Sejarah Hari Ini: 19 April 1995, Pengeboman Oklahoma City
Solopos.com|news

Sejarah Hari Ini: 19 April 1995, Pengeboman Oklahoma City

Beragam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 19 April.

Solopos.com, SOLO — Pengeboman Oklahoma City adalah sebuah serangan teroris pada 19 April 1995. Di mana Gedung Federal Alfred P. Murrah, sebuah kompleks perkantoran pemerintah AS di pusat kota Oklahoma City, Oklahoma hancur dan menewaskan 168 orang.

Pengeboman Oklahoma City merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-109—hari ke-1010 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 19 April.

Selain pengeboman Oklahoma City, banyak peristiwa ber-sejarah lain yang terjadi pada 19 April. Berikut sejumlah peristiwa ber-sejarah, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 19 April:

531

Pasukan Kekaisaran Sassaniyah di bawah pimpinan Lakhmid menyerang tentara Kekaisaran Bizantium di bawah kepimpiinan Belisarius di Ar-Raqqah, sebelah utara Suriah. Serangan itu memicu pertempuran yang menelan banyak korban dari kedua pasukan. Namun, pasukan Kekaisaran Sassaniyah gagal merebut wilayah Ar-Raqqaj dari tantangan pasukan Kekaisaran Bizantium.

1713

Karena tidak memiliki putra, Kaisar Romawi Suci, Charles VI, mewariskan takhta Austria kepada putrinya, Maria Theresa pada 19 April. Namun, karena hukum penguasa Kekaisaran Romawi Suci hanya terbatas kepada laki-laki, maka kedudukan Maria Theresia hanya sebatas sebagai permaisuri kekaisaran. Kemudian Maria Theresia menjadikan suaminya, Francis I, sebagai penguasa kedua di Austria dan Bohemia pada 21 November 1740.

1770

Seorang penjelajah asal Inggris, James Cook, untuk kali pertama menginjakkan kaki di Australia. Kemudian ia menggambar peta sepanjang pantai timur Australia yang kemudian ia beri nama New South Wales.

1775

Pertempuran Lexington dan Concord adalah pertempuran pertama dalam sejarah terjadinya Perang Revolusi Amerika. Adapun pertempuran ini pecah pada tanggal 19 April 1775. Selanjutnya pertempuran ini menandai dimulainya konflik bersenjata antara Britania Raya melawan tiga belas koloninya di Amerika Utara.

Logo PSSI
Logo PSSI

1930

Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia dibentuk di Jogja. Sebagai organisasi olahraga yang lahir pada masa penjajahan Belanda, kelahiran organisasi tersebut juga berkaitan dengan upaya politik untuk menentang penjajahan. Kini, organisasi tersebut dikenal dengan nama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

1943

Tentara Jerman mulai memasuki Ghetto Warsawa di Polandia demi meredam pemberontakan orang-orang Yahudi pada 19 April. Orang-orang Yahudi itu lantas dibantai oleh tentara Jerman.

Grace Kelly (Wikipedia.org)
Grace Kelly (Wikipedia.org)

1956

Grace Patricia Kelly, aktris Amerika Serikat pemenang Academy Award, dan bergelar Her Serene Highness The Princess of Monaco (Grace, Putri dari Monako) setelah menikah dengan Pangeran Rainier III dari Monako pada 19 April 1956.

1971

Sierra Leone resmi menjadi negara republik merdeka yang berdiri sendiri. Pada hari yang sama, Siaka Stevens dinobatkan sebagai presiden negara tersebut.

1972

Rivaldo Vitor Borba Ferreira dilahirkan di Recife, Brasil pada 19 April. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela dua klub besar di Eropa, yakni Barcelona dari 1997 sampai 2002 dan AC Milan sejak 2002 hingga 2004. Rivaldo pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2015 lalu setelah membela salah satu klub di Brasil, Mogi Mirim, selama semusim.

1985

Uni Soviet melakukan uji coba sejata nuklir di Kazakhstan. Uji coba nuklir itu adalah salah satu upaya intimidasi yang dilakukani Uni Soviet kepada Amerika Serikat (AS) selama Perang Dingin.

Charles Joseph John Hart. (Reuters)
Charles Joseph John Hart. (Reuters)

1987

Charles Joseph John Hart lahir di Shrewsbury, Shropshire, Inggris pada 19 April. Kini, ia lebih dikenal sebagai Joe Hart dan dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah menjadi penjaga gawang di salah satu klub besar asal Inggris, Manchester City, sejak 2006. Pada 2018, Joe Hart pindah ke Burnley.

1995

Pengeboman Oklahoma City adalah sebuah serangan teroris pada 19 April 1995. Di mana Gedung Federal Alfred P. Murrah, sebuah kompleks perkantoran pemerintah AS di pusat kota Oklahoma City, Oklahoma hancur dan menewaskan 168 orang.

Kasus ini adalah serangan teroris domestik terbesar kedua dalam sejarah Amerika Serikat. Bom tersebut diletakkan dalam sebuah truk sewaan, diledakkan di jalan di depan gedung tersebut. Bom mobil tersebut berisi 2.300 kg bahan peledak.

2011

Fidel Castro mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin Partai Komunis Kuba. Beberapa tahun sebelumnya, ia juga telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Kuba. Pengunduran diri Castro sebagai pemimpin Partai Komunis Kuba itu disebabkan kondisi kesehatannya yang terus menurun.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago