SOLOPOS.COM - Mike Tyson. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO — Petinju Mike Tyson dituduh melakukan pemerkosaan terhadap seorang kontestan Miss Black America, Desiree Washington pada 19 Juli 1991.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 19 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

711

Pertempuran Guadalete yang melibatkan pasukan Kekhalifahan Umayyah pimpinan Tariq bin Ziyad dan pasukan Kerajaan Visigothic yang dipimpin Raja Roderic meletus di dekat Sungai Guadalete, Semenanjung Iberia.

939

Pasukan Kekhalifahan Kordoba pimpinan Abdurrahman III dikalahkan pasukan Kerajaan Kerajaan Leon yang dipimpin Raja Ramiro III dalam Pertempuran Simancas, di Simancas, Spanyol. Pertempuran itu dipicu perebutan wilayah Douro.

998

Pertempuran Apamea meletus di dekat Apamea, Suriah. Pertempuran itu melibatkan pasukan Kekhalifahan Fatimiyah dan pasukan Kekaisaran Bizantium. Pasukan Keekhalifahan Umayyah berhasil memenangi pertempuran tersebut.

Baca juga: Pesawat Jatuh di Blora, Ini Pernyataan Resmi TNI AU

1870

Prancis mendeklarasikan perang terhadap Prusia. Deklarasi itu menjadi awal Perang Prancis-Prusia yang berlangsung hingga 1871.

1916

Pasukan Australia dan Inggris menyerang pasukan Jerman di Fromelles, Prancis dan memicu meletusnya Pertempuran Formelles. Pasukan Australia dan Inggris itu sia-sia karena kalah dalam Pertempuran Formelles dan gagal merebut Kota Somme dari Jerman.

1940

Armada Angkatan Laut Italia dan Inggris bentrok dalam Pertempuran Tanjung Spada di sebelah barat Pulau Kreta. Inggris berhasil mengalahkan Italia. Satu kapal penjelajah Italia, Bartolomeo Colleoni, tenggelam dan menyebabkan 121 orang tewas. Inggris tak ada satu pun kapal yang tenggelam.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 18 Juli 1984, Pembantaian di Gerai Mc Donald’s

1943

Untuk kali pertama di masa Perang Dunia II, pasukan Sekutu mengebom Kota Roma di Italia. Pengeboman ini kontroversial karena ada Vatikan yang notabene netral dan dianggap sebagai pusat umat Katolik. Pengeboman menewaskan sekitar 40.000 warga sipil.

1947

Brian Harold May lahir di Hampton, London, Inggris. Kini, ia dikenal sebagai gitaris yang tergabung dalam grup band legendaris, Queen. Meskipun sudah berusia lebih dari 70 tahun, May masih kerap tampil di atas panggung bersama Queen.

1964

R.M. Gregorius Djaduk Ferianto lahir 19 Juli 1964 adalah seorang aktor, sutradara, dan musikus berkebangsaan Indonesia putra bungsu dari Bagong Kussudiardja, koreografer dan pelukis senior Indonesia, serta adik kandung dari Butet Kartaredjasa.

Baca juga: Tegas! Kapolri Akhirnya Copot Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo

1972



Pertempuran Mirbat terjadi di Kota Mirbat, Oman. Pertempuran itu melibatkan pasukan Kesultanan Oman dan pasukan pemberontak yang ingin menggulingkan pemerintahan Kesultanan Oman. Pertempuran sehari itu dimenangi pasukan Kesultanan Oman.

1991

Petinju Mike Tyson dituduh telah melakukan pemerkosaan terhadap seorang kontestan Miss Black America, Desiree Washington, di sebuah kamar hotel di Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat (AS). Tyson dijatuhi hukuman enam tahun kurungan.

2003

Direktur utama PT Aneka Sakti Bakti (Asaba) Boedyharto Angsono dan pengawalnya, Sersan Kepala Infanteri Edy Siyep ditembak oleh 4 orang prajurit Marinir di Penjaringan, Jakarta Utara. Pembunuhan diotaki mantan menantunya, Gunawan Santoso.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya