SOLOPOS.COM - Adolf Hitler Pemimpin Partai Nazi Jerman yang didirikan 24 Februari 1920 (Immediate.co.uk)

Solopos.com, SOLO — Adolf Hitler lahir di Braunau Am Inn, Austria pada 20 April 1889. Ia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945.

Lahirnya Adolf Hitler yang kemudian menjadi pemimpin Nazi, menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 20 April.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain kelahiran Adolf Hitler, masih banyak peristiwa bersejarah pada 20 April yang terangkum pada Sejarah Hari Ini, 20 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1453

Pasukan Kerajaan Genoa dan Kekaisaran Bizantium mencegat tentara Kekaisaran Ottoman yang hendak ke Kota Konstantinopel. Kemudian pasukan Kekaisaran Ottoman berhasil menang setelah terlibat pertempuran dengan tentara Kerajaan Genoa dan Kekaisaran Bizantium. Selanjutnya Konstantinopel jatuh ke tangan Kekaisaran Ottoman beberapa minggu kemudian.

Potret karya Theophile Hamel yang menggambarkan sosok Jacques Cartier. (Wikipedia.org)
Potret karya Theophile Hamel yang menggambarkan sosok Jacques Cartier. (Wikipedia.org)

1534

Seorang penjelajah asal Eropa, Jacques Cartier, memulai pelayaran pertamanya menuju sebuah pulau yang kini disebut dengan nama Pulau Newfoundland pada 20 April. Kemudian Cartier menjadi penjelajah terkenal setelah menggambar peta Teluk Santo Laurensius yang terletak di kawasan Amerika bagian utara.

1657

Orang-orang Yahudi yang tinggal di Kota New Amsterdam—kini Kota New York—diberikan kebebasan beragama. Kebanyakan orang-orang Yahudi di Eropa memang bermigrasi ke tanah Amerika untuk mendapatkan kebebasan beragama.

1657

Pasukan Angkatan Laut Inggris di bawah pimpinan Robert Blake berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Spanyol di Santa Cruz de Tenerife, Kepulauan Canaria, Spanyol pada 20 April. Langkah Inggris berperang dengan Spanyol setelah memutuskan untuk membantu Prancis yang berperang dengan negara-negara di kawasan Spanyol dan sekitarnya. Kemudian peristiwa itu kini dikenang dengan nama Pertempuran Santa Cruz de Tenerife.

1789

George Washington telah tiba di Grays Ferry, Philadelphia untuk melakukan perjalanan menuju Manhattan, New York. Bahkan sepuluh hari kemudian, George dinobatkan sebagai presiden pertama Amerika Serikat (AS) di Manhattan.

1889

Adolf Hitler lahir di Braunau Am Inn, Austria pada 20 April 1889. Kemudian ia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945.

Selama menjabat sebagai pemimpin Jerman, Hitler dikenal sebagai tokoh yang mendalangi Holokaus atau pembantaian penganut Yahudi di Eropa selama Perang Dunia II.

sekutu menguasai jerman
Kondisi Kota Leipzig, Jerman yang dibombardir selama Perang Dunia II. (Wikipedia.org)

1945

Tentara Jerman di Kota Leipzig, Jerman, menyerah kepada pasukan Amerika Serikat (AS). Kemudian kota tersebut dikontrol pihak Sekutu. Kemudian setelah kemenangan di Leipzig, serangan AS di Jerman terus berlanjut hingga ke Kota Munich.

1945

Sebanyak 20 anak-anak Yahudi dari kamp penampungan Neuengamme di Hamburg, Jerman dijadikan bahan eksperimen oleh para ilmuwan pada 20 April. Mereka dibawa ke ruang bawah tanah di Sekolah Bullenhuser Damm untuk dibunuh sebelum dijadikan bahan percobaan.

1974

Dua organisasi militer di Irlandia Utara terlibat sebuah konflik bersenjata di Fermanagh. Konflik bersenjata tersebut menewaskan 1.000 orang termasuk warga sipil.

1996

Pesawat Boeing 727-200 milik Air France menabrak gunung setelah tinggal landas dari Bogota, Kolombia pada 20 April. Kejadian ini menewaskan 53 penumpangnya (43 penumpang dan 10 awak pesawat).

1998

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sebelumnya bernama Partai Keadilan (PK), adalah sebuah partai politik berbasis Islam yang memiliki perwakilan di parlemen Indonesia. Partai ini berdiri pada 20 April 1998 yang berawal dari gerakan aktivitas dakwah Islam sejak 1980-an.

2013

Gempa bumi berkekuatan 6,6 skala richter mendera kawasan Ya'an, Tiongkok. Lebih dari 150 orang tewas dan ribuan orang luka-luka.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya