkan pasukan Konfederasi Peru-Bolivia di Yungay, Peru. Atas kekalahan dalam pertempuran tersebut, Konfederasi Peru-Bolivia yang didirikan oleh Andres de Santa Cruz pada 1836 runtuh. Peru dan Bolivia kemudian terpisah menjadi negara yang berdiri sendiri-sendiri.

Hong Kong saat dikuasai Inggris pada 1930-an. (Wikimedia.org)
Hong Kong saat dikuasai Inggris pada 1930-an. (Wikimedia.org)

1841

Pasukan Inggris menduduki wilayah Hong Kong demi merebutnya dari China, Setelah China kalah dari Inggris dalam Perang Opium I, wilayah Hong Kong secara resmi dikuasai Inggris sebelum akhirnya diduduki Jepang semasa Perang Dunia II. Kini, Hong Kong merupakan wilayah administratif khusus milik China.

Baca juga: Tsunami Tonga Disebut Ledakan Satu Kali dalam Ribuan Tahun

1945

Pemerintahan Sementara Hungaria yang dipimpin Perdana Menteri Bela Miklos de Dalnok sepakat menandatangani gencatan senjata dengan Sekutu. Hal itu sekaligus mengakhiri keikutsertaan Hungaria dalam Perang Dunia II.

1945

Sebanyak 1,8 juta orang Jerman di Prusia Timur dievakuasi menyusul serangan Uni Soviet. Evakuasi itu berlangsung selama dua bulan. Meski terhitung berhasil, sekitar 25.000 sampai 30.000 orang Jerman tewas karena serangan Uni Soviet semasa proses evakuasi berlangsung.

1978

Pada 20 Januari 1978, Presiden Soeharto melarang terbit tujuh surat kabar, yaitu Kompas, Sinar Harapan, Merdeka, Pelita, The Indonesian Times, Sinar Pagi, dan Pos Sore. Beberapa di antaranya kemudian meminta maaf kepada Soeharto.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 16 Januari 1878 Rusia Kalahkan Kesultanan Ottoman

1986

Untuk kali pertama, Hari Martin Luther King Junior diperingati sebagai hari libur nasional di Amerika Serikat (AS). Hari Martin Luther King Junior adalah satu-satunya hari libur di AS yang memperingati jasa orang Afrika-Amerika.

Hari itu bertujuan untuk memperingati jasa-jasa Martin Luther King Junior yang semasa hidupnya merupakan juru bicara gerakan non-kekerasan untuk memperjuangkan hak-hak sipil. Kini, Hari Martin Luther King Junior dperingati setiap Senin ke-3 pada Januari atau sekitar tanggal lahir Martin, 15 Januari.

1981

Owen Lee Hargreaves lahir di Calgary, Alberta, Kanada. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela tiga klub besar di Eropa, yakni Bayern Munchen, Manchester United, dan Manchester City. Hargreaves membela Bayern Munchen pada 2000 hingga 2007, Manchester United sejak 2007 hingga 2011, dan Manchester City dari 2011 sampai 2012. Hargreaves kemudian pensiun sebagai pemain sepak bola setelah konrtaknya di Manchester City habis pada 2012.

1987

Marco Simoncelli lahir di Cattolica, Rimini, Italia. Namanya lantas tenar sebagai pembalap Moto GP pada 2010. Simoncelli tewas setelah terlibat kecelakaan bersama Colin Edwards dan Valentino Rossi saat berada di posisi keempat pada putaran kedua di Sirkuit Sepang, Malaysia. Semasa menjadi pembalap Moto GP, Simoncelli memang dikenal memiliki gaya balapan yang cukup berhaya, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi pembalap lain.

1991



Pemerintah Sudan secara resmi menetapkan syariat Islam sebagai dasar hukum negara tersebut. Keputusan itu kemudian justru memperparah konflik antara muslim dan kristiani di Sudan bagian selatan.

Baca juga: SpaceX Kembali Luncurkan Falcon 9 dalam Misi Baru Starlink

2009

Barrack Hussein Obama II secara resmi dilantik menjadi Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS). Obama merupakan orang berkulit hitam pertama yang memangku jabatan sebagai presiden di AS.

Donald Trump
Donald Trump (Wikipedia.org)

2017

Donald John Trump adalah pebisnis, tokoh televisi realita dan politikus. Ia terpilih sebagai presiden Amerika Serikat ke-45 pada pilpres 2016 dari Partai Republik; ia mengalahkan calon dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Ia dilantik pada tanggal 20 Januari 2017.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya