SOLOPOS.COM - Pesawat tempur AS melintasi kilang minyak yang terbakar saat Irak menginvasi Kuwait dan memicu terjadinya Perang Teluk 1. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Irak di bawah pimpinan Saddam Hussein menginvasi Kuwait pada 2 Agustus 1990. Invasi Irak itu lantas memicu Perang Teluk I yang berlangsung hingga 28 Februari 1991.

Masih banyak peristiwa bersejarah terjadi pada 2 Agustus, yang dihimpun Solopos.com, dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1914

Pada awal Perang Dunia I, Jerman berhasil menduduki Luksemburg. Pendudukan Jerman di Luksemburg itu berlangsung hingga Perang Dunia I berakhir pada 11 November 1918.

1922

Angin topan menyapu kawasan Shantou, Tiongkok dan menewaskan lebih dari 50.000 orang. Dengan jumlah korban tersebut, angin topan di Tiongkok itu menjadi salah satu angin topan paling mematikan yang pernah terjadi.

1934

Adolf Hitler yang menjabat sebagai Kanselir Jerman pada 1933, resmi menyandang gelar furher. Secara bahasa, “furher” berarti “pemimpin” atau “pemandu”. Sepanjang sejarah, satu-satunya pemimpin Jerman yang menggunakan gelar furher hanya Hitler.

Baca juga: Sampah Roket China Jatuh di Kalimantan dan Mitigasi Kesiapan Indonesia

1939

Pemimpin Jerman Adolf Hitler memerintahkan semua rakyatnya untuk memperingati hari pecahnya Perang Dunia (PD) I. Menteri Propaganda Jerman Joseph Goebbels mengatakan hal itu untuk mengenang tentara Jerman yang gugur pada PD I.

1943

Kapal motor milik Amerika Serikat (AS), PT-109 pasukan AS pimpinan Letnan John F. Kennedy kemudian menjadi presiden ke-35 AS, tenggelam setelah diserang kapal perusak Jepang, Amagiri, saat berpatroli di Kepulauan Solomon. Kennedy diberi penghargaan karena dianggap berhasil menyelamatkan krunya.

1943

Sebanyak 700 orang Yahudi yang ditahan di penampungan di Treblinka, Polandia melancarkan pemberontakan. Sebelumnya, mereka telah mencuri sejumlah senjata milik pasukan Jerman. Mereka lantas membakar tempat penampungan dan sebagian dari mereka melarikan diri. Sekitar 350 orang Yahudi tewas.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 1 Agustus 1943, Operasi Tidalwave Amerika Serikat

1945

Konferensi Potsdam yang diikuti Inggirs, Uni Soviet, dan Amerika Serikat (AS) di Potsdam, Jerman berakhir. Dalam konferensi tersebut, negara-negara pentolan Sekutu itu membicarakan masa depan Jerman setelah Perang Dunia II berakhir.

1968

Gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter mengguncang Casiguran, Quezon, Filipina. Bencana alam tersebut menewaskan 270 orang dan melukai 261 lainnya.

1990

Pasukan Irak yang berjumlah 100.000 tentara di bawah pimpinan Saddam Hussein menginvasi Kuwait. Invasi Irak itu lantas memicu Perang Teluk I yang berlangsung hingga 28 Februari 1991.

Baca juga: Aturan Pasang Bendera Merah Putih yang Benar, Cek di Sini!

1995



Kevin Sanjaya Sukamuljo lahir 2 Agustus adalah pemain bulu tangkis ganda putra berpasangan dengan Marcus Gideon. Pemain asal klub Djarum Kudus bergabung sejak 2007. Meraih emas pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2015 dan mendapat penghargaan dari BWF 2017.

2012

Remaja pria berusia 17 tahun di Provinsi Liaoning, Tiongkok membunuh delapan orang dan melukai lima orang lainnya dengan sebilah pisau. Aksi brutal itu berawal saat remaja pria tersebut berusaha melukai pacarnya dengan pisau setelah sempat bertengkar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya