SOLOPOS.COM - Pesawat Saudia Penerbangan 163 terbakar di Bandara Riyadh, Arab Saudi, 19 Agustus 1980. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO – Saudia Penerbangan 163 saat pendaratan di Riyadh, Arab Saudi sesudah penerbangan dari Karachi, Pakistan mengalami kebakaran. Akibat kejadian pesawat terbakar ini 301 orang meninggal.

Masih banyak peristiwa bersejarah di berbagi penjuru dunia yang terjadi dari tahun ke tahun pada 19 Agustus, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

947

Pasukan Kekhalifahan Fatimiyah mengalahkan pasukan pemberontak Khawarij dalam sebuah pertempuran di Gunung Hodna, Aljazair. Pemimpin pasukan pemberontak Khawarij, Abu Yazid, tewas dalam pertempuran tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

1759

Pertempuran Lagos yang melibatkan armada Angkatan Laut Inggris dan Prancis di perairan Lagos, Portugal berakhir. Salah satu pertempuran yang teradi di masa Perang Tujuh Tahun dan berlangsung dua hari itu berhasil dimenangi kubu Inggris.

1919

Afganistan meraih kemerdekaan penuh dari Inggris. Sebelum merdeka, Afganistan telah dikuasai Inggris sejak abad ke-19. Kemerdekaan itu berhasil diraih setelah serangkaian perang kemerdekaan meletus di Afganistan.

Baca juga: Wow! Bayi Panda Ini Terberat di Dunia

1934

Melalui pemungutan suara, rakyat Jerman menyetujui penggabungan jabatan kanselir dan presiden. Dengan begitu, Adolf Hitler yang sebelumnya menjabat sebagai kanselir juga ditetapkan sebagai presiden.

1942

Pasukan Jerman berhasil mengalahkan pasukan Sekutu yang menyerbu kawasan Dieppe, Prancis yang mereka kuasai. Peristiwa yang disebut dengan Penyerbuan Dieppe itu adalah salah satu upaya Sekutu mengusir pasukan Jerman yang menguasai Prancis sejak 1940.

1944

Pasukan Sekutu memulai operasi militer di Paris, Prancis demi mengusir tentara Jerman yang menguasainya. Pasukan Sekutu dibantu dengan rakyat Prancis bertempur melawan Jerman selama enam hari. Pertempuran tersebut berakhir dengan kemenangan Sekutu.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 18 Agustus 1945, Soekarno Dilantik Jadi Presiden RI

1944

Operasi Bagration yang dilaksanakan tentara Uni Soviet di Bulgaria berakhir. Setelah melaksanakan operasi tersebut selama hampir dua bulan, pasukan Uni Soviet berhasi mengusir tentara Jerman yang menduduki Builgaria.

1945

Presiden pertama Indonesia Soekarno mengangkat Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) Indonesia. Sejak 1999, hari pengangkatan Koesoemah Atmadja ditetapkan sebagai hari jadi MA melalui Surat Keputusan Ketua MA dengan nomor KMA/043/SK/VIII/1999 tentang Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

1980

Saudia Penerbangan 163 saat pendaratan di Riyadh, Arab Saudi sesudah penerbangan dari Karachi, Pakistan mengalami kebakaran di bagian dalam kargo. Mesin nomor dua mengalami kebakaran. Akibat pesawat terbakar, 287 penumpang dan 14 awak meninggal.

Baca juga: Uang Kertas Baru Emisi 2022, Menkeu: Lambang dan Komitmen Semua Pihak

2003



Bom mobil meledak di markas PBB di Bagdad, Irak. Peristiwa itu menewaskan 22 orang yang di antaranya ada seorang pejabat PBB berkewarganegaraan Brasil Sergio Vieira de Mello.

2010

Amerika Serikat (AS) menarik semua pasukannya dari Irak dan mengakhiri Operasi Pembebasan Irak. Operasi yang mengharuskan pasukan AS menginvasi Irak itu berlangsung sejak 2003.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya